Cara Merawat Cat Mobil Hitam agar Tetap Terlihat Mengkilap

Cat Mobil
Cara merawat cat mobil hitam agar tetap terlihat mengkilap. Foto: Net/Ist.

Cara merawat cat mobil hitam agar tetap terlihat mengkilap bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah mudah. Hitam rata-rata jadi warna favorit pemilik mobil. Walaupun banyak warna lainnya yang bermunculan, tapi mobil hitam paling diminati.

Karena, mobil dengan warna hitam memberi kesan clean, elegan, dan maskulin. Mobil berwarna hitam juga termasuk lebih gampang laku ketika dijual. Mengingat hitam sebagai warna netral. Hampir semua kalangan menyukai warna tersebut.

Namun, mempunyai mobil berwarna hitam memang membutuhkan treatment ekstra dalam merawatnya. Sebab, mobil hitam gampang terlihat kotor ketika kena debu, jamur, atau saat tergores. Bahkan, mudah kelihatan kusam.

Kalau kendaraan kesayangan Anda mengalami hal tersebut, sudah pasti mobil jadi tidak enak dilihat. Oleh sebab itu, merawat mobil Anda dengan cara yang benar, sehingga warna cat mobil Anda hasilnya bisa maksimal.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam merawat mobil berwarna hitam supaya tetap terlihat mengkilat seperti halnya mobil baru.

Baca Juga : Lap Mobil yang Bagus dan Tepat untuk Merawat Mobil Anda

4 Tahapan Cara Merawat Cat Mobil Hitam agar Mengkilap

Rutin Mencuci Mobil dengan Benar

Dalam proses pembersihan, mencuci mobil menjadi step pertama yang paling penting. Agar cat mobil tetap terawat, cuci mobil minimal satu minggu sekali.

Untuk menghindari goresan pada waktu mencuci mobil, gunakan sponge dan shampoo khusus untuk mobil. Setelah selesai, jangan menunggu kering oleh udara, tapi keringkan dengan mengelap secara manual.

Cara ini bisa mencegah adanya bercak noda air yang muncul dari bagian bodi mobil yang baru Anda cuci.

Pemolesan

Tahapan cara merawat cat mobil hitam agar tetap terlihat mengkilap yang berikutnya yaitu pemolesan. Mobil yang telah dicuci mungkin akan terlihat bersih.

Baca Juga : Penyebab Mobil Matic Tidak Kuat Menanjak dan Cara Mengatasinya

Tetapi jika kita lihat lagi lebih detail, akan terlihat warna cat yang kurang berkilau. Untuk mendapatkan kilau seperti pertama kali membelinya, maka tahap pemolesan adalah pilihan terbaik.

Dalam perawatan mobil, pemolesan merupakan proses penggunaan bahan abrasif guna menghilangkan lapisan sangat tipis pada bagian luar dari cat mobil. Biasanya bagian tersebut paling rusak.

Saat proses pemolesan inilah yang membuat lapisan bagian bawah akan mengkilap naik ke permukaan, dan membuat cat mobil Anda tampak seperti masih baru.

Waxing

Tahapan berikutnya yang perlu Anda lakukan sebagai cara merawat cat mobil hitam supaya tetap mengkilap adalah waxing. Cara ini juga untuk mendapatkan polesan lapisan pelindung mobil yang sempurna.

Permukaan yang berkilau akan melindungi kilaunya supaya tidak hilang akibat beberapa faktor, seperti goresan, debu atau kotoran, hujan, atau kontak langsung sinar matahari.

Baca Juga : Tips Memilih Cover Mobil, Dapatkan Bahan Berkualitas dan Aman

Proses tahapan waxing ini tentunya untuk mempertahankan hasil secara maksimal dan dalam waktu yang lama.

Coating

Ini adalah tahapan maintenance yang termasuk sebagai salah satu cara merawat cat mobil hitam supaya tetap terlihat berkilau seperti baru.

Tujuan dari coating ini tiada lain melindungi cat mobil dari jamur, goresan, dan memberi efek layaknya daun talas untuk keseluruhan bodi mobil Anda.

Coating juga bisa membuat cat mobil menjadi semakin mengkilat. Bahkan dapat memberikan kesan kalau cat mobil Anda seperti kaca. Dengan begitu, Anda dapat berkaca karena cat mobil begitu mengkilap setelah mendapatkan proses coating. (R3/HR-Online)

Editor : Eva