Cara Pindah Gigi Motor Kopling yang Aman Bagi Pengendara

Cara Pindah Gigi Motor Kopling
Ilustrasi Cara Pindah Gigi Motor Kopling. Foto: Ist/Net

Cara pindah gigi motor kopling memang sedikit berbeda dengan motor biasa. Agar bisa menggunakan motor kopling, pengendara harus bisa menjaga keseimbangan. Pasalnya sistem kopling memerlukan keseimbangan antara gerakan tangan juga kaki.

Jelas cara ini sangat berbeda bila kalian bandingkan dengan motor jenis matic maupun bebek. Jika pada mobil matic hanya cukup menyalakan starter saja lalu motor bisa berjalan. Lain halnya pada motor kopling yang harus menyeimbangkan antara rem, kopling dan juga perpindahan giginya.

Baca Juga : Cara Memindahkan Gigi Motor Bebek dan Sport Cukup Berbeda

Sudah menjadi rahasia umum jika pengguna baru pasti sering merasa kesulitan saat mengendarai motor jenis ini. Karena untuk bisa mengoperasikannya, pengendara harus menggunakan tangan kiri pada pedal kopling agar bisa mengoper gigi. Hanya membayangkan saja sudah bisa membuat bingung.

Cara Pindah Gigi Motor Kopling yang Aman untuk Pengguna Baru

Sebelum benar-benar mengendarai motor kopling, kalian wajib tahu mengenai jenis pedal gigi dan kegunaannya. Selain itu, bagaimana cara mengoperasikan agar berkendara tetap aman tanpa kaget karena tarikan saat berpindah gigi. Ada beberapa hal yang harus kalian pelajari mengenai sistem rotari, yaitu 1-N-2-3-4-5 ataupun yang N-1-2-3-4-5.

Cara Pindah gigi motor kopling pada tipe rotary 1-N-2-3-4-5, agar bisa naik ke gigi 1 dengan menginjak tuas ke depan. Mulai dari gigi 1, gigi 2, hingga ke gigi 5 maka cukup menginjak tuas gigi belakang saja. Biasanya sistem rotary seperti ini terdapat pada motor kopling new vixion.

Sementara pada sistem rotary N-1-2-3-4-5 maka cara pindah gigi cukup mudah. Untuk menaikkan gigi kalian hanya perlu menginjak tuas kopling ke depan sementara untuk menurunkan gigi injak tuas kopling ke belakang. Motor dengan sistem kopling seperti ini bisa kalian jumpai pada Old Jupiter MX.

Jika sudah memahami sistem rotary di atas, berikut hal-hal yang harus kalian perhatikan ketika melakukan perpindahan gigi pada motor kopling.

Pastikan Indikator Gigi dalam Posisi Netral

Pertama, tentu saja kalian harus menyalakan terlebih dulu motor kopling yang ada di rumah. Namun pastikan gigi berada dalam posisi Netral. Hal ini terlihat sepele namun jika teledor tidak mengosongkan gigi, dampaknya cukup berat.

Motor kopling tidak akan bisa menyala ketika gigi masih dalam posisi masuk. Nah, saat menyalakan motor pastikan menarik kopling dengan benar agar tidak mengganggu prosesnya. Ketika motor sudah menyala, tekan tuas kopling lalu tekan pedal transmisi ke arah depan. Cara pindah gigi pada motor kopling ini bisa kalian lakukan saat ingin memasukkan gigi transmisi ke posisi 1.

Perhatikan Cara Memperlakukan Tuas Kopling

Ketika sudah berhasil memasukkan gigi ke posisi 1, selanjutnya lepas tuas kopling secara perlahan. Satu lagi, hindari langsung menarik gas ketika mesin kendaraan belum bergerak. Hal ini bisa membuat pengendara kaget karena motor seolah akan menarik kalian.

Baca Juga : Cara Mengendarai Motor Gigi dengan Berbagai Posisi Jalan

Sebaliknya, apabila kalian melepas tuas kopling dengan cepat, maka mesin motor bisa tiba-tiba mati. Padahal, tanpa kalian menarik tuas koplingnya motor akan bisa langsung berjalan. Jadi, cara yang paling aman untuk pindah gigi pada motor kopling yaitu dengan menyeimbangkan diri agar motor tidak galak.

Perpindahan Gigi Transmisi Selanjutnya

Apabila kalian sudah berhasil menyalakan motor dan telah melakukan perpindahan gigi ke posisi 1. Maka selanjutnya kembali menambah gigi hingga ke posisi 2. Cara pindah gigi motor kopling ke posisi 2 dengan memasukkan kaki ke bagian bawah untuk mengangkat pedal transmisi.

Perpindahan gigi ini harus kalian lakukan dengan hati-hati, dengan memperhatikan tuas kopling. Pastikan tarikan kopling cukup kuat agar gigi tidak kembali ke posisi netral. Jika kalian mengendarai motor di jalanan yang padat, maka bisa beresiko terjatuh.

Sesuaikan Kecepatan Berkendara dengan Posisi Gigi

Ketika kalian mengendarai motor kopling, maka sesuaikan kecepatan berkendara dengan gigi transmisi. Memindah gigi tidak bisa secara sembarangan atau asal menambah dan mengurangi saja. Harus menyesuaikan dengan medan juga kecepatan.

Jika mengendarai motor kopling dengan kecepatan 40/km, maka agar lebih nyaman dengan cara melakukan pindah gigi ke posisi 3. Ketika menambah kecepatan, maka pindah gigi lagi ke posisi 4. Begitu juga seterusnya, untuk gigi transmisi posisi 5 dan 6 cocok untuk berkendara dengan kecepatan lebih tinggi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto