Cara Mencegah Hiperpigmentasi pada Kulit Wajah, Terbukti Ampuh

mencegah hiperpigmentasi
Cara mencegah hiperpigmentasi pada kulit wajah agar tetap cerah dan sehat. Foto: Net/Ist.

Cara mencegah hiperpigmentasi pada kulit wajah yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Hiperpigmentasi merupakan kondisi kulit akibat meningkatnya melamin. Kondisi ini dapat memicu munculnya masalah flek hitam pada kulit.

Masalah tersebut juga kerap terjadi jika kulit sering terpapar cahaya matahari atau sinar UV tanpa menggunakan sunscreen.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini sudah banyak skincare yang bisa kamu gunakan menyamarkan noda atau flek hitam. Meski begitu, ada beberapa cara lain yang dapat kamu gunakan untuk mencegah permasalahan hiperpigmentasi.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara yang dapat kamu terapkan guna mencegah masalah hiperpigmentasi pada kulit wajah.

4 Cara Mencegah Hiperpigmentasi pada Kulit Wajah

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Berjerawat dan Berminyak yang Efektif dan Mudah

Rutin Konsumsi Vitamin C

Vitamin C memiliki sifat antioksidan, dan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, serta mencerahkan kulit wajah. Selain itu, vitamin C juga mampu memperlambat munculnya kerutan kulit, dan bisa memproduksi kolagen.

Untuk mengantisipasi terjadinya hiperpigmentasi pada kulit wajah, kamu cukup mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C secara rutin.

Menggunakan Pelembab

Cara mencegah hiperpigmentasi yang berikutnya yaitu menggunakan pelembab supaya kulit wajah tetap cerah dan tetap terhidrasi. Kamu bisa pilih pelembab yang memiliki kandungan  hyaluronic acid atau gliserin, dan retinol.

Baca Juga : Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas Menjadikan Kulit Lebih Muda

Bintik-bintik hitam atau noda yang ada pada kulit wajah dapat tersamarkan, karena berkat kandungan tersebut, regenerasi sel kulit bisa meningkat.

Menggunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Menggunakan sunscreen atau tabir surya menjadi salah satu cara mencegah hiperpigmentasi pada kulit wajah. Dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya maka masalah tersebut dapat kamu cegah.

Jika kamu menggunakan produk perawatan tersebut, maka kulit wajah akan terlindungi dari paparan sinar matahari atau UV yang berbahaya. Selain itu, sunscreen atau tabir surya juga mampu melindungi sel pigmen dari paparan sinar UV.

Bahkan, penggunaan tabir surya juga dapat mencegah terjadinya perubahan warna pada kulit wajah, serta mencegah terjadinya penuaan dini.

Baca Juga : Manfaat Masker Hydrogel untuk Perawatan Wajah Cantik Alami

Kamu bisa mengaplikasikan kembali sunscreen atau tabir surya setiap 3 sampai 4 jam sekali dalam setiap harinya. Hal itu supaya kulit wajah dapat terhindar dari masalah hiperpigmentasi.

Melakukan Perawatan Chemical Peeling atau Laser

Selain memakai pelembab atau krim yang memiliki kandungan hydroquinone, cara mencegah hiperpigmentasi pada kulit wajah bisa juga dengan melakukan perawatan laser atau chemical peeling. 

Namun ingat, kamu juga perlu berkonsultasi dengan dermatologis. Sehingga, saran yang mereka berikan sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika mengalami masalah hiperpigmentasi. Kamu juga harus tetap menerapkan pola gaya hidup sehat. Salah satunya dengan membiasakan diri melakukan olahraga. Kemudian, waktu tidur juga harus cukup. (R3/HR-Online)

Editor : Eva