Cek Garansi HP Xiaomi Apakah Masuk Jenis Resmi atau Distributor

Cek Garansi HP Xiaomi Apakah Masuk Jenis Resmi atau Distributor
Ilustrasi Cek Garansi HP Xiaomi. Foto: Ist/Net

Cek garansi HP Xiaomi bisa dilakukan dengan dua cara di Indonesia. Garansi yang dipasarkan yaitu distributor dan resmi. Lantas bagaimana cara mengeceknya?

Baca juga: Cek Garansi HP Realme Terbaru, Secara Online dan Offline

Agar Anda tahu jenis garansi yang ada gunakan beberapa langkah tepat. Sebenarnya caranya mudah sebab, ada situs resmi yang tersedia via online.

Dengan hal ini Anda akan lebih mudah dalam melakukan pengecekan garansi. Xiaomi menjadi salah satu perusahaan smartphone yang memiliki banyak produk menarik.

Perusahaan yang satu ini mampu memberikan berbagai keunggulan dari setiap perangkat yang ada. Bahkan hal ini juga diperoleh dari banyaknya perangkat yang berhasil laku dipasaran.

Untuk meyakinkan kualitas ponsel, perusahaan pun ikut memberikan kemudahan. Dengan adanya cek garansi pada perangkat HP Xiaomi tentu memberikan angin segar pada pembeli.

Sehingga garansi bisa digunakan sesuai ketentuan yang ditetapkan. Seperti perusahaan Xiaomi di Indonesia yang memberikan dua garansi khusus untuk pelanggan.

Garansi resmi dan distributor menjadi pilihan Anda ketika membeli perangkat tersebut. Cara pengecekan jenis garansi itu sendiri juga mudah.

Bahkan Anda bisa melakukannya via online. Antara keduanya ada perbedaan yang cukup terlihat. Dimana perbedaan yang terlihat muncul pada cara klaim garansinya.

Untuk itu, penting adanya Anda cek terhadap garansi HP Xiaomi sekarang juga. Cara ini juga cukup aman bagi Anda yang membeli Xiaomi bekas.

Sehingga tidak tahu apakah ponsel tersebut merupakan Xiaomi garansi resmi atau justru distributor.

Cara Cek Garansi Hp Xiaomi dengan Via Online

Bagi Anda pecinta produk Xiaomi harus tahu bagaimana mengecek garansinya. Sehingga bisa tahu secara jelas,. Sebab di Indonesia sendiri garansi hp Xiaomi terdiri dari dua jenis yaitu resmi dan distributor.

Untuk jenis yang pertama yaitu garansi resmi dimana biasa didistribusikan oleh TAM. Sedangkan untuk jenis yang kedua yaitu garansi distributor atau non-resmi.

Baca juga: Cek Garansi HP Vivo Secara Cepat dan Mudah Dengan Berbagai Cara

Pada jenis garansi yang satu ini pada umumnya distribusi oleh B-Cell atau BLESS. Pada umumnya ponsel dengan garansi distributor ini merupakan produk dari luar negeri.

Jika tidak justru ponsel refurbish yang bisa dibilang yaitu perangkat bekas. Namun, perangkat bekas tersebut sudah dilakukan perbaikan.

Sebaiknya Anda jangan sampai memilih perangkat dengan garansi non-resmi. Sebab resiko yang terjadi akan cukup besar. Bahkan ponsel refurbish justru akan mudah rusak.

Hal ini juga bisa karena spare-part ada yang tidak original. Meski memiliki harga jual lebih murah. Namun, mengingat risikonya yang cukup besar tentu perlu Anda hindari.

Sehingga Anda akan mendapatkan ponsel berkualitas. Agar tidak salah beli hp Xiaomi bekas bisa cek garansinya. Berikut ini ada beberapa cara cek garansi HP Xiaomi yang bisa dilakukan via online.

Langkah tersebut antara lain:

Cek IMEI Xiaomi

Cara cek garansi HP Xiaomi memang butuh Anda lakukan baik saat membeli baru atau bekas. Masalah garansi memang cukup penting untuk Anda lakukan.

Anda bisa cek apakah garansi resmi atau non-resmi. Cara cek garansi saat ini pun bisa Anda lakukan dengan cara online.

Hal ini sengaja diberikan oleh perusahaan Xiaomi agar konsumen lebih dimudahkan. Cara pertama ini memang mudah untuk dilakukan. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Pada langkah pertama ketahui nomor IMEI smartphone Anda sendiri. Anda bisa gunakan kode rahasia Xiaomi dengan klik *#06#.

Secara otomatis nomor IMEI muncul. Jika tidak masih ada cara lain yaitu dengan masuk pada menu pengaturan. Masuk menu setting dan pilih menu About Phone atau tentang ponsel.

Selanjutnya bisa pilih menu status dan IMEI information. Sehingga akan muncul dua IMEI yaitu slot SIM 1 dan 2. 

Cek Negara Pembelian

Setelah Anda tahu nomor IMEI ponsel bisa segera masukkan kodenya. Jika langkah yang Anda lakukan tepat akan muncul menu selanjutnya.

Dalam informasi tersebut akan muncul waktu produksi, aktivasi produk. Jika pembelian Xiaomi memberikan informasi negara Indonesia maka sudah terjamin resmi.

Namun, jika muncul tulisan negara lain seperti Malaysia atau Cina maka bisa ambil kesimpulan jika garansi distributor.

Selain menampilkan apakah ponsel bergaransi resmi dan non resmi banyak informasi lainnya. Misalnya tentang waktu aktivasi. Jika sudah lebih dari 1 tahun dalam pemasaran resminya maka garansi sudah habis.

Cek Bagian Dusbook

Saat Anda membeli produk Xiaomi bisa cek garansi HP Xiaomi melalui dusbooknya. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah memiliki garansi resmi atau non resmi.

Cara paling mudah yaitu melihat tulisan yang ada pada dusbook. Jika garansi HP Xiaomi resmi maka akan terlihat tulisan logo TAM pada dusbook.

Baca juga: Cek Garansi HP Oppo, Ini Dia Cara Mudah, Syarat dan Kebijakannya!

TAM adalah distributor resmi Xiaomi yang berada di Indonesia. Namun, ada juga kejadian dusbook yang palsu ketika membeli Xiaomi bekas.

Untuk itu, Anda harus bisa lebih teliti dan berhati-hati ketika membelinya. Untuk bisa memastikannya bisa cek nomor IMEI smartphone itu sendiri.

Jika nomor yang tertulis di dusbook sama maka berarti asli. Selain garansi TAM di Indonesia sendiri tersedia garansi Platinum dan Bless.

Namun, sayangnya keduanya bukanlah distributor resmi. Sehingga proses perbaikan akan membutuhkan waktu lama dengan menghubungi keduanya.

Cek Garansi Online

Ada cara cek garansi HP Xiaomi yang lain yaitu via online. Saat ini kemajuan dunia teknologi mampu merubah banyak hal. Hal ini juga berlaku pada pengecekan garansi HP.

Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan berkunjung pada situs resmi Xiaomi. Anda bisa kunjungi alamat registrasi Xiaomi.

Anda bisa buka dan ikuti langkah selanjutnya. Jika produk yang Anda miliki resmi maka informasi negara pembelian akan muncul.

Tulisan Indonesia akan muncul. Bahkan tidak hanya itu saja. Informasi waktu produksi dan aktivasi pun ada. Hal ini bisa memberitahu Anda apakah garansi masih berlaku atau tidak.

Pada umumnya garansi yang ada pada perusahaan Xiaomi yaitu 1 tahun yang pada ponsel resmi. Ketika waktu garansi masih maka Anda tinggal klaim garansi ke Service Center Xiaomi.

Biasanya banyak tersebar di seluruh Indonesia. Pada garansi yang berlaku hanya akan Anda dapatkan ketika hp rusak.

Anda bisa gunakan garansi ketika human error dan masih bisa ada perbaikan. Anda juga masih bisa melakukan perbaikan meski harus membayar biaya pembelian spare part dan biaya perbaikan.

Cek dari Chargernya

Ada banyak cara cek garansi hp Xiaomi dan salah satunya dari chargernya. Cara ini bisa saja Anda lakukan untuk tahu apakah ponsel bergaransi resmi atau distributor.

Pada umumnya untuk garansi resmi chargernya akan berbentuk standar dua kaki yang bisa langsung masuk pada colokan. Sehingga tidak membutuhkan adaptor untuk melakukan pengecasan.

Ada kasus adanya charger yang datang dari distributor bukan standar Indonesia. Charger memiliki bentuk pipih dengan tiga kaki.

Cara ini bisa Anda lakukan untuk pengecekan garansi resmi atau distributor pada HP Xiaomi.

Xiaomi Garansi Resmi

Dengan melakukan pengecekan tentu Anda bisa mengambil kesimpulan. Sehingga ponsel yang Anda miliki memiliki garansi resmi atau tidak.

Jika perangkat tersebut bergaransi resmi maka akan muncul tulisan TAM pada boks. TAM atau PT Teletama Artha Mandiri menjadi salah satu distributor resmi Xiaomi di Indonesia.

Salah satu perangkat Xiaomi yang memiliki garansi resmi yaitu peluncuran Redmi Note 7 di Indonesia. Dimana jika pembelian produk ini akan memperoleh garansi selama 18 bulan.

Untuk 12 bulan pada industri smartphone standar menjadi 18 bulan. Hal ini terjadi karena perusahaan sendiri sudah merasa percaya diri dengan perangkat tersebut.

Tidak hanya itu saja, jika perangkat Xiaomi Anda memiliki garansi resmi maka juga akan mendapatkan service di Mi Service Center. Tempat tersebut sudah tersebar luas hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Sehingga ketika Anda memiliki perangkat bermasalah dalam jangka waktu 12-18 bulan jangan panik. Bisa segera kunjungi perusahaan atau Mi Service Center terdekat.

Tentang Perusahaan Xiaomi

Xiaomi adalah salah satu perusahaan smartphone ternama di berbagai negara termasuk Indonesia. Pada tahun 2018 kemarin perusahaan smartphone yang satu ini menjadi paling cerdas no. 4 di dunia.

Sebab, mampu merancang, mengembangkan hingga menjual perangkat cerdas terbaik. Pendiri perusahaan Xiaomi itu sendiri yaitu Lei Jun.

Lei Jun sebagai seorang yang paling kaya no.23 di Tiongkok. Xiaomi berdiri pada tahun 2010 oleh Lei Jun pengusaha multi bisnis di Tiongkok.

Perusahaan smartphone yang satu ini juga percaya dengan hasil yang ada. Bahkan mampu menciptakan perangkat keras, lunak, dan layanan internet super canggih.

Melalui perangkat Mi dan Redmi perusahaan mampu memberikan kepuasan pada konsumen smartphone.

Adapun banyak keunggulan dari perangkat Xiaomi yang memberikan garansi untuk konsumen. Bahkan untuk cara cek garansi HP Xiaomi pun bisa Anda lakukan via online

Keunggulan Smartphone Xiaomi

Tidak sedikit masyarakat luas yang memilih produk smartphone Xiaomi untuk menjadi perangkat baru. Hal ini memang tidak perlu diragukan lagi.

Banyak keunggulan yang dimiliki perangkat Xiaomi. Bagi Anda pecinta Xiaomi tentu tidak asing lagi dengan hal ini. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan yaitu:

  1. Hp Xiaomi memiliki harga terjangkau. Dimana memiliki harga murah jika dibandingkan dengan ponsel berspesifikasi sama.
  2. Dukungan komunitas Xiaomi yang cukup kuat yaitu Mi Fans. Hal ini menjadi salah satu strategi marketing yang dilakukan untuk bisa menarik minat konsumen. Sehingga komunitas sendiri akan lebih dimanjakan dibanding pemasaran produk. Sehingga komunitas Mi fans tersebut juga ikut serta dalam peluncuran produk terbaru.
  3. Memiliki MIUI yang bisa dibilang sebagai OS berbasis Android.
  4. Xiaomi dimiliki oleh perusahaan inovatif sehingga setiap saat produknya semakin bagus. Semua disesuaikan dengan perkembangan dunia teknologi. Dari hal ini perangkat Xiaomi memiliki value yang tinggi dan cukup terkenal di berbagai negara di dunia.

Banyaknya Garansi Distributor Xiaomi

Selain hadir dengan berbagai kelebihan Xiaomi juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan cukup menonjol yaitu terlalu banyak distributor.

Kepopuleran Xiaomi membuat banyak jalur tidak resmi yang masuk atau garansi distributor. Sehingga tipe smartphone Xiaomi tersebut sudah dipastikan tidak memiliki garansi resmi dari Indonesia.

Baca juga: Cek Coverage iPhone, Ketahui Masa Garansi HP Secara Lebih Praktis

Melainkan hanya tersedia garansi distributor lain. Sehingga jika muncul kerusakan pada smartphone justru akan sulit untuk diperbaiki dari gerai secara resmi.

Untuk itu, ketika Anda membeli smartphone Xiaomi bisa segera cek garansinya. Ada banyak cara cek garansi hp Xiaomi yang bisa Anda lakukan bahkan via online sekalipun. (R10/HR-Online)