Cek Garansi HP Realme Terbaru, Secara Online dan Offline

Cek Garansi HP Realme Terbaru, Secara Online dan Offline
Ilustrasi Cek Garansi HP Realme. Foto: Ist/Net

Cek garansi HP Realme sangat mudah dan cepat. Kemudian bisa mengeceknya baik secara online maupun offline. Ketika komponen HP Realme mengalami kerusakan, hal ini menjadi sangat penting. 

Baca juga: Cek Garansi HP Vivo Secara Cepat dan Mudah Dengan Berbagai Cara

Realme menjadi salah satu brand ponsel terbaik,  pendirinya adalah BKK Electronics. Tidak main-main, Realme selalu menghadirkan smartphone berkualitas. Apalagi fitur-fiturnya selalu update pada perkembangan zaman.

Akan tetapi, terkadang ponsel mengalami kerusakan karena berbagai faktor. Nah, kini saatnya Anda membutuhkan garansi resmi dari vendor. 

Cara Cek Garansi HP Realme dengan Mudah

Realme saat ini menjadi salah satu smartphone andalan bagi masyarakat. Pasalnya terdapat banyak fitur yang lengkap dan spesifikasi handal. Sehingga dapat menunjang berbagai macam aktivitas sehari-hari. 

Realme tidak pernah berhenti memanjakan para penggunanya. Sebab, akan terdapat masa garansi selama menggunakan ponsel tersebut. Hal tersebut dapat Anda peroleh apabila membeli ponsel melalui gerai resmi Realme. 

Realme semakin populer dan mendapatkan tempat dihati masyarakat. Sehingga kini gerai resminya telah beredar luas, bahkan di seluruh Indonesia. 

Pihak Realme akan memberikan pelayanan terbaik. Guna mempersembahkan pelayanan dan kepuasan para pengguna. Bahkan bila terjadi kerusakan pada produk, maka siap menggantinya. 

Cek garansi HP Realme untuk memperbaiki kerusakan, selama masa garansi masih ada. Pastikan membeli ponsel di gerai resmi dengan melihat phone boxnya. 

Garansi ini biasanya berlaku sejak hari pertama menerima ponsel tersebut. Service center Realme memiliki kiat khusus supaya ponsel Anda tidak mudah rusak. Karena ponsel telah mendapat bekal daya tahan yang lebih lama dan material kuat. 

Selain informasi mengenai Nomor IMEI, akan terdapat info lain berupa warna handphone dan waktu registrasinya.  Pada bagian waktu registrasi inilah Anda dapat melihat tanggal pertama kali ponsel aktif. 

Apabila sudah melewati masa berlaku selama 12 bulan maka masa garansi telah usai. Akan tetapi bila kurang dari 12 bulan maka masih aktif masa garansinya. 

Cek garansi HP Realme akan memudahkan Anda mengetahui kartu garansi masih aktif apa tidak. Meskipun demikian, Anda tidak bisa langsung mengklaimnya. Karena masih ada syarat dan ketentuan lain yang harus terpenuhi. 

Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor

Sebelum melakukan klaim perbaikan terhadap perangkat yang rusak dan menggunakan hak garansi. Akan lebih baik jika mempelajari tentang kebijakan yang telah ditetapkan oleh sebuah vendor. 

Untuk permasalahan karena pemakaian normal dapat mengajukan perbaikan tanpa biaya. Akan tetapi ketentuan tersebut hanya berlaku untuk beberapa jenis komponen saja.

Baca juga: Cek Garansi HP Oppo, Ini Dia Cara Mudah, Syarat dan Kebijakannya!

Garansi resmi adalah jaminan kualitas yang mendapat dukungan dari vendor. Kemudian para distributor akan mendistribusikan setiap devicenya. 

Unit perangkat yang mempunyai garansi resmi dapat klaim kerusakan pada ponsel. Namun dengan memenuhi segala syarat dan ketentuan yang berlaku. Klaim pada service center, kantor cabang, atau outlet layanan Realme. 

Sedangkan untuk garansi distributor yang menjamin kualitasnya dari pihak penjual saja. Alhasil untuk ponsel pada garansi distributor, IMEI tidak akan terdaftar di garansi resmi. 

Masa garansi perangkat terhitung sejak membeli HP tersebut. Apabila Anda merupakan pihak kedua atau membeli HP bekas, maka dapat meneliti tanggal pembeliannya terlebih dahulu. Bisa juga dengan cek garansi HP Realme secara mudah.

Pihak service center akan menekankan beberapa hal saat para pelanggan mengklaim garansi. Misalnya saja memberikan garansi komponen spare part pengganti. Lalu akan mengikuti sisa garansi HP sejak tanggal service tersebut. Komponen pengganti bukanlah barang bekas, melainkan baru. 

Namun terdapat ketentuan yang menyebabkan garansi hangus. Pada umumnya karena kesalahan dari pengguna.

Berapa Lama Masa Berlaku Garansi HP Realme

Hampir sama dengan merek ponsel lainnya, Realme akan memberikan masa garansi pada produknya. Untuk semua tipe ponsel biasanya akan mempunyai masa garansi selama satu tahun atau 12 bulan. Sedangkan untuk aksesoris lainnya seperti kabel USB, adaptor, dan earphone mempunyai garansi sampai 6 bulan  saja.   

Anda bisa melakukan perbaikan ponsel selama masih mempunyai masa garansi. Yakni di service center resmi Realme di kota mana saja. 

Masa garansi berfungsi  membantu  pengguna setia smartphone Realme apabila mengalami kerusakan. Kemudian untuk  servicenya tidak dikenai biaya alias gratis. Anda bisa cek garansi HP Realme dengan mudah.

Selama masa garansi masih berlaku, Anda akan mendapatkan layanan bebas biaya service hingga penggantian pada komponen. 

Ketentuan dan Syarat Klaim Garansi HP Realme

Perlu memperhatikan ketentuan dan syarat yang berlaku untuk mengajukan permohonan. Sebelum pada akhirnya Anda mengklaim masa garansi HP Realme. 

Pertama pastikan jika masa garansi masih berlaku. Kemudian terdapat kwitansi pembelian dan kartu garansi yang menjadi bukti terkait. 

Meskipun terdapat garansi, namun kerusakan pada ponsel biasanya tidak berlaku untuk beberapa hal. Misalnya saja kerusakan karena kelalaian seperti terbentur, terjatuh, kemasukan air, dan lain sebagainya. 

Cek garansi HP Realme dan klaim masa garansinya harus beserta bukti pembelian yang valid. Contohnya faktur asli dan stiker nomor IMEI yang terdapat pada kartu garansi tidak boleh sampai robek. Akan tetapi bila bukti pembelian dan kartu garansi tidak ada atau hilang, masih dapat mengklaim dengan catatan bisa membuktikan jika ponsel masih dalam masa garansi. 

Baca juga: Cek Coverage iPhone, Ketahui Masa Garansi HP Secara Lebih Praktis

Lalu kondisi HP tidak boleh di root. Selanjutnya, Realme tidak akan menerima kerusakan ponsel akibat perbaikan diluar service resminya. Apalagi jika sebelumnya telah dibongkar oleh pihak luar dari service center resmi Realme. 

Kemudian kerusakan akibat penggunaan aksesoris yang tidak resmi juga tidak berlaku untuk garansinya. Karena biasanya HP akan overheating atau mengalami masalah lain. 

Cara Cek Nomor IMEI HP Realme

Nomor IMEI akan sangat berpengaruh terhadap masa garansi sebuah ponsel. Termasuk untuk HP Realme yang Anda gunakan saat ini. 

Oleh sebab itu, jangan sembarangan memberikan informasi tentang kerahasiaan ponsel Anda. Karena bisa saja datanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. 

Lantas, bagaimanakah cara cek IMEI HP realme Anda? Anda wajib melakukan hal tersebut sebelum cek garansi HP Realme.

Pertama buka web browser pada HP Realme. Lalu untuk mengetahui nomor IMEI dapat mengunjungi  https://www.imei.kemenperin.go.id/. Kemudian nomor IMEI HP Realme Anda akan muncul dan selanjutnya berfungsi untuk mengecek masa garansinya. 

Langkah berikutnya masukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia. Klik icon kaca pembesar yang terdapat di bagian kanan kolom tersebut. Pada layar akan memberikan tampilan informasi mengenai nomor IMEI HP Realme yang Anda pakai. 

Cara Mengecek Garansi Realme dengan Dial Phone

Syarat mutlak mengetahui masa garansi HP Realme adalah harus tahu nomor IMEInya terlebih dahulu. Cek garansi HP Realme dengan membuka menu dial phone. 

Ketikkan kode angka *#06# sampai muncul informasi nomor IMEI. Selanjutnya buka menu Setting dan klik Tentang Ponsel dan Status. Anda bisa menentukan pilihan sub menu IMEI. 

Langkah berikutnya bukalah aplikasi web browser. Misalnya saja Opera Mini, Google Chrome, dan yang lainnya. Kunjungi website resmi cek garansi HP Realme dan masukkan nomor IMEI. Kemudian klik tombol Cek Sekarang.

Masa garansi akan tertera pada layar setelah melewati tahap validasi. Tutorial ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit saja. Cukup mudah bukan?

Cara Cek Garansi Realme Online

Untuk cek garansi HP Realme terdapat beberapa cara. Yakni dengan cara lewat online dan offline. Akan tetapi, keduanya memerlukan nomor IMEI dari HP Realme.

Dengan demikian, fungsi nomor IMEI sangatlah vital. Salah satunya sebagai penanda identifikasi smartphone Anda. Selain itu juga harus mengecek keaslian dari HP.  Hal tersebut perlu dilakukan karena pihak Realme hanya akan memperbaiki HP dengan garansi resmi saja. Selain itu, juga bisa berupa produk yang terjual dari pihak Realme atau distributor resmi. 

Jika sudah pasti HP Anda asli, maka dapat memperbaikinya via Realme Service Center. Namun sebelumnya tetap saja harus cek garansi HP Realme. Untuk mengetahui apakah garansi masih berlaku atau tidak. 

Anda bisa melakukannya secara online. Jadi tidak perlu mengecek secara langsung ke service center. Untuk mengetahui status garansinya, bukalan browser pada HP Realme. 

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan PC atau laptop. Kemudian kunjungi situs untuk cek status garansi resmi Realme. 

Pertama buka aplikasi browser yang tersedia di smartphone atau perangkat lain, contohnya laptop dan komputer. Buka situs cek garansi Realme online, pada situs resminya. Sehingga akan ada jaminan keakuratan untuk menentukan masa garansinya. 

Selanjutnya masukkan nomor IMEI HP Realme di kolom yang tersedia. Biasanya akan berjumlah 15 digit nomor IMEI. 

Pastikan Anda memasukkannya secara benar. Jika sampai terjadi kesalahan, maka proses pengecekan garansi dapat gagal.

Segera masukkan kode validasi yang tampak pada layar. Kemudian pilih Cek Sekarang untuk memulai pengecekan garansi Realme.

Langkah-langkah mengecek status selesai. Anda tinggal menunggu status garansi akan muncul di layar.

Cara Cek Garansi Realme Offline

Apabila tidak memiliki paket data, jaringan WiFi, atau koneksi internet, maka bisa cek garansi HP Realme dengan cara offline. Bagaimana caranya?

Cukup mudah saja, Anda tinggal meluangkan waktu untuk pergi ke Realme Service Center. Namun, apabila menggunakan langkah ini harus datang mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Selanjutnya menunggu giliran untuk dipanggil, karena biasanya akan ada antrian. 

Cek garansi HP Realme ke service center secara langsung harus membawa salinan bukti pembelian yang valid. Selain itu bawa juga faktur pembelian yang asli.

Sebaiknya lakukan backup data penting yang tersimpan di penyimpanan internal HP Realme. Misalnya saja seperti kontak, video, foto, dan data penting lainnya. 

Fungsi membackup data sebelum perbaikan adalah menjaganya supaya lebih aman. Jadi tidak akan ada pihak yang menyalahgunakannya. 

Pasalnya pihak service center tidak akan bertanggung jawab terhadap kehilangan data dari pemilik ponsel. Apalagi bila sampai data tersebar, maka service center Realme tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Tips Beli HP Online, Dapatkan Smartphone Terbaik Secara Aman

Agar Anda mendapatkan pelayanan terbaik dari service center Realme ketika mendapati HP rusak, maka simpanlah bukti pembeliannya. Baik itu kwitansi pembelian atau kartu garansi. Hal tersebut akan mempermudah perbaikan pada smartphone Realme. 

Hal lain yang wajib Anda perhatikan adalah menghindari kerusakan kecil hingga berat. Apalagi karena dampak dari aksesoris selain merek dari Realme. 

Selama penggunaan HP Realme sebaiknya hati-hati dan tidak ceroboh. Hindari benturan dan genangan air supaya HP tidak mudah rusak, karena kerusakan seperti itu tidak akan mendapatkan garansi. Sebaiknya cek garansi HP Realme dengan cermat. (R10/HR-Online)