Cara Cek HP Waterproof dengan Mudah Tanpa Memasukkan dalam Air

Cara Cek HP Waterproof
Ilustrasi Cara Cek HP Waterproof. Foto: Ist/Net

Cara cek HP waterproof tidak harus merendamnya ke dalam air. Sebagaimana fitur tahan air tersebut memang harus ada pada HP kelas mid range ke atas dan menjadi hal lumrah tren saat ini. Saat ini petunjuk HP waterproof dapat kita ketahui dengan adanya sertifikasi IP67 atau IP68.

IP67 menandakan HP mampu bertahan dalam air bahkan mampu menyelam di kedalaman 1 meter. Hal tersebut dapat dilakukan selama 30 menit. IP68 merupakan indikator bahwa HP tersebut mampu bertahan dan menyelam di kedalaman 1,5 hingga 2 meter selama 30 menit.

Baca Juga: Aplikasi Cuan 2021, Selesaikan Misi dan Dapatkan Cuan yang Menarik!

Terapkan Cara Cek HP Waterproof yang Tepat

IP atau Ingress Protection merupakan kekuatan sebuah produk atau alat elektronik terhadap intervensi dari partikel lainnya.

Idealnya smartphone waterproof memiliki IP68 yakni angka 6 melambangkan tingkat untuk memproteksi debu sedangkan angka 8 lambang tingkat untuk memproteksi dari air.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin menguji sertifikasi IP67 serta IP68 dari HP, Anda bisa ikuti cara berikut.

Menggunakan Water Resistance Tester

Cara cek HP waterproof yakni dengan aplikasi Water Resistance Tester. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh developer bernama Ray W. Anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play.

Dilansir dari Android Police, aplikasi water resistance tester ini telah menggunakan data khusus untuk mengecek apakah HP Anda tersebut waterproof atau tidak.

Hal ini dari data yang diperoleh dari sensor tekanan barometrik. Biasanya memang digunakan untuk menentukan lokasi vertikal dari IP67 dan IP68.

Umumnya perbedaan menit dari hasil tersebut membantu pengujian dengan aplikasi Water resistance tester. Pengguna bisa melakukan uji coba dengan membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Nantinya aplikasi tersebut akan meminta Anda untuk mendiamkan HP sejenak hingga muncul pemberitahuan atau perintah yang harus Anda lakukan selanjutnya.

Biasanya perintah atau cara cek HP waterproof dengan menekan dua titik layar yang ada pada aplikasi water resistance tester. Anda tunggu hingga aplikasi menyatakan bahwa uji coba tersebut selesai.

Hal ini aplikasi mengukur tekanan perangkat. Lalu, aplikasi akan mengklaim dapat mengetahui segel IP67 serta IP68 apakah berfungsi ataukah tidak.

Banyak pengguna yang memberikan ulasan positif terhadap aplikasi cek waterproof tersebut. Bahkan ada pengguna Samsung Galaxy Note 20 ultra yang telah mencobanya dan hasilnya memang sesuai.

IP68 pada HP waterproof memang masih berfungsi dan aman dalam penggunaan. Ada pula yang mencoba menguji HP TCL 20 5G dan memperoleh hasil yang sesuai pula. HP tidak mempunyai sertifikasi IP67 dan IP68 dan tidak tahan terhadap air.

Baca Juga: Aplikasi O2 Meter Berfungsi untuk Oksimeter? Simak Faktanya!

Menggunakan Waterproof Test

Anda juga bisa mencobanya dengan aplikasi waterproof Test. Dengan cara cek HP waterproof:

Pertama, Pastikan Smartphone memiliki fitur pressure sensor yakni dengan cara mendial ke *#*#7378423#*#*. Kemudian Anda pilih menu service test.

Maka Anda lanjutkan dengan mencari menu pressure sensor. Jika memang ada maka benar HP Anda memiliki pressure sensor.

Kedua, jika sudah kemudian Anda cari pada kolom search dan ketikkan Waterproof Test and Tips pada Google Play Store kemudian Anda unduh.

Ketiga, jika sudah terinstall maka Anda bisa buka aplikasi tersebut untuk lakukan cara cek HP waterproof. Pada lingkaran Press Here Anda bisa tekan pada bagian lingkaran tersebut perlahan dan semakin lama tekan dengan kuat dengan ibu jari Anda.

Keempat, hingga hasilnya menunjukkan warna hijau. Maka HP Anda masih memiliki fitur Tanah Air. Jika hasilnya warna merah maka HP Anda tidak waterproof lagi.

Hal ini di lansir dari laman The Verge bahwa Anda cukup mengunduh aplikasi secara gratis. Kemudian mengikuti petunjuk untuk menekan layar dengan kuat maka akan mendapatkan nilai lulus atau gagal dengan cara yang cepat. Cukup sederhana dan praktis merupakan perpaduan yang di sukai pengguna aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut membantu Anda memeriksa status penyegelan kedap air HP setelah perbaikan karena akan menurun seiring waktu.

Namun Anda juga perlu memperhatikan, meski menganggap nilai kelulusan benar maka jangan merendam smartphone tersebut ke dalam air untuk lakukan cara cek HP waterproof sesuai pemikiran sendiri. Hal ini justru akan membahayakan HP Anda. Oleh karena itu gunakan cara yang direkomendasikan diatas. (R10/HR Online)

Editor: Jujang