Bentol Merah Gatal, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

bentol merah gatal
Ini penyebab bentol merah gatal. Foto: Ist/Net

Bentol merah gatal sering terjadi ketika kondisi fisik tubuh sedang tidak baik. Apalagi saat cuaca sedang ekstrim. Karena itu penting kita mengenal faktor yang menjadi penyebabnya. Ini akan memudahkan cara untuk mengatasinya.

Kondisi bentol merah pada kulit dan terasa gatal popular juga dengan sebutan urtikaria. Bagi orang awam, kondisi ini biasa kita kenal sebagai biduran. Lantas cara mengatasinya harus seperti apa sih?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan informasi lengkapnya tentang penyebab serta cara yang tepat untuk mengatasi kondisi bentol merah dan gatal. Jadi, simak informasi selengkapnya ya!

Faktor Penyebab Bentol Merah Gatal

Urtikaria atau biduran umumnya terjadi dengan tanda berupa munculnya bentol merah yang cukup gatal pada sekujur tubuh. Gangguan ini umumnya terjadi pada anak-anak, meski juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Gangguan ini bisa terjadi karena beberapa faktor yang menyebabkannya. Berikut ini sejumlah faktor penyebab bentol merah gatal yang sebaiknya Anda tahu.

Baca Juga : Ciri-ciri Foundation Tidak Cocok, Teliti Sebelum Membeli
  • Suhu dingin atau angin kencang
  • Mengonsumsi obat tertentu
  • Mengalami penyakit tertentu
  • Alergi debu
  • Alergi terhadap makanan, dan masih banyak lagi lainnya

Cara Mengatasi Bentol Merah Gatal

Rasa gatal yang timbul akibat biduran terasa sangat menyiksa. Apalagi tak jarang juga muncul sensasi panas pada area kulit yang mengalami bentol tersebut. Karena itu, penanganan yang tepat berguna untuk meredakannya.

Ada sejumlah langkah yang bisa kita lakukan sebagai cara mengatasi bentol merah gatal. Berikut ini penjelasannya yang bisa Anda lakukan saat urtikaria atau biduran terjadi pada Anda atau anak.

Hindari Menggaruk

Menggaruk hanya dapat mengurangi rasa gatal secara sekilas. Menggaruk bahkan dapat membuat reaksi radang semakin hebat. Oleh sebab itu bagi Anda yang mengalami gatal dan bentol-bentol pastikan untuk menghindari menggaruk.

Baca Juga : Penyakit Gatal pada Kulit, Jenis dan Penyebabnya

Menghindari Makanan yang Memicu Alergi

Anda yang sering mengalami biduran perlu menghindari makanan-makanan pemicu rasa gatal ini. Termasuk makanan pemicu alergi. Utamanya ketika kondisi biduran sedang kambuh.

Ada beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya reaksi alergi pada tubuh. Seperti telur, udang, ayam, dan susu sapi. Kacang-kacangan maupun aneka seafood juga bisa memicu biduran.

Oleskan Krim Anti Gatal

Krim anti gatal bisa berbentuk salep atau krim dalam wadah tertutup lainnya. Anda bisa cari krim anti gatal di apotik untuk mengurangi bentol merah gatal pada kulit, sekaligus melembabkan kulit yang gatal tersebut.

Oleskan secara rutin setiap ada rasa ingin menggaruknya. Sebaiknya lakukan hal ini sebelum tidur untuk mencegah rasa gatal timbul.

Lidah buaya, minyak esensial lavender dan juga es batu juga bisa dijadikan bahan alami untuk meringankan rasa gatal akibat biduran atau kondisi urtikaria yang dialami seseorang.

Baca Juga : Meski Dianggap Gulma, Manfaat Eceng Gondok Juga Ampuh Atasi Penyakit

Konsumsi Obat Antibiotik

Alternatif lainnya cara mengatasi bentol merah gatal adalah dengan mengonsumsi obat antibiotic. Anda bisa mencari dan mendapatkan obat antibiotik di apotik untuk meringankan rasa gatal yang Anda alami.

Namun, jika tiga hari setelah minum obat antibiotik rasa gatal tidak kunjung sembuh, maka Anda harus memeriksakannya ke dokter sesegera mungkin. Ini agar kondisinya tidak menjadi semakin parah.

Untuk mendiagnosis kondisi biduran sendiri dapat melalui pemeriksaan terhadap berbagai kondisi atau gejala yang muncul pada penderita. Termasuk dengan melakukan pemeriksaan fisik.

Biasanya beberapa hal yang akan dokter tanyakan kepada pasien yang mengalami bentol merah gatal antara lain:

  • Sejak kapan gejala yang kita alami muncul.
  • Makanan apa yang baru saja kita konsumsi.
  • Aktivitas apa saja yang baru saja kita lakukan.
  • Apakah ada riwayat penyakit tertentu yang pernah kita derita.

Untuk biduran ringan, tanpa mengonsumsi obat antibiotik atau antihistamin pun bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi obat antibiotik atau antihistamin sangat dianjurkan untuk meringankan rasa gatal ketika biduran.

Jika biduran terjadi secara berulang dan tidak kunjung sembuh, dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan tes alergi, tes darah, serta biopsi kulit demi mendukung diagnosisnya.

Itulah berbagai informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang penyebab dan cara mengatasi bentol merah gatal yang disebabkan urtikaria atau biduran. Jaga selalu kesehatan Anda dan jagalah kebersihan di sekitar Anda. (R11/HR-Online)

Editor : Eva