Benih Pohon Kayu Langka Ditanam Dispar Ciamis di Taman Surawisesa

Benih Pohon
Benih pohon kayu langka ditanam Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, di Taman Surawisesa, Kecamatan Kawali. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Benih pohon kayu langka ditanam Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, di Taman Surawisesa, Kecamatan Kawali. Penanaman benih pohon kayu jenis Samida itu sebagai upaya menjaga kelestarian alam.

Kepala Bidang Pariwisata Dispar Kabupaten Ciamis, Dian Kusdiana mengatakan, di Kota Bogor, Samida dikaitkan dengan salah satu pohon yang dianggap pusaka. Karena kata Samida tertulis dalam prasasti bertulis yang ada di Jawa Barat.

“Sedangkan secara umum, masyarakat Indonesia menyebutnya pohon Palasa. Kalau orang Sunda dan Jawa menyebutnya pohon Ploso atau Plasa,” terangnya, Jumat (30/07/2021).

Kusdiana juga menjelaskan, pohon Samida memiliki serat daun yang terlihat indah, dan menyebar transparan berwarna hijau terang. Sedangkan, bentuk bunganya membungkuk berwarna merah menyala seperti lidah api.

Baca Juga : Manfaatkan Momentum Porprov, Dispar Ciamis Siapkan Paket Wisata

Menurutnya, dengan tumbuhnya pohon Samida bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi yang berkunjung ke Taman Surawisesa, Kawali.

Selain itu, lanjut Kusdiana, manfaat lainnya juga berkaitan dengan kesehatan dan lingkungan. Penanaman benih pohon kayu langka bernama Samida tentunya tidak bisa langsung terasa dalam waktu singkat. Namun, di masa depan nanti akan berguna bagi anak cucu sebagai generasi penerus bangsa.

“Intinya, selain memelihara benih pohon kayu langka, ini merupakan tindakan nyata dalam upaya ikut serta mengurangi polusi, dan menambah keasrian Taman Surawisesa,” tandasnya.

Hadir dalam acara penanaman pohon Samida antara lain dari DPRKPLH, pelaku budaya, Camat Kecamatan Kawali, dan unsur lainnya. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva