Cara Mengatasi Selang Bensin Tersumbat pada Kendaraan

Cara Mengatasi Selang Bensin Tersumbat
Ilustrasi Cara Mengatasi Selang Bensin Tersumbat. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi selang bensin tersumbat berbeda-beda tergantung penyebabnya. Sistem saluran bensin merupakan salah satu bagian kendaraan yang harus selalu kalian perhatikan. Pasalnya, bagian ini bisa saja mengalami beberapa masalah seperti ngadat atau mogok.

Kondisi seperti ini biasanya karena bensin yang mengalir tidak sampai ke karburator. Tak hanya itu, terkadang justru karena terlalu banyaknya suplai bensin menuju karburator sehingga mengganggu kelancaran mengemudi.

Baca Juga : Cara Membuka Tutup Bensin Mobil, Hal Sepele Namun Sedikit yang Tahu

Namun apapun penyebabnya, pasti kondisi selang bensin yang tersumbat ini sangat mengganggu kelancaran berkendara. Biasanya permasalahan seperti kerap terjadi pada kendaraan yang memiliki masa pakai cukup lama.

Nah, ketika bensin tiba-tiba tersendat dan menjadi tersumbat banyak juga yang menduga bahwa penyebabnya karburator. Padahal berbagai kemungkinan bisa terjadi, tidak hanya dari karburator saja.

Simak Cara Mengatasi Selang Bensin Tersumbat

Bagi pemilik kendaraan yang umurnya sudah lama, pasti pernah merasakan berbagai masalah dalam kendaraan tersebut. Misalnya saja kendaraan yang tiba-tiba mogok atau tersendat-sendat seolah bensin telah habis. Mereka biasanya langsung paham bahwa kondisi ini salah satu akibat dari selang bensin yang tersumbat atau mampet.

Selang bensin sendiri merupakan salah satu komponen dalam kendaraan yang berfungsi sebagai penyalur bahan bakar menuju karburator. Dalam mobil, selang bensin terbagi menjadi 2, yaitu selang karet dan selang logam. Selang logam berfungsi menyambungkan dari tangki bahan bakar menuju mesin.

Namun selang tersebut tidak sampai menyentuh mesin, hanya mendekat saja. Sementara selang karet berfungsi untuk menahan getaran mesin. Lalu bagaimana cara mengatasi ketika selang bensin pada kendaraan menjadi tersumbat? Berikut penjelasan lengkapnya.

Membersihkan Tangki Kendaraan

Tangki pada kendaraan yang sudah berusia lebih dari 10 tahun biasanya kondisinya sudah berkarat. Kondisi ini bisa kalian lihat dari sisa bensin di dasar tangki yang berwarna kekuningan. Akibatnya, filter menjadi lebih mudah tersumbat sisa-sisa karat tersebut.

Biasanya selang bensin yang tersumbat ini mengakibatkan kendaraan menjadi tersendat ketika berpacu dengan kecepatan tinggi. Nah, cara mengatasi selang bensin yang tersumbat ini dengan mencuci tangki kendaraan.

Baca Juga : Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin, Pemilihan BBM yang Tidak Tepat

Namun jangan pernah mencuci menggunakan air, karena justru akan menjadikan korosi. Cucilah menggunakan bensin hingga bersih dan tidak ada lagi sisa karat yang tertinggal.

Cek Kondisi Filter Bahan Bakar

Selang bensin yang tersumbat bisa saja terjadi karena adanya karat, lumpur, atau kotoran berupa air. Biasanya permasalahan seperti ini muncul dengan tanda awal saat menyalakan kendaraan, maka mesin tetap menyala.

Namun ketika mulai menginjak pedal gas, maka tiba-tiba mesin akan mati atau mesin menjadi tersendat saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Cara mengatasi permasalahan ini yaitu dengan membersihkan filter udara agar selang bensin tidak tersumbat lagi. Apabila kondisi sudah tidak layak pakai, sebaiknya ganti saja filter dengan yang baru. Dengan begitu, bisa meminimalisir risiko terjadinya permasalahan yang sama.

Cek Kondisi Pompa Bensin

Dalam pompa bensin terdapat membran yang bisa menjaga agar suplai bahan bakar selalu tercukupi. Namun ketika membran ini sobek, otomatis suplai bensin ke karburator menjadi tidak tercukupi. Selain itu, rembesan bensin di sekitar pompa akan mengakibatkan bau bensin mudah menyebar hingga ke dalam kabin.

Gejala ini bisa kalian rasakan ketika menggunakan kendaraan tiba-tiba menjadi kehilangan tenaga. Kondisi ini terjadi begitu saja, bahkan sebelumnya kendaraan masih baik-baik saja.

Hal ini menandakan bahwa selang bensin mengalami masalah dan kendaraan harus segera kalian bawa ke bengkel terdekat. Pasalnya, cara mengatasi selang bensin yang tersumbat karena terjadi kebocoran di membran tidak bisa kalian lakukan sendiri.

Bersihkan Needle Valve

Jika kalian perhatikan, terdapat baut penutup pada karburator yang berfungsi untuk membuang bahan bakar berlebih. Pada bagian ini, terdapat katup atau sering juga orang menyebutnya dengan nama needle valve. Needle valve ini tugasnya mengatur untuk menyesuaikan kebutuhan mesin terhadap bahan bakar.

Namun bagian ini tidak akan bisa berfungsi dengan baik ketika bagian katupnya terdapat kotoran. Untuk itu, jaga selalu kondisi kendaraan terutama pada komponen-komponennya.

Dengan begitu, cara mengatasi segala permasalahan kendaraan seperti selang bensin yang tersumbat bisa dengan mudah kalian lakukan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto