Cara Memanaskan Mobil Matic dengan Langkah yang Benar

Cara Memanaskan Mobil Matic
Ilustrasi Cara Memanaskan Mobil Matic. Foto: Ist/Net

Cara memanaskan mobil matic sebenarnya cukup sederhana, namun ternyata tidak bisa kalian lakukan dengan sembarangan. Tak sedikit bahkan yang tidak menyadari betapa pentingnya melakukan pemanasan kendaraan dengan benar.

Padahal, cara kalian ketika memanaskan mobil juga berpengaruh terhadap keadaan mobil untuk kedepannya.

Pasalnya, tidak semua kendaraan bertransmisi memiliki cara yang sama ketika memanaskan mobil. Hal yang membedakan yaitu terletak pada oli transmisi otomatisnya.

Baca Juga : Memanaskan Mobil Matic, Ini Dia Tips-Tips dan Manfaatnya

Hal ini karena pada mobil transmisi otomatis memiliki waktu yang cenderung lebih lama bila kalian bandingkan dengan transmisi manual.

Bahkan ada juga pemilik kendaraan yang menyalakan mobil matic dengan cara keliru. Sehingga bukannya menjadikan mobil lebih awet, tapi justru menjadikan beberapa kerusakan pada komponennya.

Tentu kalian tidak menginginkan mobil matic kesayangan menjadi rusak hanya gara-gara keliru dalam cara memanaskan.

Inilah Cara Memanaskan Mobil Matic dengan Benar

Mobil dengan transmisi otomatis tampaknya masih menjadi trend semenjak satu dekade terakhir. Wajar saja karena kendaraan matic lebih menawarkan cara yang mudah dan praktis dalam berkendara.

Bahkan beberapa fitur yang terdapat di dalamnya juga memiliki keunggulan yang lebih bila kalian bandingkan dengan mobil transmisi manual.

Sayangnya, perawatannya tak semudah merawat mobil bertransmisi manual, termasuk dalam cara memanaskan mobil matic. Tak jarang bahkan pemilik hanya akan langsung menyalakan mobil untuk kemudian menggunakannya berkeliling atau sekedar jalan-jalan.

Baca Juga : Penyebab Mobil Matic Tidak Kuat Menanjak dan Cara Mengatasinya

Padahal itu justru bisa merusak mobil, terlebih semalaman kendaraan telah terparkir di dalam garasi. Seperti yang kita tahu bahwa memanaskan kendaraan sebelum menggunakannya tak hanya berlaku untuk mobil matic saja.

Semua jenis kendaraan memang seharusnya melalui proses pemanasan mesin sebelum beroperasi. Lalu bagaimana cara memanaskan mobil matic yang benar? Simak penjelasan berikut ini.

Menyalakan Mesin

Ketika kalian ingin memanaskan mobil matic, maka cara yang pertama sudah pasti harus menyalakan mesin. Memanaskan kendaraan bertujuan untuk menjaga performanya agar tetap awet dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Karena pada saat kalian menyalakan mesin, sistem pelumas pada kendaraan akan mengalir. Dengan begitu, proses ini sekaligus menjaga kondisi mobil agar terhindar dari kerusakan.

Sebaiknya Masukkan Transmisi pada Posisi P

Selanjutnya, kalian bisa memasukkan transmisi agar berada di posisi P. Hal ini lebih aman daripada kalian menggunakan tuas pada posisi N. Bukan tanpa alasan, saat tuas berada di posisi P maka lock output shaft bisa terkunci secara manual.

Dengan begitu, mobil akan diam di tempat dan tidak mudah bergeser. Berbeda ketika kalian menggunakan tuas pada posisi N, cengkeraman mesin pada transmisi tidak ada sehingga kunci terlepas dari shaft.

Apabila pemilik kendaraan teledor, maka bisa saja keliru menginjak pedal gas dan mobil justru bergerak hingga membuat kaget. Terlebih lagi jika tidak ada tarikan di tuas hand brake, tentu saja akan sangat membahayakan. Dengan kata lain, cara paling aman ketika memanaskan mobil matic yaitu dengan memasukkan transmisi ke posisi P.

Lamanya Memanaskan Mesin

Banyak orang yang masih salah dalam mengartikan tujuan memanaskan mesin kendaraan. Mereka menganggap semakin lama menyalakan mesin, maka akan semakin baik hasilnya terhadap kendaraan.

Padahal anggapan seperti itu salah kaprah, tujuan memanaskan mesin pada mobil agar oli bisa menyebar hingga ke seluruh komponen kendaraan.

Baca Juga : Cara Merawat Transmisi Mobil Matic Agar Awet, Tidak Sulit!

Apabila mesin sebuah kendaraan sudah panas, hal itu menandakan bahwa mobil siap untuk kalian gunakan berkendara. Bahkan idealnya hanya memerlukan waktu 1-2 menit saja, maka oli sudah merata ke seluruh mesin.

Memindahkan Tuas D untuk Memulai Berkendara

Sebelumnya, cara memanaskan mobil matic dengan memasukkan tuas transmisi di posisi P sempat menjadi perdebatan. Alasannya karena posisi P pada sebuah kendaraan bisa menjadikan proses pelumasan pada mesin tidak bisa bekerja.

Namun pada akhirnya banyak yang menyangkal mengenai pendapat tersebut. Karena yang sebenarnya adalah baik pada tuas yang berada di posisi N maupun P tidak mempengaruhi sistem pelumasan mesin.

Nah, lebih lanjut lagi setelah kalian tadi memasukkan tuas transmisi pada posisi P, maka tiba saatnya untuk memulai berkendara.

Selain cara memanaskan mobil matic, hal yang harus kalian perhatikan ketika melakukan perpindahan gigi yaitu hindari berakselerasi dengan cepat. Sebaiknya angkat kaki dari injakan pedal rem secara perlahan, karena perpindahan gigi memerlukan waktu berkisar 1 detik. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto