Cara Membuat Filter di Instagram Praktis dan Mudah, Simak Tutorialnya!

Cara Membuat Filter di Instagram
Ilustrasi Cara Membuat Filter di Instagram. Foto: Ist/Net

Cara membuat filter Instagram cukup mudah dan cepat dengan kreasi Anda sendiri. Maraknya filter wajah pada Instagram menjadikan postingan Instastory lebih berwarna.

Pada era serba digital saat ini, rasanya ketinggalan jaman apabila tidak mempunyai akun Instagram. Melalui aplikasi ini, selain dapat menemukan banyak rekan dari berbagai kalangan, para pengguna juga dapat memperoleh hiburan dari berbagi video-video pendek atau meme yang telah dibagikan.

Baca juga: Filter di instagram, Cara mencarinya!

Selain itu, aktivitas pada aplikasi ini tidak kalah seru dengan memakai fitur filter. Para pengguna dapat memanfaatkan fitur filter pada saat sedang mengambil foto ataupun berselfie dan kemudian menjadikannya sebagai story di Instagram.

Maka, bagi Anda yang masih kurang paham dalam menggunakan filter ini, penting untuk mengetahui bagaimana membuat filter Instagram di Android atau iOS. Hal ini bertujuan agar lebih memudahkan Anda pada saat membuatnya secara langsung.

Simak Cara Membuat Filter di Instagram Praktis dan Mudah

Keberadaan filter pada aplikasi Instagram memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya. Filter ini dapat berfungsi untuk mempercantik foto yang akan Anda unggah.

Bahkan pada aplikasi Instagram sendiri juga menyediakan banyak sekali fitur yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Seperti yang kita ketahui, sejak bulan Mei 2019 lalu, Instagram memberikan adanya program kepada para kreator untuk membuat berbagai filter wajah cukup unik kepada para followersnya.

Saat ini, Instastory menjadi salah satu fitur pada aplikasi Instagram yang cukup banyak diminati oleh para pengguna, Terdapat banyak filter yang dapat mengubah warna, memunculkan sticker lucu, sampai menjadi permainan lucu.

Instagram stories memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna Instagram. Fitur video stories 15 detik yang diluncurkan sejak Agustus 2019 ini semakin mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Fitur ini semakin dibanjiri dengan fitur yang membuat penggunanya kian betah. Dalam beberapa waktu terakhir ini, Facebook sebagai perusahaan induk pun mengizinkan pengguna untuk berkreasi dalam membuat adanya filter Instastory dengan Augmented Reality (AR) yang menggunakan alat bernama Spark AR Studio.

Ternyata cara membuat filter untuk Instagram tidaklah sulit. Para pengguna dapat memulai dengan membuat filter yang cukup sederhana. Dalam hal ini, kita dapat menggunakan aplikasi Spark AR.

Pada aplikasi ini, para pengguna dapat memperoleh inspirasi dalam membuat filter serta mengatur filter sesuai dengan yang kita inginkan. Berikut ini langkah-langkah membuat filter Instagram dengan memanfaatkan aplikasi Spark AR:

Unduh Aplikasi Spark AR Studio

Aplikasi Spark AR dapat Anda unduh melalui perangkat komputer atau laptop. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengunjungi situs Spark AR.

Aplikasi Spark AR video dapat Anda gunakan pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 10 serta macOS Mojave 10.14 atau pada sistem yang lebih tinggi lagi.

Siapkan Objek dan Nyalakan Fitur Face Tracker

Pada bagian dasboard dari aplikasi Spark AR Studio, Anda akan melihat pada bagian kiri terdapat panel yang berupa Scene serta Assets. Scene tersebut berisi dengan berbagai macam objek yang nantinya dapat Anda gunakan dalam pengerjaan.

Sedangkan pada bagian sebelah kanan, memudahkan Anda untuk dapat melakukan pengaturan properti dalam setiap objek serta Assets yang Anda miliki.

Langkah berikutnya, Anda dapat menambahkan berkas LUT pada patch Colour LUT ke dalam pengerjaan dengan menu “Import”, kemudian “from Computer” yang terdapat pada panel Assets.

Berikutnya, pilih berkas LUT yang telah Anda unduh serta beri tanda centang pada “Manual Compression”. Kemudian “No Compression” yang dapat Anda temukan pada panel sebelah kanan.

Langkah selanjutnya dalam membuat filter Instagram adalah dengan menyiapkan objek yang berupa gambar motif ataupun topeng tanpa latar belakangnya seperti sticker.

Hal ini dengan format PNG ataupun jenis lain yang dukung gambar tanpa latar belakangnya. Setelah dua hal tersebut terpenuhi, maka selanjutnya Anda dapat membuka aplikasi Spark AR Studio pada perangkat PC atau laptop. Untuk memulai proyek tersebut, klik tombol Create Project.

Kemudian klik Insert dan Anda pun akan menemukan objek baru bernama Face Tracker pada bagian Scene. Selanjutnya klik kanan pada objek baru tersebut.

Kemudian pilih Add serta Face Mesh untuk menambahkan model 3D yang akan merespons ekspresi wajah yang dilacak oleh Face Tracker.

Memperhatikan Contoh Filter

Setelah Anda berhasil mengunduh aplikasi, selanjutnya buka Spark AR yang nantinya Anda akan melihat beberapa contoh filter. Kemudian kita dapat memilih contoh salah satu sample tersebut akan menjadi awal Anda dalam membuat filter.

Sebagai contoh, terdapat pilihan dalam membuat animasi wajah, gambar pada cahaya, latar, hingga mengubah bentuk wajah pada kamera. Maka Anda dapat memilih yang ingin Anda buat filter sesuai dengan versi Anda sendiri.

Mengedit Filter

Dari contoh filter yang telah Anda pilih, maka Anda dapat membuat beberapa perubahan dengan cara mengeditnya. Dalam hal ini, Anda dapat memilih tab “Scene”.

Kemudian pilih apa yang ingin Anda lakukan dengan filter tersebut pada pilihan sebelah kiri dan kanan. Berikutnya akan muncul layar yang menunjukkan preview atau pratinjau dari desain filter yang Anda buat.

Membuat Filter pada Video

Apabila Anda telah melihat seperti apa filter yang muncul dengan gambar contoh, maka Anda dapat menggunakan video wajah yang Anda miliki untuk melihat efeknya. Pada bagian kiri layar terdapat ikon kamera.

Selanjutnya Anda dapat melihat filter dari wajah yang telah terekam melalui web-cam. Selain itu, Anda juga dapat melihat filter tersebut dengan contoh wajah yang tersedia. Berikutnya, setelah Anda selesai menyesuaikan filter, maka Anda dapat menyimpan project filter yang Anda buat.

Tambahkan pada FaceMesh dan Cari Menu Material

Cara membuat filter Instagram secara praktis selanjutnya adalah dengan menambahkan material yang berupa gambar berformat PNG yang telah Anda persiapkan pada langkah sebelumnya.

Selanjutnya tambahkan gambar tersebut ke dalam Facemesh. Caranya adalah dengan klik FaceMesh yang muncul pada bagian Scene. Lalu Anda dapat beralih pada bagian Inspector.

Pada bagian tersebut, Anda dapat mencari menu Material. Kemudian klik tombol plus (+) yang terdapat di sebelahnya. Maka secara otomatis, akan muncul aset yang bernama material pada bagian Assets yang terletak dalam Scene.

Pilih Face Point pada Shader Type & Klik Choose File di Texture

Langkah berikutnya, Anda dapat ubah Shader Type pada bagian inspector menjadi Face Point. Caranya adalah dengan mengklik menu Dropdown yang terdapat di sebelahnya.

Kemudian klik tombol Choose File yang berada di samping menu Texture serta memilih gambar yang telah Anda siapkan. Apabila tidak tampil sesuai gambar yang diinginkan, maka Anda dapat mengarahkannya menuju folder yang sesuai dengan File Explorer yang muncul.

Mengekspor Filter

Apabila Anda telah berhasil membuat filter dengan wajah Anda, lalu pilihlah File, kemudian Export. Maka akan muncul pemberitahuan mengenai filter yang telah Anda buat.

Baca juga: Filter Instagram Aesthetic, Alasan & Deretannya!

Selain itu, jangan lupa pilih ekspor filter untuk Instagram. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya filter yang telah Anda buat dapat Anda gunakan pada semua jenis gawai sehingga banyak yang dapat menggunakannya. Langkah berikutnya, tekan “Export” dan pilih jenis file “.arexport”

Mengunggah Filter ke Instagram

Cara membuat filter Instagram selanjutnya adalah dengan mengunggahnya pada akun Instagram yang Anda miliki. Pastikan Anda telah login Instagram pada komputer atau laptop melalui browser yang kemudian pada tab lainnya ketik https://www.facebook.com/sparkarhub/.

Berikutnya klik pada bagian “Upload Effect” yang letaknya terdapat pada sebelah kanan. Lalu, pilih tujuan filter yakni Instagram. Lalu beri nama untuk filter buatan Anda serta klik “Next”.

Pada bagian “Effect Icon”, Anda dapat memilih gambar apa yang ingin Anda gunakan sebagai ikon tersebut di Instagram. Setelah proses selesai, pilih “Upload” serta “Continue”.

Test Filter

Setelah Anda berhasil mengunggah filter, selanjutnya Anda dapat melihat pratinjau filter yang telah Anda buat. Apabila Anda memilih “Preview in App”, maka Anda dapat mencoba filter buatan Anda selama 60 detik pada akun Instagram yang Anda miliki.

Namun jika Anda memilih Get a Preview link, selanjutnya Anda dapat membagikannya ke teman serta keluarga Anda. Supaya mereka mencoba filter tersebut dan link filter dapat digunakan 200 kali dalam setiap harinya. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan tautan pratinjau untuk Anda gunakan sendiri jika Anda memerlukannya.

Bagikan Filter

Cara membuat filter Instagram berikutnya adalah dengan membagikan filter pada akun Instagram. Pada langkah ini, Anda kembali ke laman sebelumnya atau kunjungi lagi lama pengaturan filter Spark AR pada aplikasi Facebook.

Pilih kategori filter Anda sesuai tema yang Anda buat. Selanjutnya gunakan tautan pratinjau yang Anda simpan sebelumnya serta cobalah merekam video dengan menggunakan filter Anda dengan ponsel.

Video akan menjadi video demo yang muncul pada saat ada yang menggunakan filter buatan Anda. Lalu pindahkan video Anda dengan mencoba filter tadi kembali ke perangkat komputer.

Pada laman Facebook sebelumnya, Anda tinggal mengatur kapan filter tersebut akan rilis di Instagram. Kemudian Anda dapat mengisi “Review Information” dengan keterangan mengenai filter yang telah Anda buat.

Langkah berikutnya pilihlah “Submit for Review”. Filter buatan Anda akan dicek terlebih dahulu. Pada umumnya, dalam satu hari atau lebih.

Kemudian Anda hanya perlu menunggu hingga filter Anda diterima. Jika sudah berhasil, maka filter akan muncul pada akun yang Anda miliki.

Keuntungan Membuat Filter Sendiri di Instagram

Dengan adanya filter, bukan sekedar dapat membuat Anda semakin menarik serta menjadi hiburan Anda dalam mengkreasikan foto secara digital pada akun. Namun, terdapat nilai plus yang Anda peroleh setelah foto Anda yang telah diberi filter tersebut berhasil Anda unggah.

Baca juga: Aplikasi Feed Instagram, Jadikan Instagram Lebih Estetis dan Rapi

Penggunaan filter pada foto akan mampu mempengaruhi jumlah like pada postingan Anda. Sebab secara umum, bagi tiap pengguna Instagram selain membutuhkan followers yang lebih banyak, juga dapat memperoleh like dari postingan yang mereka unggah dalam jumlah banyak pula.

Terutama pada Instagram yang menyediakan berbagai jenis filter dengan jumlah tidak sedikit. Maka seringkali Anda akan mengalami kesusahan untuk memilih filter yang cocok untuk Anda gunakan.

Dengan mengikuti cara membuat filter di Instagram, maka Anda pun dapat berkreasi dengan filter tersebut untuk storie Instagram Anda.