Cek AnTuTu Android Untuk Melihat Performa Secara Akurat, Ini Caranya

Cek AnTuTu Android
Ilustrasi Cek AnTuTu Android. Foto: Ist/Net

Cek AnTuTu Android sering digunakan sebagian orang. Sebenarnya apa AnTuTu Android tersebut? Mungkin banyak yang belum mengetahuinya. AnTuTu merupakan aplikasi yang digunakan untuk menilai kualitas dari smartphone Android. 

Bahkan banyak orang mengunduh aplikasi ini demi mengetahui kualitas serta performa dari HP yang di miliki. AnTuTu bekerja untuk mengetahui RAM, Prosesor, CPU, Chipset, GPU hingga komponen lainnya apakah memiliki performa yang handal. 

Baca Juga: Aplikasi Text to Speech Untuk Keberangkatan Menuju Kesuksesan

Cara Cek AnTuTu Android dengan Mudah

Sebenarnya kebanyakan yang menggunakan aplikasi ini adalah gamer sejati. Mereka ingin menguji secara langsung tentang kelayakan Android mereka sebelum digunakan untuk bermain game.

Mereka menguji ketahanan serta kualitas dengan mengetahui skor yang ditampilkan aplikasi tersebut. Nah bagi Anda yang masih penasaran cara mengecek performa HP maka simak penjelasan berikut. 

Cek AnTuTu Android pertama Anda harus menginstall aplikasi AnTuTu Benchmark tersebut melalui Playstore secara gratis. Penginstalan membutuhkan waktu yang tidak lama, namun Anda harus memastikan aplikasi tersebut terinstall dengan  sempurna dalam ponsel Anda. 

Kedua, jika Anda telah selesai proses install selanjutnya Anda buka aplikasi AnTuTu tersebut dengan pilih open. Maka Anda akan melihat notifikasi pada layar untuk persetujuan maka Anda klik Allow. Kemudian Anda klik install & Test. 

Ketiga, nah untuk mendapatkan hasil benchmarking maksimal maka Anda perlu satu aplikasi lagi dengan nama AnTuTu 3DBench.

Namun yang harus Anda tahu, aplikasi ini memiliki file yang besar sekitar 600 MB. Untuk itu, Anda harus mengunduhnya melalui Wifi yang kencang. Anda bisa klik Get From Market untuk mengunduh aplikasi tersebut. 

Keempat, lanjutkan saja dengan klik Install. Tunggu hingga proses tersebut berhasil. Setelah itu Anda buka aplikasi AnTuTu Benchmark dan klik install & Test. Lakukan persetujuan dengan klik allow kembali. 

Kelima, cek AnTuTu Android selanjutnya dengan proses benchmarking akan di mulai dan Anda selanjutnya menunggu hingga selesai. Nantinya akan muncul skor AnTuTu Benchmark yang menunjukkan berapa skor dari CPU, GPU, hingga Anda bisa melihat berapa persen defeated. 

Skor tersebut biasanya menjadi patokan untuk menilai smartphone termasuk spesifikasinya. Namun AnTuTu ini telah mengalami pembaharuan versi dan fitur. 

Baca Juga: Aplikasi MNC Trade New Solusi Tepat Bagi Investor, Berikut Kelebihannya!

Peningkatan AnTuTu Versi Terbaru

Informasi terbaru terkait AnTuTu, telah mengalami berbagai pembaruan atau peningkatan sehingga semakin handal. Peningkatan tersebut yakni: 

Penambahan Item Pengujian UX

Peningkatan tersebut pada pengujian item untuk UX. UX pada AnTuTu versi 6.0 adalah berupa game strategi, pengolahan gambar, pengolahan data, kinerja i/O dan masih banyak lagi. 

Dengan peningkatan tersebut maka aplikasi bisa terhindar dari skor tinggi tapi memiliki performa rendah. 

3D Tes Terbaru

Sedangkan untuk cek AnTuTu Android atau pengujian 3D akan dibagi menjadi dua bagian. Pertama menguji kinerja game dan kedua untuk off screen.

Nah tes 3D tersebut akan dibuat berdasarkan Unity3D game Engine versi 5.0. Umumnya dipakai sebagian game Android maupun iOS. 

Pihak AnTuTu sendiri berpendapat bahwa 3D tes terbaru nanti memberikan skor akurat atau sebenarnya dari Android saat teruji menggunakan AnTuTu ini. Penilaian tersebut betul-betul sesuai dan mendekati sempurna.

Pengujian CPU dan Nilai Skor Baru

AnTuTu memperkenalkan versi 6.0 dengan proporsi CPU +RAM : UX: dengan desain 3D menjadi 1:1:1 terbaru. Proporsi UX tersebut juga 3D nantinya meningkat. Sedangkan proporsi RAM dan CPU menurun. Skor yang dihasilkan kemungkinan besar namun tak sama. 

Cross Platform 

Dengan adanya AnTuTu versi terbaru maka membuatnya bisa untuk semua sistem operasi Android yang ada. Sehingga semua bisa menerapkan cek AnTuTu Android tersebut.

Sedangkan sistem Android tersebut adalah Android, iOS, Windows Mobile 10, Windows, Mac OS Platform yang XP dan beberapa sistem operasi lainnya. 

Pada AnTuTu Benchmark terbaru terlihat ponsel Huawei dengan kirin 980 SoC adalah menempati peringkat paling tinggi. Skor teratas tersebut terisi Huawei mate 20 dengan skor AnTuTu tertinggi sekitar 303.903. 

Setelah itu di ikuti Huawei Mate 20x yang rata-rata skornya 299.608. Honor Magic 2 ada pada peringkat ketiga dengan skor rata-rata 297.294.

Setelah dilakukan pengujian dari 3 teratas tersebut belum menggunakan mode kinerja. Sehingga skor AnTuTu tersebut terlihat lebih rendah daripada skor AnTuTu yang sebenarnya. 

Dari uji coba tersebut maka chipset kirin 980 mengungguli pesaing Snapdragon 845. Nah, itulah cara cek AnTuTu Android dengan mudah dan akurat. Hal tersebut bisa Anda jadikan referensi untuk menilai tinggi rendah spesifikasi dari HP Android. (R10/HR Online)

Editor: Jujang