Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Privasi Lebih Terjaga, Simak Triknya!

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone
Ilustrasi Cara Mengunci Aplikasi di iPhone. Foto: Ist/Net

Cara mengunci Aplikasi di iPhone merupakan langkah mudah untuk menjaga privasi para pengguna perangkat ini. Sebagai smartphone kelas atas, tentu iPhone memiliki banyak cara untuk mengamankan perangkat, termasuk berbagai aplikasi yang terdapat di dalamnya.

Terkadang dengan mengunci layar saja tidak cukup dalam menjaga perangkat smartphone Anda. Beberapa orang dapat dengan mudah mengetahui atau mencuri kata sandi yang Anda gunakan.

Baca Juga : Cara Deteksi Spyware Pegasus di iPhone dengan Mudah, Simak !

Apabila layar smartphone berhasil terbuka, dan jika Anda tidak mengunci aplikasi yang terdapat pada perangkat Anda. maka pihak lain pun dapat mengakses aplikasi aplikasi tersebut dengan mudah.

Terutama jika yang membuka ponsel adalah adalah orang yang tidak bertanggung jawab, maka mereka dapat dengan mudah menyalahgunakan data yang Anda miliki.

Termasuk dalam menggunakan aplikasi untuk kepentingan mereka sendiri. Maka mengunci aplikasi secara langsung merupakan hal penting Anda lakukan.

Begini Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Seperti yang sudah kita ketahui, iPhone merupakan smartphone keluaran Apple yang tidak kalah saing dengan smartphone jenis lain. Seperti Android atau Windows Phone. Salah satu yang cukup digemari oleh para pengguna iPhone adalah fitur keamanannya.

Pasalnya, iPhone merupakan salah satu perangkat yang mempunyai tingkat keamanan yang cukup canggih. Pada iPhone 5,6,6s plus serta versi yang lebih baru telah memperoleh kelengkapan adanya Touch ID.

Fitur ini merupakan sebuah tombol yang dapat sebagai fungsi untuk melakukan sensor fingerprint. Dengan menggunakan Touch ID para pengguna dapat mengunci serta membuka passcode iPhone dengan cepat dan mudah.

Akan tetapi hingga saat ini masih banyak para pengguna yang belum mengetahui bagaimana cara mengunci aplikasi di iPhone. Berikut ini beberapa cara dalam mengunci berbagai aplikasi yang tersimpan dalam perangkat iPhone antara lain:

Menggunakan Password atau Touch ID

Untuk mengunci aplikasi di perangkat iPhone, Anda tidak perlu menggunakan adanya aplikasi tambahan. Selain itu Anda juga tidak perlu melakukan jailbreak. Dalam perangkat iPhone terdapat beberapa aplikasi seperti Line, Onedrive, dan lain sebagainya yang telah memperoleh kelengkapan tools untuk mengunci dirinya sendiri dengan menggunakan password.

Baca Juga : Cara Mengecek IMEI iPhone Resmi atau BM dengan Cepat dan Mudah

Bahkan terdapat aplikasi yang telah menggunakan Touch ID sebagai sarana pengamanan aplikasi tersebut. Maka, Anda hanya tinggal masuk dalam pengaturan dari masing-masing aplikasi tersebut. Selanjutnya Anda pun dapat menambahkan password sesuai dengan keinginan.

Menggunakan Face ID

Cara mengunci aplikasi di iPhone selanjutnya adalah dengan menggunakan Face ID. Face ID merupakan salah satu inovasi keamanan pada iPhone yang cukup mudah Anda gunakan.

Terutama pada perangkat iPhone X atau versi yang lebih baru, Anda dapat dengan mudah menikmati fitur ini. Cara kerja dari Face ID hampir sama dengan Touch ID.

Baca Juga : Buka Kunci iPhone Tanpa Lepas Masker dan Tidak Ribet, Ini Caranya

Setelah Anda berhasil mengatur Face ID, maka fitur ini akan aktif untuk membuka kunci layar, membuka aplikasi hingga mengisi kata sandi secara otomatis di Safari. Cara menggunakan fitur Face ID antara lain”

  • Buka aplikasi pengaturan di iPhone
  • Kemudian Pilihan akun > privasi
  • Berikutnya, setelah halaman berikutnya muncul scroll ke bagian bawah untuk menemukan kunci layar
  • Pilih Face ID
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda kunci dengan menggunakan Face ID.
  • Sebagai informasi, jika cara mengunci aplikasi di iPhone dengan menggunakan Face ID tidak berhasil, maka Anda perlu masuk ke aplikasi terlebih dahulu, Kemudian Anda dapat mengatur sistem keamanan secara manual aplikasi mana yang akan Anda kunci.

Fitur Restrictions

Cara mudah mengunci aplikasi di iPhone selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur restrictions. Caranya antara lain:

  • Jalankan menu Setting yang terdapat pada perangkat iPhone Anda
  • Kemudian pada halaman Setting, pilih menu General
  • Dalam menu General, cari serta pilih Restrictions.
  • Maka pada halaman ini, Anda dapat mengaktifkan fitur kunci aplikasi, dengan aktifkan Restrictions atau pilih Enable Restrictions.
  • Kemudian masukkan passcode yang Anda miliki.
  • Jika sudah berhasil, selanjutnya Anda dapat menentukan aplikasi mana saja yang akan Anda kunci.

Dengan mengikuti beberapa cara mengunci aplikasi di iPhone diatas, maka keamanan privasi Anda pun akan lebih terjaga. Pasalnya aplikasi yang telah berhasil Anda kunci tidak akan mudah diakses oleh pihak lain, sehingga tidak mudah disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto