Cara Mengatasi Pengapian Motor Hilang Agar Kendaraan Kembali Normal

Cara Mengatasi Pengapian Motor Hilang
Ilustrasi Cara Mengatasi Pengapian Motor Hilang. Foto : Ist/Net

Cara mengatasi pengapian motor hilang sangat penting untuk kalian ketahui. Pasalnya pengapian yang kecil pada kendaraan bisa menyebabkan motor menjadi mogok. Jika kejadian tersebut kalian alami saat perjalanan jauh, tentu bisa menimbulkan kekhawatiran yang berlebih.

Dalam hal ini sistem kelistrikan memiliki peran yang sangat penting, karena tugasnya sebagai penyedia arus listrik pada kendaraan. Tersedianya arus listrik tersebut berguna untuk membantu proses pembakaran serta penggerak alat pendukung pada motor. Karena hal itulah sistem kelistrikan berperan penting bagi kendaraan terlebih lagi sepeda motor.

Cara Mengatasi Pengapian Motor Hilang Hingga Menyebabkan Kendaraan Mogok

Sebagai pemilik kendaraan, ada baiknya jika kalian juga mengetahui mengenai sistem pengapian. Dengan begitu, ketika motor mengalami beberapa masalah seperti tidak mau menyala maka tidak perlu membawanya ke bengkel. Kalian bisa memperbaikinya sendiri menggunakan ilmu dan skil yang kalian miliki.

Baca Juga : Fungsi Koil pada Sepeda Motor Cukup Vital Sebagai Pengapian

Pada motor, sistem pengapian memiliki fungsi yang penting karena berperan sebagai penghasil percikan api dalam ruang bakar. Setiap motor pasti membutuhkan sistem pengapian ini sehingga setelah kompresi pada ruang bakar selesai, maka bisa menghasilkan pembakaran. Hal ini bisa menimbulkan dorongan sehingga motor bisa bergerak.

Nah, kalian pasti pernah mengalami motor tiba-tiba mogok padahal sebelumnya kendaraan tidak bermasalah. Jika permasalahan seperti ini terjadi, bisa jadi karena sistem pengapian pada kendaraan ternyata hilang. Lalu bagaimana cara mengatasi pengapian motor yang hilang ini? simak uraian di bawah ini.

Cek Bagian Busi

Karena busi memiliki fungsi sebagai pemercik api dalam ruang bakar. Maka cara pertama untuk mengatasi pengapian yang hilang pada motor yaitu dengan mengecek kondisi busi. Langkah pertama kalian harus melepas busi lalu letakkan busi berdekatan dengan blok mesin.

Pastikan kunci kontak dalam posisi ON, selanjutnya klik tombol starter. Jika busi mengeluarkan percikan api berwarna merah maka lakukan penggantian dengan baru. Karena usi yang masih sehat memiliki nyala api berwarna biru. Dengan mengganti busi, maka sistem pengapian pada motor bisa normal kembali.

Kondisi CDI yang Rusak

Untuk mengatasi pengapian yang hilang pada sepeda motor, bisa juga dengan cara mengganti CDI. Namun sebelumnya pastikan dulu mengenai kondisi CDI pada motor. CDI (Capacitor Discharge Ignition) memiliki fungsi yang sangat penting pada kendaraan.

Baca Juga : Penyebab CDI Motor Rusak, Ketahui Sebelum Membeli yang Baru

Karena komponen satu ini memiliki peran untuk mengatur waktu pemancaran percikan api pada busi. Tujuannya untuk proses pembakaran campuran bahan bakar serta udara dalam ruang bakar.

Ketika CDI tersebut rusak, secara otomatis percikan api yang keluar menjadi tidak maksimal. Jika tidak segera kalian ganti dengan yang baru, lama-lama motor bisa mogok karena pengapian pada sepeda motor telah hilang.

Cek Bagian Koil

Pada sistem pengapian, koil termasuk salah satu komponen yang penting dalam menghasilkan tegangan tinggi. Tegangan dari aki kendaraan sebesar 12 volt, bisa berubah menjadi tegangan hingga ribuan volt karena peran koil. Tegangan tersebut yang pada akhirnya tersalurkan hingga ke busi, yang mana busi merupakan bagian terpenting dalam sistem pengapian.

Sehingga ketika koil ternyata dalam kondisi bermasalah, maka bisa menyebabkan sistem pengapian menjadi lemah. Cara mengatasi pengapian motor yang hilang ini dengan menambah lilitan pada bagian koil.

– Lepaskan koil dari dudukannya

– Pastikan kalian sudah memiliki kabel tembaga dengan ukuran sedang. Jangan lupa untuk mengupas isolator tembaga

– Jika sudah, lilitkan kabel tersebut hingga merata pada bagian kabel busi

– Pada ujung kabel tembaga tersebut gunakan sebagai dudukan koil

– Sementara jauhkan ujung lainnya dari baut besi

– Tahap terakhir, tutup dengan menggunakan lakban dengan rapat.

Perbaiki Spul

Spul merupakan komponen utama dengan peran yang krusial pada sistem pengapian. Jika pengapian pada motor tidak maksimal bisa jadi karena kerusakan pada komponen ini. Biasanya kondisi ini terjadi seiring bertambahnya usia pemakaian kendaraan.

Komponen ini biasanya memiliki 2 hingga 3 gulungan sesuai dengan penggunaan sistem pengapian pada sepeda motor. Ketika spul ini ini terbakar, maka akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Hal ini karena pengapian pada motor menjadi tidak maksimal bahkan bisa hilang. Nah, cara mengatasi pengapian motor hilang, tentu saja dengan memperbaiki spul ini. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto