Cek Garansi HP Samsung dengan Dua Cara Mudah dan Simpel

Cek Garansi Hp Samsung Dengan Dua Cara Mudah dan Simpel
Ilustrasi Cek Garansi Hp Samsung Foto: Ist/Net

Cek garansi HP Samsung sepertinya wajib untuk Anda ketahui. Garansi merupakan sebuah hal yang cukup penting ketika Anda melakukan pembelian sebuah barang elektronik. Pasalnya dengan cek garansi, Anda bisa dengan mudah untuk memperbaiki barang tersebut, sama halnya ketika Anda membeli sebuah HP Samsung.

Baca juga: Cek Garansi HP Oppo, Ini Dia Cara Mudah, Syarat dan Kebijakannya!

Samsung merupakan salah satu vendor smartphone ternama yang sudah terkenal asal Korea Selatan dan banyak sekali penggunanya. Meski begitu, Anda juga masih harus mengetahui mengenai informasi garansi yang mereka berikan.

Karena itu, kami juga akan memberitahu mengenai cara mengecek garansi yang HP Samsung berikan kepada para pembelinya. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah yang terjadi HP baru Anda. Daripada penasaran, ada baiknya segera simak berbagai ulasan lengkap berikut ini!

Cara Mudah Untuk Cek Garansi Hp Samsung

Garansi merupakan hal yang cukup penting ketika Anda melakukan transaksi pembelian elektronik. Hal ini tentu saja sering menjadi salah satu hal yang Anda tanyakan kepada toko elektronik. 

Hal ini biasanya dengan alasan untuk mendapatkan penanganan ketika HP atau barang elektronik baru mengalami kerusakan. Maka, Anda bisa menggunakan jangka waktu garansi yang telah tersedia.

Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami berbagai masalah yang terjadi karena HP yang tidak berfungsi dengan baik. Karena itu, tentunya melakukan cek garansi HP Samsung milik Anda tersebut sangat penting.

Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa menggunakan dua cara mudah. Bisa menggunakan cara online maupun menggunakan kode rahasia. Anda bisa memilih salah satu dari kedua cara yang paling sering di gunakan ini.

Cara Cek Garansi HP Samsung Secara Online

Untuk mengecek garansi pertama, Anda hanya membutuhkan browser yang ada pada laptop / komputer atau juga bisa menggunakan HP Samsung. Anda bisa mengikuti langkah yang kami sediakan di bawah ini, semoga dengan cara ini Anda bisa cek garansi HP Samsung dengan mudah.

Langkah pertama, Anda bisa memasukan nomor IMEI HP samsung terlebih dahulu. Untuk melakukannya Anda bisa menemukan aplikasi telepon lalu ketikan “ *#06#* “. Setelah itu, pastinya akan muncul nomor IMEI Anda. Agar tidak lupa Anda bisa screenshot atau catat.

Kemudian, Anda bisa membuka browser melalui laptop / komputer atau HP Anda. Setelah itu bisa memulai untuk ketik “ imei.info”. Nah, nantinya Anda bisa memasukan nomor IMEI HP Samsung yang tadi sudah Anda screenshot maupun catat.

Jangankan untuk klik “i’m not robot”, setelah itu Anda bisa klik “ check “. Setelah itu, Anda akan melihat info spesifikasi dari hp samsung yang Anda miliki. Disana Anda bisa scroll kebawah dan klik “ warranty via SN” .

Baca juga: Cek Garansi HP Vivo Secara Cepat dan Mudah Dengan Berbagai Cara

Sebelum Anda melanjutkan nya Anda bisa melakukan cek pada nomor SN HP samsung Anda. Untuk mengeceknya Anda bisa menggunakan cara yang sama dengan mengecek nomor IMEI. Setelah Anda sudah menemukan nomor SN, maka Anda bisa memasukan nomor tersebut pada “ check samsung phone details “

Setelah itu, pastinya ada beberapa informasi yang menampilkan beberapa info. Untuk melihat batasan garansi yang Anda miliki, bisa melihatnya di “ factory warranty till”. Dengan begitu Anda sudah bisa melakukan cek garansi HP Samsung dengan mudah.

Cek Garansi HP Samsung dengan Kode Rahasia

Cara kedua bisa yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kode rahasia. Untuk melakukan pengecekan menggunakan cara kedua ini cukup mudah. Anda tidak perlu menggunakan browser atau aplikasi tambahan lainya. Bisa menggunakan fitur telepon yang ada pada HP Samsung Anda saja.

Untuk melakukanya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah kami sediakan, berikut ini:

Langkah pertama, Anda bisa membuka aplikasi telepon yang tersedia pada HP Samsung. Lalu, Anda bisa ketik *#12580*369#. Hal ini bisa Anda gunakan untuk memanggil menu tersebut yang ada dalam HP tersebut.

Setelah itu, akan muncul menu rahasia HP. Anda bisa melihatnya di “ RF Cal”. RF Cal ini, merupakan keterangan saat Anda membeli HP Samsung. Biasanya berisi tanggal, bulan dan tahun. Sehingga Anda bisa memperkirakan sendiri sampai mana masa garansi habis.

Jika masih bingung berapa lama waktu garansi milik Anda? Biasanya waktu garansi cukup lama biasanya hingga 1-2 tahun. Jadi, jika Anda membeli HP dari tahun 2016 maka waktu garansi akan habis pada tahun 2017 atau 2018.

Nah, itulah cara yang biasanya berfungsi untuk cek garansi HP Samsung. Jika kartu garansi HP Anda hilang, maka bisa menggunakan cara ini, untuk mengetahui berapa banyak sisa waktu yang Anda miliki.

Namun, penting untuk Anda ketahui ketentuan miliki oleh garansi Samsung. Dengan mengetahui ketentuannya, maka Anda tidak akan kebingungan ketika pengajuan garansi tidak disetujui oleh pihaknya.

Ketentuan Garansi Samsung

Selain cara untuk cek garansi HP Samsung kami juga memberikan informasi mengenai ketentuan lain. Kerusakan HP biasanya terjadi dari beberapa faktor penyebab. Namun, tidak semua kerusakan bisa diterima dan diperbaiki dengan memakai garansi Samsung. Sebab ada beberapa ketentuan yang dimiliki oleh pihak garansi mengenai kerusakan pada smartphone tersebut.

Untuk mengetahui beberapa ketentuan yang bisa Anda dapatkan adalah dengan mengetahui beberapa ketentuan dengan baik. Dengan begitu, Anda tidak akan kebingungan ketika membedakan masalah mana yang boleh dan tidak oleh pihak penerima garansi.

Ketentuan

Simak baik-baik tentunya ketentuan di bawah ini, antara lain:

  1. Garansi yang disediakan Samsung Indonesia hanya berlaku pada smartphone yang dijual oleh PT Samsung Elektronik Indonesia yang sudah banyak dipasarkan di penjuru wilayah Tanah Air. Jadi, jika Anda memiliki HP Samsung yang dibeli dari negara lain, maka Anda tidak bisa meminta atau cek garansi HP Samsung di Indonesia.
  2. Jangka waktu garansi bisanya hanya 12 bulan atau 1 tahun saja. Jika garansi tersebut sudah habis, maka Anda tidak bisa menggunakannya dan harus mengeluarkan biaya sendiri untuk perbaikanya.
  3. Jika HP Samsung mengalami kerusakan selama waktu garansi, maka Anda tidak akan mengeluarkan biaya ketika perbaikan serta penggantian sparepart.
  4. Untuk mendapatkan layanan garansi, Anda hanya bisa mendapatkanya di seluruh service center resmi Samsung yang berada di seluruh Indonesia dengan membawa kartu garansi.

Namun, untuk jangka waktunya akan berbeda-beda di setiap vendornya. Samsung memang terbaik dalam melakukan perbaikan pada setiap konsumen. Dengan menggunakan ini, Anda bisa dengan mudah melakukan banyak hal menggunakan HP Samsung Anda.

Cara cek garansi HP Samsung juga cukup penting untuk Anda ketahui ketika sedang membutuhkannya. Jadi Anda bisa melakukan cara yang kami sediakan tersebut untuk mengetahui berapa lama jangka waktu yang Anda terima ketika pertama kali membeli HP tersebut.

Setelah Anda sudah mengetahui cara cek garansi dan ketentuan yang dibuat oleh Samsung. Selanjutnya kami akan membahas mengenai masalah yang mengakibatkan garansi tidak berlaku meski garansi tersebut merupakan garansi resmi.

Penyebab Garansi Resmi Tidak Berlaku

Ketika HP Samsung baru mengalami kerusakan, agar Anda tidak mendapatkan banyak kerugian, tentu akan lebih hemat jika memiliki atau memanfaatkan kartu garansi. Karena, tidak akan mengeluarkan biaya perbaikan. Dengan begitu, bisa menggunakan HP Anda dengan baik lagi.

Baca juga: Cek Garansi HP Realme Terbaru, Secara Online dan Offline

Sayangnya, ada beberapa hal yang menyebabkan garansi resmi Samsung tidak bisa berlaku. Meski tanggal terlambatnya sesuai dengan yang ada pada garansi HP Samsung tersebut. Anda perlu memperhatikan apakah bisa melakukan klaim garansi atau tidak. 

Ketentuan

Karena Samsung memberikan berbagai ketentuan mengenai kondisi HP yang tidak masuk garansi. Berikut ini adalah ketentuan cek garansi HP Samsung yang bisa Anda perhatikan.

  1. Garansi tidak akan berlaku jika kartu garansi tidak diisi dengan lengkap. Biasanya untuk melakukan klaim garansi, maka kartunya harus lengkap mulai dari nomor seri, model, dan IMEI. Jika kartunya tidak terisi dengan baik, Anda tidak akan menerima garansi resminya.
  2. Garansi juga tidak akan berlaku, jika kerusakannya karena human error, seperti terjatuh, terkena air, terkena tegangan listrik dan sebagainya. Intinya, garansi tidak berlaku jika kerusakan tersebut diakibatkan pola fisik pengguna sehari-hari. Garansi hanya berlaku jika HP tersebut mengalami kerusakan karena kesalahan pemuatan atau dari sistemnya saja.
  3. Jika HP Samsung Anda sudah pernah dibuka dan diutak-atik orang lain, maka garansinya juga tidak akan berlaku. Jadi, jika HP mengalami kerusakan, hindari untuk membongkarnya. Ada baiknya untuk mengembalikannya ke tempat Anda membelinya dan meminta garansi dari mereka.
  4. Semua spare part harus masih sama dan tidak boleh diganti. Jika suku cadangnya sudah berubah dan tergantikan dengan suku cadang yang baru, maka Anda tidak akan mendapatkan garansi.
  5. Hindari juga untuk melakukan modifikasi pada HP. Karena jika bagian dalam HP sudah di modifikasi, meski terlihat lebih cantik atau keren, jika mengalami kerusakan Anda tidak akan mendapatkan garansi.

Karena itu untuk, penting untuk memperhatikan hal seperti ini. Meski sepele, nyatanya hal tersebut bisa mempengaruhi garansi pada HP Anda. Intinya, ketika Anda membeli, langkah pertama Anda melakukan cek garansi HP Samsung tersebut.

Inti Pembahasan

Jika Anda sudah mengetahui balasan garansinya, maka Anda tidak akan kebingungan dengan masa yang berlaku pada HP tersebut. Lainnya, Anda juga harus memperhatikan penyebab kerusakan, jika kerusakannya di karena faktor eksternal maka Anda tidak akan mendapatkan garansi.

Namun, jika kerusakan terjadi karena faktor internal, maka Anda bisa mendapatkan garansi. Ketika HP mengalami kerusakan, ingat jangan sok tahu dan membongkarnya sendiri. Karena struktur yang masing-masing HP miliki berbeda-beda, kemungkinan Anda malah akan memperburuk kerusakannya.

Selain menambah kerusakan, HP Samsung yang sudah dibongkar juga tidak akan mendapatkan garansi. Sehingga Anda harus mengeluarkan biaya sendiri untuk memperbaikinya. Cek garansi HP Samsung sangat mudah, Anda juga bisa menggunakan berbagai cara yang sudah kami sediakan tadi.

Baca juga: Cek Garansi HP Xiaomi Apakah Masuk Jenis Resmi atau Distributor

Satu hal yang tentunya sangat penting dan perlu Anda ingat. Anda bisa membeli HP Samsung di mana saja, namun jika Anda ingin mendapatkan garansi maka Anda harus membelinya di PT Samsung Electronics Indonesia.

Sehingga Anda memiliki jenis HP resmi dan bukan berasal dari black market. Jadi itulah cara cek garansi HP Samsung yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Dengan menggunakan cara ini Anda tidak akan kebingungan meski kartu garansi sudah hilang. Selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu. (R10/HR-Online)