Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri untuk Pemula

Cara Membersihkan Karburator Motor
Ilustrasi cara membersihkan karburator motor. Foto : Net/Ist

Meski bukan tukang servis, namun setidaknya harus mengetahui cara membersihkan karburator motor sendiri. Pasalnya, karburator merupakan salah satu komponen terpenting dalam sepeda motor.

Terlebih saat ini yang masih dalam masa pandemi Covid-19, serta penerapan kebijakan PPKM Darurat, yang mengharuskan tetap di rumah saja.

Baca Juga : Jenis Karburator Motor Berdasar Bentuk Venturi dan Katup Gas

Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda mencoba untuk membersihkan karburator kendaraan sendiri di rumah. Selain irit biaya pengeluaran untuk ongkos servis, juga itung-itung menambah ilmu, dan mengisi waktu luang saat tetap di rumah.

Langkah-langkah Cara Membersihkan Karburator Motor

Mengapa kita harus rutin untuk membersihkan karburator? Sebab komponen yang satu ini adalah bagian terpenting dari kendaraan.

Salah satu penyebab yang bikin mesin motor brebet adalah ada kotoran pada karburator tersebut. Jadi, kotoran tersebut membuat proses pembakaran menjadi terganggu.

Namun masalahnya jika membersihkan komponen yang satu ini oleh kita sendiri apakah sulit melakukannya? Tidak juga.

Untuk memudahkan cara membersihkan karburator motor sendiri tanpa harus ke bengkel, berikut langkah-langkahnya.

Lepaskan Karburator

Sebelum melakukan langkah pertama, terlebih dulu persiapkan peralatan seperti obeng, kunci-kunci dan lain sebagainya.

Setelah semuanya siap, lepaskan karburator dari tempatnya. Bongkar komponen ini satu persatu, dan jangan lupa untuk menghafal bagian-bagiannya. Agar, ketika Anda memasang kembali tidak salah atau mengalami kesulitan.

Membuka Mangkuk Karburator Lalu Bersihkan

Langkah selanjutnya cara membersihkan karburator sepeda motor adalah membuka mangkoknya, dan lepaskan seluruh baut pengait.

Baca Juga : Penyebab Karburator Banjir, Kenali 6 Faktor yang Berpengaruh

Kemudian, lihat pada mangkuk tersebut apakah ada endapan dari sisa kotoran atau tidak. Jika ada, maka bersihkan dengan dengan memakai bensin dan kuas lembut.

Melepas Bagian Pilot Jet

Langkah selanjutnya yaitu melepaskan pilot jet, main jet, serta satu lagi needle jet yang terpasang pada karburator motor.

Namun saat melepaskan bagian tersebut, lakukan dengan hati-hati. Setelah itu, untuk membersihkannya Anda tinggal meniup pada bagian lubangnya. Namun agar hasilnya lebih maksimal, bisa juga dengan memakai kompresor angin.

Selain itu, jangan sampai lupa membersihkan badan karburator. Caranya, dengan menyemprotkan bagian lubang yang ada moncongnya. Sehingga, semua kotoran serta air yang menyumbat akan hilang.

Sementara untuk membersihkan Needle jet, Anda bisa menggunakan kuas. Namun terlebih dulu, kuas tersebut celupkan ke bensin. Setelah itu, semprotkan ke bagian lubang dengan menggunakan mesin kompresor.

Bersihkan Spuyer

Cara membersihkan karburator motor selanjutnya adalah pada bagian spuyer. Komponen yang bagian dari karburator ini sangat penting, dan memiliki pengaruh pada performa mesin. Jadi, jangan sampai diabaikan oleh Anda.

Akan tetapi, ketika membersihkan spuyer tersebut lakukan dengan hati-hati. Sebab, jangan sampai diameter spuyer kompresor berubah. Pasalnya, jika berubah maka kemungkinan besar mesin sepeda motor Anda tidak bakalan bisa menyala.

Sedangkan untuk membersihkannya yaitu dengan memakai amplas halus, kemudian jangan lupa juga bersihkan kotoran yang menempel.

Pasang Kembali

Langkah cara membersihkan karburator sepeda motor yang terakhir adalah memasang kembali dengan benar sesuai kondisi semula.

Baca Juga : Penyebab Karburator Motor Nembak, Suara Keluar dari Knalpot

Jangan lupa untuk atur campuran bahan bakar, yaitu dengan cara menyetel ketinggian pelampung bensin dengan memakai jangka sorong.

Jika semuanya sudah dilakukan, maka pasang atau rakit seluruh komponen pada dudukan yang ada di sepeda motor seperti semula.

Bersihkan Filter Udara

Meski bukan dari bagian komponen dari karburator, namun filter udara juga bisa mempengaruhi kinerja dari motor itu sendiri.

Sebelum membersihkannya, Anda harus melepaskan filter udara terlebih dahulu. Sementara bahan untuk membersihkannya yaitu dengan menggunakan cairan khusus.

Jika sudah selesai, diamkan beberapa waktu hingga cairan pembersih tersebut mengering dengan sendirinya.

Perlu Anda ketahui, bahwa semua cara membersihkan karburator motor jika dilakukan oleh sendiri, maka butuh ketelitian dan kesabaran yang cukup tinggi. Seperti memperhatikan setiap komponen atau posisinya. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto