Cara Fotocopy Lewat HP dengan Mudah Tanpa Repot, Simak!

Cara Fotocopy Lewat HP
Ilustrasi Cara Fotocopy Lewat HP. Foto: Ist/Net

Cara fotocopy lewat HP sekarang ini bukan lagi hal yang tidak mungkin. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini orang bisa melakukan banyak hal dan menyelesaikan pekerjaan dengan mudah tanpa harus repot.

Sehingga dulu seseorang jika ingin fotocopy surat maupun berkas untuk keperluan lainnya, kini mereka tak perlu pusing-pusing keluar rumah untuk fotocopy. Cukup dengan ponsel canggih miliknya, semua dapat terselesaikan dengan baik.

Begini Cara Fotocopy Lewat HP secara Mudah

Ada banyak sekali aplikasi yang memiliki produktivitas dengan segudang manfaat di Playstore. Aplikasi tersebut cukup membantu memenuhi kebutuhan kantor maupun sekolah. Hal ini bisa membantu Anda ketika dalam kondisi mendesak.

Baca Juga: Aplikasi Operasi Plastik di China Miliki Peminat yang Tinggi, Ini Alasannya!

Menggunakan Scannable

Dalam menyalin dokumen, pengguna bisa menginstall aplikasi pihak ketiga yang bernama Scannable. Aplikasi tersebut adalah produk kembangan dari Evernote. Gunanya untuk memindai dokumen dengan cepat serta memiliki kualitas tinggi.

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengenali jenis dokumen yang dipindai. Beberapa dokumen yang bisa dipindai adalah kertas, kartu nama dan lainnya.

Cara fotocopy lewat HP cukup mudah hanya dengan memindai dokumen yang akan disalin sudah bisa digunakan. Aplikasi ini bisa bekerja secara otomatis mulai dari meluruskan kertas yang rusak, mempertajam gambar hingga meningkatkan kualitas gambar.

Selanjutnya Anda bisa membagikan dokumen tersebut melalui email dan aplikasi lainnya. Anda juga dapat menyimpannya dalam memori internal.

Selain itu Anda pengguna Android bisa menggunakan pihak ketiga untuk menyalin dokumen. Aplikasi tersebut adalah Office Lens.

Cara kerjanya sangat mirip dengan Scannable. Aplikasi tersebut memiliki fitur yang menarik dan mampu mempermudah pekerjaan Anda. Anda bisa mendapatkannya di Google Play Store.

Baca Juga: Aplikasi Smart Worker Siap Diluncurkan PT Shield On Service

Mengubah Smartphone menjadi Mesin Fotocopy dengan Noteblock

Bagi Anda yang membutuhkan waktu cepat untuk fotokopi identitas, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Cara fotocopy lewat HP adalah dengan Noteblock. Noteblock memiliki fitur yang bisa menjadikan HP Anda layaknya mesin fotokopi atau scanner. Caranya sebagai berikut :

Pertama pastikan Anda telah menginstall aplikasi tersebut melalui tombol download yang ada di Google Play Store. Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk aplikasi ini karena gratis.

Kedua, setelah aplikasi terpasang maka Anda bisa menjalankan aplikasi tersebut dan membukanya. Pilih salah satu ikon dari dua ikon yang sudah tersedia di bawah layar.

Ikon gallery atau kiri untuk mengambil dokumen yang sudah ada di HP Anda. Sementara ikon kamera untuk mengambil gambar dokumen baru secara langsung. Untuk tutorial ini menggunakan kamera dan Anda bisa tap icon kamera.

Ketiga, sebagai contoh pilih ikon kamera dan segera ambil gambar dokumen baik catatan, KTP, dan sebagainya yang ingin Anda perbanyak. Apabila sudah selesai maka Anda pilih tanda checklist yang berada di sebelah kanan.

Keempat, cara fotocopy lewat HP dengan Aplikasi Noteblock secara otomatis akan mendeteksi gambar dan menemukan bagian mana yang merupakan file dokumen penting. Sebagai contoh aplikasi akan memindai kartu identitas. Jika benar Anda bisa lanjutkan kembali memilih tanda checklist.

Kelima, Ada beberapa fitur untuk mengedit tampilan gambar Anda tadi agar lebih rapi. Lalu, arahkan pada menu border adjustment dan bisa menarik garis border tersebut untuk memilih bagian mana yang ingin Anda scan.

Misalkan fitur Noteblock untuk gambar agar lebih cerah. Anda juga bisa mengubah gambar tersebut menjadi hitam putih dengan memilih ikon Color pada sebelah kanan atas.

Keenam, Apabila sudah menjadi hitam putih maka Anda tap ceklis bagian bawah lalu tap 3 titik atau pilih more untuk memunculkan menu lainnya.

Langkah Akhir

Jika dokumen sudah sesuai dengan yang Anda inginkan maka selanjutnya proses sesuai kebutuhan. Pilih ikon share di sebelah kanan bagian bawah untuk mengirimkannya ke pihak yang bersangkutan. Anda bisa menyambungkannya ke printer untuk dicetak atau diperbanyak.

Tahap sudah selesai, dan Anda bisa memproses dokumen lainnya untuk diperbanyak. Dengan cara fotocopy lewat HP tersebut, Anda tak perlu lagi pergi keluar rumah. Cukup instal dan ikuti cara di atas, maka Anda bisa mencetak dokumen layaknya fotocopy. (R10/HR Online)

Editor: Jujang