Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Menghilangkan Karat pada Velg Motor dengan Bahan Sederhana

Cara Menghilangkan Karat pada Velg Motor dengan Bahan Sederhana

Cara menghilangkan karat pada velg motor sebenarnya cukup mudah, meskipun jarang yang melakukannya. Biasanya karat ini sering muncul pada sepeda motor yang masih menggunakan velg ruji. Penyebabnya pun beragam, bisa karena usia kendaraan ataupun karena kurangnya perawatan.

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang penggunanya sangat banyak. Hal ini bisa kalian lihat baik dari jalan yang sempit maupun pada kemacetan, kebanyakan pengisinya adalah sepeda motor. Namun, saat ini sepeda motor tak hanya sebagai alat transportasi saja, melainkan mendukung penampilan dan gaya hidup.

Cara Menghilangkan Karat pada Velg Motor dengan Mudah

Agar kendaraan bisa mendukung gaya hidup serta penampilan pemiliknya, tentu saja motor harus terawat dan bersih. Mereka yang mengutamakan penampilan sangat menginginkan kendaraannya selalu tampil mengkilap. Akan tetapi untuk mendapatkan motor yang bersih dan mengkilap ini tak akan maksimal jika hanya memperhatikan body nya saja.

Baca Juga : Tips Memilih Warna Velg Motor, Sesuaikan dengan Cat Bodi Kendaraan

Pada sepeda motor, terdapat beberapa komponen yang mudah berkarat terutama pada bagian besi. Sebenarnya, karat adalah hasil korosi yang terjadi pada semua besi karena adanya proses oksidasi. Jika, velg pada motor kalian muncul karat, berikut ini cara mudah untuk menghilangkan karat tersebut.

Menggunakan Minyak Tanah

Bukan rahasia lagi jika minyak tanah sering menjadi andalan sebagai penghilang karat pada beberapa benda. Termasuk besi pada sepeda motor, jari-jari motor dan perabotan rumah tangga. Agar lebih maksimal, gunakan abu gosok secukupnya.

Cara menghilangkan karat pada velg motor ini sangat mudah, hanya membutuhkan 3 bahan sederhana. Ambil abu gosok sedikit demi sedikit pada kain, lalu beri minyak tanah secukupnya saja agar tidak terlalu encer. Untuk yang belum tahu, Abu gosok merupakan limbah hasil pembakaran kayu dengan warna abu-abu.

Selanjutnya gunakan untuk menggosok karat pada velg motor hingga benar-benar bersih. Tekstur yang sedikit kasar pada abu gosok ini ampuh untuk mengangkat sisa karat pada velg motor. Setelah selesai membersihkan dengan abu, cuci velg motor untuk menghilangkan sisa minyak tanah.

Menggunakan Amplas

Ternyata amplas tak hanya efektif untuk proses pengecatan motor, namun juga bisa untuk menghilangkan karat pada velg motor. Akan tetapi, gunakan cara satu ini apabila karat yang menempel pada velg motor tidak terlalu tebal. Untuk menggunakannya, pilih amplas yang teksturnya halus dengan nomor 400.

Baca Juga : Cara Membaca Ukuran Velg Motor, Memudahkan Anda Saat Membeli

Sebelum menggunakan, basahi amplas dan velg motor terlebih dulu. Selanjutnya gosokkan amplas dengan tekanan yang sedikit kuat untuk merontokkan karat yang menempel. Kalian juga bisa menambah sabun colek untuk mempermudah pengelupasan karat. Terakhir, siram dengan air bersih dan hasilnya velg kembali kinclong tanpa adanya karat.

Air Soda

Cara menghilangkan karat pada velg motor selanjutnya bisa dengan memanfaatkan air soda. Sifat asam pada soda mampu mengangkat karat ketika menggunakan air soda tersebut untuk menggosok pada bagian velg. Gunakan saja kain yang ada di rumah, lalu gosok berulang-ulang pada bagian yang berkarat. Setelah itu basuhlah dengan air soda pada bagian yang kalian bersihkan tadi, bisa juga dengan menambahkan sabun.

Batu Hijau

Batu hijau ternyata juga bisa kalian gunakan sebagai cara menghilangkan karat pada velg sepeda motor. Untuk menggunakan batu hijau ini, iris kecil-kecil layaknya memotong gula jawa, lalu campurkan dengan braso. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok karat pada velg motor, bisa dengan lap ataupun koran. Fungsi minyak brasso ini bisa mempercepat dan memudahkan dalam proses penggosokan karat.

Tanah Liat

Tekstur tanah liat yang lembek bisa menyerap kotoran yang menempel pada benda. Tidak hanya efektif untuk menghilangkan karat pada velg motor, karat pada jeruji besi juga bisa hilang dengan tanah liat ini. Caranya sangat mudah, cukup gosokkan saja tanah liat pada bagian yang berkarat menggunakan bantuan kain bersih. Jika sudah selesai basuh dengan air bersih pada bagian velg motor untuk menghilangkan sisa tanah yang menempel.

Cairan Anti Karat

Untuk menghilangkan karat pada velg motor, bisa kalian lakukan dengan menggunakan cairan khusus. Cairan ini bisa kalian dapatkan pada toko terdekat karena memang terjual dengan bebas. Namun dalam memilih sebaiknya ambil produk dengan kualitas terbaik.

Harga cairan penghilang karat ini tidak terlalu mahal, namun sudah terbukti ampuh membersihkan karat. Cara menghilangkan karat ini sangat mudah, tinggal mengaplikasikan saja pada velg motor yang terdapat karat. Bersihkan dengan merata hingga karat terangkat dengan sempurna. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru