Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Toilet atau Kamar Hotel

Kamera Tersembunyi
Cara mendeteksi kamera tersembunyi bisa Anda lakukan dengan mudah. Foto; Net/Ist.

Cara mendeteksi kamera tersembunyi bisa Anda lakukan dengan mudah. Kamera tersembunyi perlu diwaspadai di mana pun Anda berada. Karena, kejahatan dapat dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan berbagai cara. Menggunakan kamera tersembunyi menjadi salah satu cara yang mereka gunakan.

Sebenarnya, CCTV atau kamera tersembunyi dapat membantu memeriksa situasi sekitar. Seperti misalnya membantu memeriksa keadaan sekitar rumah guna mencegah adanya pencuri.

Selain itu, fungsi kamera tersebut juga bisa membantu kerja petugas keamanan dalam melakukan penyelidikan atau investigasi. Tapi pada kenyataannya kamera tersembunyi kerap kali ada saja yang menyalahgunakan.

Sejumlah kasus ditemukan adanya kamera tersembunyi yang tersimpan di tempat-tempat privasi. Contohnya toilet, kamar hotel, atau tempat-tempat yang bersifat privasi lainnya.

Seseorang yang mengoperasikan kamera tersebut bisa dengan leluasa mengintip aktivitas yang kita lakukan untuk tujuan-tujuan tidak baik.

Agar bisa lebih waspada, coba periksa keadaan sekitar Anda. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk mendeteksi adanya kamera tersembunyi.

Baca Juga : Back Tap iPhone Fitur Tersembunyi dengan Beragam Manfaat

Ini Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Ruang Privasi

Cari Hal yang Tak Biasa dalam Ruangan

Pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa keadaan ruangan secara seksama. Hal yang perlu Anda perhatikan antara lain dekorasi, penempatan benda, dan lainnya.

Coba cari tahu sekelilingnya apakah ada sesuatu yang tak biasa dalam ruangan. Misalnya, penempatan cermin yang terpasang menggantung, atau dekorasi ruangan yang tak biasa, dan sebagainya. 

Karena ada beberapa kasus yang pernah terjadi ditemukannya kamera tersembunyi pada sejumlah benda, seperti dekorasi dinding. Kemudian, detektor asap, gantungan baju, bahkan pada kotak tisu.

Gunakan Flash Kamera Handphone

Selain itu, cara mendeteksi kamera tersembunyi di toilet atau kamar hotel, maupun ruangan lain yang seharusnya bersifat pribadi yaitu menggunakan flash kamera handphone.

Baca Juga : Huawei MateBook X Pro, Ketahui Spesifikasi dan Kelebihannya

Hal pertama perlu Anda lakukan adalah mematikan terlebih dahulu lampu yang ada dalam ruangan. Kemudian, nyalakan senter atau flash ponsel lalu arahkan cahayanya ke setiap sudut ruangan.

Coba Anda amati dengan teliti setiap sudut-sudut ruangan yang terkena sorotan cahaya. Karena, lensa kamera ponsel bakal memantulkan cahaya apabila terkena flash.

Pindai Wifi

Cara mendeteksi kamera tersembunyi yang berikutnya yaitu dengan memindai Wifi. Karena, kamera pengawas atau kamera tersembunyi biasanya akan terhubung dengan Wifi. Hal itu supaya kamera tersebut bisa menayangkan rekaman video atau gambar secara langsung.

Pemindaian ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa Anda dapatkan di Google Play Store atau App Store, salah satunya aplikasi bernama Fing.

Agar lebih akurat, Anda perlu mematikan perangkat lainnya yang sama-sama terhubung dengan jaringan Wifi. Setelah itu baru pindai area menggunakan aplikasi Fing.

Nantinya aplikasi Fing ini bakal menampilkan adanya beberapa perangkat lain yang tengah terhubung ke jaringan Wifi.

Baca Juga : Nih! Tips Aman Transaksi Gunakan ATM

Kalau terdapat nama perangkat lain yang keterangannya “IP Camera”, maka Anda perlu mewaspadainya. Atau untuk mencari tahu lebih lanjut, Anda juga bisa mencari nama perangkat yang telah terdeteksi itu di Google.

Lakukan Tindakan Pencegahan

Selain dengan cara mendeteksi kamera tersembunyi, Anda juga harus melakukan tindakan untuk pencegahan. Salah satu cara pencegahannya yaitu dengan melepaskan beberapa perangkat yang mencurigakan.

Seperti misalnya benda-benda yang menggantung dan terhubung ke kabel, atau kotak yang juga terhubung ke kabel, dan benda lainnya. Anda juga bisa menutup benda-benda tersebut dengan menggunakan handuk atau kain.

Itulah beberapa cara mendeteksi kamera tersembunyi yang bisa Anda lakukan ketika berada dalam ruangan yang bersifat pribadi. (R3/HR-Online)

Editor : Eva