Cara Mengecek IMEI iPhone Resmi atau BM dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengecek IMEI iPhone
Ilustrasi Cara Mengecek IMEI iPhone. Foto: Ist/Net

Cara mengecek IMEI iPhone dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini juga perlu para pengguna Apple Device ketahui. Mungkin sebagian pengguna Apple, masih belum mengetahui apakah iPhone mereka gunakan asli atau black market.

Caranya adalah melalui nomor IMEI. Di Indonesia nomor IMEI ini dapat Anda jadikan acuan untuk melihat apakah ponsel Anda tersebut barang yang melalui jalur resmi ataukah ilegal.

Begini Cara Mengecek IMEI iPhone Resmi atau BM

Jika Anda memiliki IMEI yang tidak terdaftar maka ponsel Anda terindikasi barang ilegal atau black market. Hal ini memiliki potensi di blokir dari layanan seluler di Indonesia.

Baca Juga : Ganti IMEI HP pada Android dengan Cara Root dan Tanpa Root

Karena smartphone yang di jual di pasaran Indonesia memiliki International Mobile Equipment Identity yang menjadi identitas perangkat Anda.

Selain itu merupakan nomor unik untuk identifikasi. Dengan kata lain kode produksi yang membedakan perangkat satu dengan lainnya.

Pemilik ponsel BM tidak dapat terhubung dengan koneksi seluler. Hal ini menyebabkan tidak bisa di pakai untuk internet, berkirim pesan dan menelpon. Sehingga sangat penting mengetahui kelegalan ponsel Anda. Untuk mengidentifikasi iPhone produk resmi atau bukan maka Anda bisa terapkan cara berikut.

Cek IMEI dengan Periksa Bodi Belakang

Cara mengecek IMEI iPhone adalah melalui bodi belakang iPhone milik Anda. Anda bisa mengetahuinya resmi atau tidak dengan melihat nomor IMEI yang tertera tersebut.

Nah, apabila pada bagian belakang ponsel Anda tidak terdapat nomor IMEI maka kemungkinan besar ponsel Anda palsu atau black market.

iPhone yang memiliki IMEI belakang adalah iPhone 6s series hingga seri iPhone 12. Sedangkan jika Anda memiliki seri iPhone 3G hingga seri iPhone 6, biasanya nomor IMEI berada di tempat kartu SIM dan nomor terukir pada bagian belakang.

Cek IMEI dengan Kode USSD

Selanjutnya Anda dapat melakukan pengecekan dengan menekan kode USSD *#06# di aplikasi dialer. Hal ini untuk mengecek IMEI iPhone dengan mudah. Saat tanda pagar terakhir diketikkan maka akan muncul informasi nomor IMEI di layar iPhone Anda.

Lebih dari itu, dua operator seluler Indonesia yakni XL Axiata dan Telkomsel memberikan fitur USSD khusus untuk mengecek IMEI yang terdaftar dengan kesesuaian peraturan yang berlaku.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menekan USSD *337*1# dari menu dial bagi pengguna telkomsel. Sedangkan untuk pengguna XL axiata dapat menekan USSD*123*817# dari menu dial.

Setelah dilakukan cara mengecek IMEI iPhone akan muncul pesan dengan “Terima Kasih permintaan Anda sedang diproses”.

Baca Juga : Melacak HP Hilang dengan IMEI, Beginilah Caranya!

Sementara jika IMEI sudah terdaftar, maka toppers akan menerima SMS berisi pesan “IMEI yang Anda gunakan saat ini sudah terdaftar dan sesuai dengan peraturan berlaku” . Maka artinya ponsel Anda resmi atau legal.

Cek IMEI di Pengaturan

Sedangkan cara selanjutnya dapat Anda terapkan adalah cek melalui pengaturan. Pengaturan terdapat pengecekan IMEI dengan membuka menu setting kemudian klik general dan lanjutkan About this phone.

Selanjutnya akan muncul nomor identitas perangkat dengan judul IMEI. Apabila nomor IMEI yang keluar sama seperti yang tertera di kardus HP maka sudah pasti bahwa ponsel Anda tersebut adalah resmi.

Cek IMEI iPhone Melalui Situs Kemenperin

Anda dapat mengetahui ponsel resmi atau BM maka Anda bisa mengunjungi laman resmi Kementerian perindustrian atau Kemenperin. Caranya mudah hanya dengan membuka situs imei.kemenperin.go.id, Anda sudah bisa mengeceknya.

Cara mengecek IMEI iPhone dengan mengisi kolom dan Anda masukkan nomor IMEI perangkat kemudian cek IMEI. Setelah itu klik simbol kaca pembesar atau search.

Baca Juga : Buka Kunci iPhone Tanpa Lepas Masker dan Tidak Ribet, Ini Caranya

Maka akan keluar hasilnya. Jika keluar hasil IMEI terdaftar di database Kemenperin maka perangkat tersebut asli dan legal.

Nah, IMEI biasanya terdiri dari 14 hingga 16 digit unik. Selain berguna untuk mengecek ponsel asli atau tidak, IMEI dapat berguna untuk memperbaiki perangkat yang rusak.

Bahkan IMEI juga berguna ketika iPhone Anda hilang atau dicuri. Anda bisa melaporkan ke iPhone center agar iPhone tersebut di blokir.

Sehingga HP tersebut tidak bisa digunakan oleh yang menemukan atau yang mencurinya. Dengan cara mengecek IMEI iPhone tersebut maka Anda mengetahui tentang ponsel milik Anda terkait keaslian. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto