Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCek Garansi HP Vivo Secara Cepat dan Mudah Dengan Berbagai Cara

Cek Garansi HP Vivo Secara Cepat dan Mudah Dengan Berbagai Cara

Cek garansi HP Vivo perlu dilakukan. Jaminan garansi perangkat sangat penting ketika Anda mengalami kendala. Dengan garansi tersebut, Anda bisa melakukan klaim, baik untuk perbaikan atau penggantian HP dengan yang baru.

Baca juga: Cek Garansi HP Oppo, Ini Dia Cara Mudah, Syarat dan Kebijakannya!

Namun tidak sedikit dari pengguna yang masih bingung dengan apa nama garansi resmi Vivo serta cara mengaktifkan kartu garansi tersebut. Sehingga Anda membutuhkan cara tepat sebagai pengetahuan Anda.

Cara Cek Garansi HP Vivo yang Wajib Anda Ketahui

Tentunya masa aktif serta ketentuan garansi setiap ponsel berbeda. Melakukan klaim garansi dengan mengetahui apakah masa aktif garansi tersebut masih ada atau tidak. Vivo menanggung setiap masalah HP jika terjadi kerusakan karena kesalahan fungsional.

Namun untuk kerusakan yang disebabkan kesalahan pengguna, baik berupa terkena air, terbentur, atau terjatuh, maka tidak akan tercover garansi. Sebelum mencoba klaim garansi ke service center resmi, sebaiknya mengecek terlebih dahulu masa garansi tersebut.

Cek Secara Online

Anda perlu mengetahui sekaligus cek garansi HP Vivo dan usia garansi, baik saat membeli bekas berkualitas maupun ingin menjual ponsel Anda.

Harganya tidak akan terlalu murah karena memiliki bukti jika HP tersebut masih memiliki garansi. Apabila ada kerusakan software Vivo, maka Anda bisa klaim garansinya tanpa mengeluarkan biaya.

Langkahnya dengan cara melihat tanggal yang ada pada kartu garansi. Jika sudah tidak ada, maka Anda bisa mengeceknya dengan nomor IMEI dan cek situs database IMEI. Karena semua merek HP resmi yang dijual di Indonesia pasti telah terdaftar di sana.

Melihat Dari Dus Pembelian

Hal ini bisa Anda lakukan apabila kotak dan nota pembelian masih lengkap. Sehingga Anda tinggal mencocokkan nomor IMEI dengan yang ada pada kotak HP.

Anda bisa melihat tanggal pembelian dan masa garansinya. Namun apabila kotak pembelian dan surat hilang, maka Anda dapat melakukannya dengan cara lain selanjutnya.

Cek IMEI Secara Online

Ada sebagian mereka belum mengetahui cara menggunakan IMEI secara online. Sebenarnya bukan kode rahasia. Saat cek garansi HP Vivo, Anda hanya memasukkan no IMEI yang Anda miliki.

  1. Pertama, Anda ketahui nomor IMEI dengan mengetikkan *#06# pada dial pad atau aplikasi telepon. Anda catat nomor IMEI tersebut.
  2. Kedua, Anda masuk ke halaman https://www.imei.info/phonedatabase/570-phones-vivo/.
  3. Setelah muncul kolom cek, Anda masukkan nomor IMEI Anda, kemudian klik Check. Apabila ada verifikasi, Anda klik centang pada “saya bukan robot”.

Maka secara otomatis akan terlihat semua info perangkat Anda. Namun Anda perhatikan WARRANTY sebab jika tulisan itu ada, berarti perangkat Anda masih memiliki garansi atau masa aktif garansi.

Baca juga: Cek Coverage iPhone, Ketahui Masa Garansi HP Secara Lebih Praktis

Sedangkan jika tulisannya WARRANTY tidak muncul, berarti masa garansi HP Anda sudah habis. Langkah pengecekan Anda sudah selesai. Anda sudah bisa memiliki bukti bahwa Anda mempunyai garansi atau tidak.

Cek Dengan Situs Vivo

Sebenarnya cara cek garansi HP Vivo ini hampir sama seperti cara di atas, hanya saja melalui situs Vivo resmi.

  1. Anda bisa melakukan cara pertama dengan mengetikkan kode rahasia *#06# pada menu dial up.
  2. Anda lalu masuk ke menu Pengaturan. Kemudian cari Pengaturan Lain dan masuk. Lalu klik Tentang ponsel.
  3. Setelah mengetahui nomor IMEI Anda, maka selanjutnya adalah membuka situs https://www.vivo.com/id/support/IMEI pada browser smartphone. Anda juga bisa cek melalui laptop atau komputer dengan situs tersebut.
  4. Anda akan diminta memasukkan Nomor IMEI pada kolom otentifikasi IMEI yang muncul di layar HP. Masukkan nomor IMEI dengan memperhatikan nomor inputan Anda apakah sudah benar. Kemudian Anda klik Kirim.
  5. Setelah itu, Anda akan diminta mengisi captcha sesuai dengan yang ada di layar, kemudian Anda klik kirim apabila sudah.

Apabila IMEI dimasukkan dengan benar, maka akan muncul informasi mengenai model produk, masa garansi, hingga warna produk. Data tersebut akan muncul secara lengkap di sana dan lakukan cek garansi HP Vivo.

Datangi Service Center Resmi Vivo

Setelah Anda memastikan garansi HP Anda masih berlaku, maka Anda bisa datang ke service center resmi Vivo yang dekat dengan Anda. Hal ini untuk klaim garansi.

Pihak service center akan mengecek bagian kerusakan HP Anda untuk mengetahui apakah ada kerusakan tercover garansi maupun tidak.

Jika memang faktor kesalahan bukan dari pengguna, Vivo akan tercover garansi. Garansi penggantian unit baru akan diberikan kepada Anda, namun dengan ketentuan smartphone rusak dalam 15 hari dari tanggal pembelian.

Vivo juga memberikan garansi 6 bulan untuk penggantian earphone, charger, baterai, dan kabel USB. Hal ini jika terdapat kesalahan fungsional dari tanggal pembelian. Sehingga cek garansi HP Vivo sangat penting.

Anda tak perlu khawatir, sekarang ini service center Vivo telah tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga jika mengalami kerusakan, Anda tinggal membawanya ke gerai tersebut.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah saat klaim di service center resmi, Anda pastikan membawa buku pembelian valid. Selain itu, juga sticker nomor IMEI pada buku garansi tidak boleh robek. Namun jika nota pembelian hilang, tak jadi masalah.

Cek Menggunakan Aplikasi Vivo

Selanjutnya ada cara lain untuk mengecek garansi. Cara tersebut dengan menggunakan aplikasi Vivo.com. Aplikasi tersebut dapat Anda download secara gratis di Google Playstore. Caranya, pertama Anda download terlebih dahulu aplikasi Vivo.com tersebut. Install hingga selesai.

Kemudian cek garansi HP Vivo, Anda buka aplikasi untuk menjalankannya. Lalu Anda tap pada bagian bawah layanan karena menu ini ada di bawah.

Setelah itu, secara otomatis Anda bisa melihat kartu garansi elektronik Anda. Anda lihat tanggal kadaluarsa smartphone Anda tersebut. Langkah Anda telah selesai.

Cek Keaslian Vivo

Selain deretan cara cek garansi tersebut, ada yang perlu Anda ketahui dari keaslian Vivo. Ketentuan garansi merupakan ponsel Vivo asli alias bukan clone atau replika. Untuk cek keaslian dari Vivo yang Anda beli adalah dengan cara sebagai berikut

Melalui IMEI

Smartphone Anda asli atau tidak, Anda bisa memeriksanya melalui nomor IMEI dengan cek garansi HP Vivo atau cek keaslian di http://www.imei.info/. Anda bisa melihat keaslian HP Anda. Karena semua smartphone resmi akan tertera data ponselnya.

Bandingkan Harga HP

Umumnya HP yang palsu dijual dengan harga di bawah pasaran resmi. Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda bandingkan harga Vivo di beberapa toko ponsel. Anda bisa langsung ke gerai distributor resmi Vivo saja untuk mendapatkan jaminan garansi.

Lihat Fisik HP

Nah selanjutnya Anda cek atau periksa HP tersebut, asli atau tidak akan tampak berbeda pada casing ponsel. Misalkan Vivo bagian belakang memiliki bodi dari glass, sedangkan HP palsu hanya menggunakan bahan imitasi plastik.

Baca juga: Aplikasi Tukar Tambah HP Aman dan Terpercaya, Simak Rekomendasinya

Begitu juga dengan warnanya, kalau palsu pasti warnanya kusam daripada aslinya. Umumnya HP asli memiliki berat ponsel yang berbobot, kalau palsu lebih ringan.

Lihat Spesifikasi Vivo

Selain mengetahui cek garansi HP Vivo, Anda juga bisa mencari tahu spesifikasi ponsel. Periksa juga versi software ponsel melalui pengaturan, kemudian pengaturan lain lalu tentang ponsel.

Cara Cek Garansi Smartphone Lain

Dalam setiap pembelian produk, garansi memang yang paling utama. Karena masa garansi tersebut membuat konsumen menjadi lebih tenang.

Namun bagaimana jika Anda memiliki HP selain Vivo? Tentu Anda bingung cara mengeceknya bukan? Namun Anda tak perlu pusing. Tidak hanya Vivo saja yang memiliki jalan untuk mengecek garansi. Simak cara cek sesuai dengan merek HP Anda.

Cek Garansi Realme

Bagi Anda yang memiliki HP Realme dan ingin mengetahui masa garansi, sebaiknya Anda mengunjungi situs resmi dari Realme, https://www.realme.com/id/support/phonecheck.

Anda cukup memasukkan nomor IMEI ponsel pada kolom yang tersedia. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengetikkan kode USSD *#06# pada ponsel Anda. Selain itu, juga memeriksa nomor IMEI di bawah kotak kemasan produk melalui pengaturan ponsel.

Seperti halnya cek garansi HP Vivo, Anda buka pengaturan kemudian pilih tentang ponsel dan klik status. Lanjutkan pilih opsi IMEI. Selesai. Anda bisa mengetahui garansi ponsel Anda.

Garansi OPPO

Namun jika Anda memiliki HP merek Oppo, maka Anda bisa ke halaman situs Oppo atau https://support.oppo.com/en/warranty-check/.

Pada Halaman Utama, Anda akan diminta memasukkan nomor IMEI ponsel kemudian akan ada verification code pada kolom yang sudah tersedia.

Cek nomor IMEI dengan cara menekan kode *#06# pada ponsel Anda, kemudian dial. Anda juga bisa melihat pada bawah kotak kemasan produk atau mengunjungi menu settings. Kemudian pilih About Phone dan klik status. Anda selanjutnya pilih opsi IMEI. Selesai.

Periksa Garansi Samsung

Samsung secara pribadi memang tidak menyediakan situs resmi. Sehingga hal tersebut tidak memungkinkan pengguna untuk melihat masa garansi. Hal ini tidak sama dengan cek garansi HP Vivo.

Namun, Anda bisa mengunjungi situs web pihak ketiga dengan mengetik kata kunci Imei Samsung di pencarian google. Melalui situs web tersebut, Anda dapat melihat secara langsung masa garansi hanya dengan memasukkan IMEI.

Garansi Asus

Sedangkan untuk pengguna Asus, mulai dari PC, laptop, atau smartphone, Anda bisa mengecek garansi dengan mengunjungi situs https://www.asus.com/id/support/.

Tak berbeda dengan cek garansi HP Vivo, pengguna cukup memasukkan nomor seri unit atau serial number pada kolom yang sudah tersedia.

Kemudian Anda bisa klik Kirim. Bagi Anda yang masih bingung untuk mendapatkan nomor seri, maka Anda bisa mengeceknya di bawah kotak kemasan produk.

Berada di bawah barcode baik di sebelah kode SN. Hal ini untuk Padfone, Zenfone, atau Fonepad. Apabila Anda belum menemukannya, Anda bisa melihat video petunjuk serial number berikut .

Garansi Xiaomi

Terutama Anda pengguna Redmi, Xiaomi, Black Shark, dan Poco, Anda bisa mengetahui garansi ponsel cukup melihatnya di https://mobile.mi.co.id/id/service/garansi/. Pengguna nantinya diminta untuk memasukkan nomor IMEI pada kolom yang sudah disediakan.

Seperti cek garansi HP Vivo, di sini Anda juga bisa memasukkan nomor IMEI dengan mengetikkan kode USSD *#06# ponsel. Anda juga bisa melihatnya di kemasan produk ponsel Anda.

Nah, dari beberapa cara terlengkap di atas, maka Anda bisa mengatasi kendala terkait cara cek garansi pada ponsel Anda. Mungkin sebagian Anda bertanya mengapa harus menggunakan IMEI?

Baca juga: Kamera Depan HP Blur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pasalnya, IMEI berguna untuk mengidentifikasi kevalidan smartphone. Selain itu, untuk mengetahui kapan ponsel tersebut pertama kali mulai diaktifkan.

Vivo biasanya memberikan garansi selama 1 tahun saja. Hal ini untuk penggantian spare part serta perbaikan jika terjadi kesalahan fungsional. Selain itu, Anda juga harus mengetahui ketentuan garansi dari ponsel Anda.

Cek garansi HP Vivo akan ditolak jika HP tersebut dalam kondisi root atau menggunakan custom ROM. Oleh karena itu, Anda juga harus cermat. Anda gunakan salah satu cara untuk mengatasi kendala Anda terkait garansi tersebut. Selamat mencoba. (R10/HR-Online)

- Advertisment -