Contoh Pidato Singkat Tema Perpisahan, Narkoba dan Lingkungan

Contoh pidato singkat
Ilustrasi Contoh pidato singkat. Foto: Ist/net

Pidato merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang dengan berbicara di depan umum. Baik dalam bentuk orasi massa, presentasi atau ceramah keagamaan. Tujuan dari pidato ini adalah menyampaikan opini tentang hal yang sedang dibahas. Maka inilah contoh pidato singkat tema perpisahan, narkoba, lingkungan yang dapat menjadi gagasan serta layak menjadi referensi seperti dikutip dari laman liga-indonesia.id.

Ciri-ciri Pidato yang Wajib Diketahui

Baca juga: Seleksi Ketat Pemilihan Kadus di Ciamis, Para Calon Dites Pidato

Adapun ciri-ciri pidato di antaranya:

1. Memiliki tujuan.

2. Isi materi dapat dipahami oleh audiens.

3. Materi berasal dari sumber objektif dan terpercaya.

4. Mampu menyimpulkan materi di akhir sesi pidato.

Tujuh Contoh Pidato Singkat Prakata Perpisahan

1. Contoh Pidato Singkat Perpisahan Kelas SD

Selamat pagi semuanya!

Salam hormat kepada Kepala Sekolah, guru  dan wali murid SDN 1 Bekasi. Pada hari ini kita semua berkumpul dalam acara perpisahan yang sudah dinanti. Saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf kepada guru-guru yang senantiasa mengajar kami setiap hari. Kami doakan semoga Bapak/Ibu Guru mendapatkan kebahagiaan dunia dan di akhirat, amin. Terima kasih.

2. Perpisahan Kelas SMP

Selamat pagi dan salam bahagia bagi kita semua!

Telah tiba saatnya kami murid-murid kecilmu untuk pamit belajar dan maaf karena selalu berbuat onar di dalam kelas. Tidak ada yang bisa kami berikan kecuali harapan dan doa terbaik bagimu, guru-guru kami di SMP Negeri Bontang. Semoga Allah SWT selalu menyertai langkah hingga ke jannah-Nya, Amin. Demikian prakata perpisahan ini saya sampaikan, terima kasih.

3. Perpisahan Kelas XII SMA Negeri 5 Jakarta

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh!

Saya ucapkan salam silaturahmi kepada hadirin semua dalam acara perpisahan SMA Negeri 5 Jakarta. Terima kasih atas kesabaran guru-guru kami untuk mengajar dengan sepenuh hati. Sungguh sesalnya kini saat tiba waktu berpisah, sebab dulu terlalu onar ketika bersama di dalam kelas.

Terima kasih atas maaf dan doa yang selalu tercurahkan bagi murid-muridmu. Semoga Allah SWT membalas lebih banyak kebaikan di dunia hingga akhirat, amin. Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh!

4. Perpisahan Kepala Sekolah SMP IT Darussalam

Selamat pagi hadirin sekalian!

Saya atas nama kepala Sekolah SMP IT Darussalam mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak/ibu guru dan murid-murid tercinta. Hari ini menjadi momen bahagia tepatnya dalam acara perpisahan saya sebagai kepala sekolah.

Mohon maaf karena masih banyak kesalahan dan kekurangan selama ini sehingga kondisi tersebut tidak berkenan di hati semuanya. Saya ucapkan terima kasih karena diberikan kesempatan untuk menjadi pimpinan di sekolah ini. Saya doakan kebaikan dari hadirin sekalian akan berbuah pahala besar di hari nanti. Sampai bertemu lagi SMP IT Darussalam!

5. Perpisahan Guru SMP Negeri 5 Sumenep

Selamat pagi guru-guru dan teman seperjuangan yang saya banggakan!

Hari ini menjadi saat yang haru untuk saya lewati secara pribadi karena sebuah tugas bernama mutasi. Posisi yang saya emban sampai detik ini masih dipertahankan sehingga menuntut untuk mengikuti peraturan penyelenggara. Akan tetapi di sisi lain merasa keberatan untuk mengatakan kata-kata perpisahan.

Saya ucapkan terima kasih karena telah menjadi kawan baik hingga saat ini. Demikian pidato singkat ini, agar tidak terlalu banyak air mata yang mengalir hari ini. Semoga rekan-rekan semua selalu bahagia.

6. Perpisahan Siswi Kelas VIII SMP 1 Kebumen

Selamat pagi kawan-kawanku yang berbahagia!

Saya ucapkan terima kasih karena diberi kesempatan untuk berbicara di hadapan kalian semuanya. Hari ini menjadi hari terakhir berada di dalam kelas dan sekolah ini. Ya, hari esok adalah hari baru bagi di sekolah yang lain karena ikut tugas bersama orang tua.

Secara pribadi saya sampaikan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan yang membuat hati tidak nyaman. Kemudian terima kasih karena telah menjadi teman yang baik dan menyenangkan hingga saat ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan dan waktu yang berbeda.

7. Perpisahan Karyawan

Selamat siang kawan-kawan seperjuangan!

