Cara Mencerahkan Siku Gelap dengan Bahan Natural

Mencerahkan Siku
Cara mencerahkan siku gelap dengan bahan natural. Foto: Net/Ist.

Cara mencerahkan siku gelap dengan bahan natural yang bisa kamu dapatkan dengan di dapur. Siku gelap memang bisa mengganggu penampilan serta kurang percaya diri.

Tapi kamu tak perlu khawatir meski memiliki siku yang gelap. Karena, ada 5 bahan alami yang bisa membantu mencerahkannya. Bahkan kelima bahan alami ini sangat mudah kamu dapatkan.

Lalu, apa saja bahan alami tersebut? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

5 Cara Mencerahkan Siku Gelap dengan Bahan Alami

Mentimun

Baca Juga : Kulit Kaki Hitam dan Mengeras, Tips Mencerahkan Memakai Bahan Alami

Mentimun mengandung vitamin A dan vitamin C, serta memiliki kandungan yang dapat memutihkan siku maupun lutut secara alami.

Selain itu, mentimun juga berfungsi mengangkat sel-sel kulit yang mati, sekaligus menjaga kulit supaya tetap terjaga kelembabannya.

Hal itu yang membuat mentimun cocok digunakan sebagai bahan alami perawatan kulit. Salah satunya mencerahkan siku dan lutut.

Caranya sangat mudah, pertama iris mentimun tebal. Kemudian, gosokan perlahan-lahan pada siku atau lutut selama 10-15 menit. Setelah itu, biarkan selama 5 menit, lalu bilas pakai air hingga bersih.

Minyak Kelapa

Cara mencerahkan siku gelap dengan bahan natural yang berikutnya yaitu menggunakan minyak kelapa. Seperti kita ketahui bahwa minyak kelapa mengandung vitamin E dan essential oil.

Baca Juga : Kulit Jeruk untuk Kecantikan, Mengatasi Komedo Hingga Penuaan Dini

Kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit gelap dan melembabkan kulit yang kering.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, oleskan saja minyak kelapa ke bagian kulit atau siku yang gelap. Kemudian, pijat secara perlahan menggunakan minyak kelapa. Lama pemijatan cukup dua sampai tiga menit saja hingga minyak menyerap ke dalam kulit. Setelah itu basuh dengan air.

Kunyit

Salah satu cara mencerahkan siku gelap yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan kunyit. Sudah sejak zaman dulu kunyit dikenal mampu menghilangkan kotoran serta sel kulit yang mati.

Oleh karena itu, kunyit sangat cocok untuk perawatan kulit, termasuk memutihkan siku dan lutut. Kandungan curcumin dalam kunyit dapat mengatur produksi melanin berlebih.

Cara mengaplikasikannya, cukup oleskan kunyit pada siku atau lutut sambil memijatnya beberapa menit saja. Lalu, biarkan sampai kering, kemudian bilas menggunakan air.

Baca Juga : Efek Minum Air Hangat Tiap Hari Baik untuk Kesehatan Kulit

Lemon

Buah lemon cocok sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan kulit. Oleh karena itu, menggunakan lemon bisa menjadi salah satu cara mencerahkan siku gelap.

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon dapat membantu regenerasi kulit dan juga warna kulit. Cara mengaplikasikannya, kamu cukup memotong lemon menjadi dua bagian.

Setelah itu, gosokkan ke bagian siku, lalu biarkan selama 15 menit. Kemudian, basuh menggunakan air. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa ulangi proses seperti ini setiap dua hari satu kali.

Lidah Buaya

Cara mencerahkan siku gelap yang terakhir yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Seperti kita ketahui bahwa lidah buaya mengandung zat pelembab yang mampu mencegah terjadinya pigmentasi pada warna kulit.

Lidah buaya juga mempunyai sifat anti jamur dan anti bakteri. Sehingga tak heran jika tanaman lidah buaya ini sangat cocok untuk mencerahkan siku maupun lutut yang gelap.

Cara memakainya sebelum tidur, kamu tinggal membelah lidah buaya jadi dua bagian. Kemudian oleskan pada bagian siku dan lutut. Biarkan semalaman, lalu bersihkan pada pagi harinya saat kamu bangun. (R3/HR-Online)

Editor : Eva