Hari ini waktu bekerja kalian akan terpotong karena mendengarkan prakata bahwa hari ini saya pamit dari perusahaan. Kesehatan dan pindahan rumah jadi alasan untuk berhenti agar memperoleh waktu istirahat yang lebih intens.

Saya ucapkan terima kasih kepada semuanya, terutama yang bersedia membantu mengemas semua peralatan. Semoga kita bertemu di tempat lain dengan keadaan yang berbahagia. Terima kasih!

Tujuh Contoh Pidato Singkat Perihal Narkoba yang Merugikan Kehidupan

1. Lindungi keluarga dari Narkoba

Selamat pagi hadirin semua yang berbahagia!

Saya ucapkan selamat datang dan salam silaturahmi kepada hadirin sekalian dalam acara yang penting ini. Saya mengajak kepada seluruh orang tua untuk menjaga dan mengawasi putra-putri Anda setiap hari. Pastikan untuk sempatkan waktu bersama mereka agar mereka tidak memilih perlindungan yang fatal bernama narkoba.

Berikan edukasi, perlindungan terbaik dan jangan biarkan mereka sendiri dengan duka citanya. Semoga kita semua menjadi orang tua terbaik bagi anak-anak tercinta. Terima kasih.

2. Gerakan Hidup Tanpa Narkoba

Salam sehat untuk kita semua!

Hari ini menjadi peringatan yang penting bagi  para orang tua dan masyarakat yang peduli dengan lingkungan. Mari kita bersama menyerukan hidup tanpa narkoba untuk mencapai kebahagiaan yang sebenarnya. Tidak ada kebahagiaan karena narkoba justru kematianlah yang bersuka cita setelahnya.

Tak apa jika saat ini belum jadi apa-apa dan teruslah berusaha untuk menjadi yang terbaik. Jauhi narkoba dan dapatkan beragam keberhasilan dari apa yang kita usahakan saat ini. Demikian pidato ini saya sampaikan dan salam hari anti narkoba!

3. Mengetahui Bahaya Narkoba

Hadirin sekalian yang saya hormati, tahukah apa itu narkoba?

Narkoba menjadi jenis obat golongan psikotropika yang kini telah disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga fungsi utamanya sebagai anestesi tidak lagi dihiraukan, malah semakin banyak jenis narkoba yang ada di seluruh dunia.

Bahaya narkoba memang menjadi penghancur bagi kehidupan. Jangan biarkan keluarga, pasangan dan lingkungan sosial menjadi korban. Miliki waktu lebih dekat bersama keluarga tercinta. Mari berjuang bersama untuk lawan narkoba! Terima kasih.

4. Sayangi Keluarga dari Narkoba

Hadirin yang saya hormati, telah banyak remaja menggunakan narkoba sebagai jalan pintas kebahagiaan semu. Mengapa demikian? Karena sesungguhnya tidak ada kepuasan di dunia ini.

Kepada ibu dan ayah yang sibuk bekerja, saya berpesan untuk selalu menjaga buah hati dari risiko bahaya narkoba. Jangan biarkan mereka menggunakan barang haram tersebut supaya bebas dari kerugian. Sekian dari saya dan terima kasih!

5. Hikmah Napi Narkoba

Baca juga: Peringati HAKI, Kejari Banjar Gelar Lomba Pidato Antar SLTA

Selamat pagi kawan-kawan yang sedang berjuang!

Menjadi Napi bukanlah keinginan bagi setiap orang apalagi karena narkoba. Namun itulah aturan yang harus Anda ikuti sebagai warga negara yang baik. Narkoba telah membuat Anda sampai ke tempat ini namun jangan pernah untuk berkecil hati.

Sebentar lagi udara kebebasan menanti dan pastikan untuk tidak pernah kembali ke tempat ini. Miliki kehidupan baru setelah menjadi narapidana. Selamat berbahagia karena besok adalah hari yang bebas. Terima kasih!

6. Kondisi Pengguna Narkoba Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb

Mari Kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas kesempatannya bisa berkumpul dalam acara yang berbahagia ini.

Hadiri sekalian, menanggapi kondisi terkini tentang pengguna narkoba di Indonesia yang semakin merajalela. Mereka berasal dari golongan pelajar yang seharusnya menjadi penerus bangsa Indonesia. Peran aktif orang tua dan pemerintah akan membantu mereka dan menjauhi narkoba.

Bahaya narkoba berdampak pada psikis dan tubuh penggunanya. Maka pastikan untuk mengetahui ciri-ciri pecandu narkoba sebagai antisipasi. Demikian pidato ini saya sampaikan, mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih.

7. Darimana Dapat Narkoba?

Selamat pagi hadirin yang budiman!

Saya ucapkan terima kasih kepada hadirin yang memenuhi undangan pada hari ini. Perkembangan teknologi dan informasi mempermudah setiap orang mendapatkan sesuatu salah satunya mendapatkan narkoba. Sehingga pergerakannya masih sulit dideteksi oleh pihak yang berwajib.

Dengan demikian, Anda sebagai orang tua berkewajiban mengawasi buah hati tercinta. Supaya terjaga cita-citanya hingga di masa depan. Sekian pidato dari saya, terima kasih!

Tujuh Pidato Singkat Pentingnya Menjaga Lingkungan

Baca juga: Membanggakan, Santri Asal Pangandaran Juara Pidato Bahasa Arab Tingkat Nasional  

1. Jaga Lingkungan!

Selamat pagi hadirin yang berbahagia!

Pertama-tama marilah mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, berkat kuasa-Nya kita bisa bertemu dalam perayaan hari lingkungan sedunia, khususnya RT 12 Jakarta Barat. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kesadaran menjaga lingkungan sekitar. Saya sebagai ketua RT terus mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan.

Lingkungan yang bersih akan mempersempit kesempatan hidup beragam penyakit. Laporan terkini menyebutkan bahwa 6 bulan lalu, warga yang sakit mengalami penurunan signifikan. Saya berharap kepada warga RT 12 untuk tetap menjaga lingkungan. Terima kasih atas kesempatannya semoga memberi manfaat bagi kita semua, amin.

2. Jadwal Kebersihan

Selamat pagi siswa siswiku yang dilindungi Tuhan!

Perkenankan Ibu menyampaikan pemberitahuan tentang jadwal terbaru piket kebersihan di halaman sekolah. Ibu berharap perubahan jadwal ini bisa meningkatkan semangat menjaga lingkungan sekitar.Hari senin akan diisi kelas VII A hingga VII C, kemudian hari selasa kelas VII D sampai VII F. Selanjutnya  hari rabu diisi kelas VIII F dan kamis hingga sabtu tidak ada perubahan jadwal.

Semoga rasa disiplin yang tinggi untuk menjaga kebersihan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kalian semua. Sekian pidato dari Ibu, terima kasih!

3. Mari Jaga Hutan

Hadirin yang selalu diberikan keberkahan oleh Tuhan yang maha Esa!

Saya sampaikan rasa terima kasih dan bangga untuk seluruh lapisan masyarakat. Berkat kegigihannya menjaga kelestarian hutan yang masih dipertahankan hingga kini. Saya sebagai kepala pemerintahan Kabupaten turut bahagia karena bisa mendapatkan ribuan manfaatnya.

Saya berharap setiap warga dan pemerintah mampu berperan aktif untuk menjaga hutan. Sebab kita adalah pemegang tanggung jawab untuk kelestarian hutan yang abadi. Salam hijau dan lestarikan hutan kita!

4. Gotong Royong

Selamat pagi, Bapak/Ibu masyarakat kecamatan Parung!

Saya selaku Camat Parung merasa bangga dengan hadirnya masyarakat untuk bergotong royong pada hari ini. Menjaga kesehatan lingkungan parit dan halaman rumah adalah tanggung jawab bersama agar hunian dan lingkungan jadi lebih nyaman.

Selain itu event kebersihan massal ini dijadikan sebagai momentum untuk bergotong royong dan menjaga silaturahmi dengan sesama. Saya berharap semangat dan kebersihan ini tetap terjaga agar bisa dinikmati oleh anak dan cucu kita. Tanamkan sikap gotong royong kepada lingkungan sekitar kita.

5. Waspada Hepatitis

Selamat siang hadirin sekalian!

Saya sebagai salah satu aparatur pemerintah turut prihatin dengan kejadian luar biasa di Depok. Ialah Hepatitis B massal dan hampir dijadikan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Maka dari itu, saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Segera periksakan diri Anda ke fasilitas kesehatan apabila mengalami beberapa gejala Hepatitis. Karena mengantisipasi sejak dini adalah tindakan yang lebih baik untuk mengurangi risiko lebih buruk. Sekian dari saya, terima kasih.

6. Punya Tempat Sampah

Selamat siang hadirin sekalian!

Saya turut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kasudin Kabupaten yang bersedia mengabulkan permintaan kami tentang sarana dan prasarana kebersihan. Proposal yang kami ajukan adalah bentuk kepedulian tentang menjaga kebersihan.

Saat ini sudah tersedia beragam kotak pembuangan sampah yang sesuai dengan kategorinya masing-masing. Pihak Kasudin akan mengangkut sampah secara berkala seminggu sekali. Demikian saya sampaikan prakata ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

7. Antisipasi DBD

Hadirin warga kampung Rambutan yang saya hormati!

Saya selaku ketua RW mengajak kepada seluruh masyarakat akan pentingnya mengantisipasi gejala DBD. Saat ini telah menginjak musim penghujan yang mengakibatkan nyamuk mudah berkembangbiak dalam cekung air di sekitar rumah. Maka dari itu kita harus persiapkan beragam antisipasi anti DBD.

Pastikan untuk membuang sampah penyebab cekungan air hujan dan menutup saluran air dengan papan. Semoga dengan antisipasi tersebut kita terhindar risiko DBD. Sekian dari saya, Terima kasih!

Contoh pidato singkat tema perpisahan, narkoba, lingkungan ini bisa dipergunakan untuk jenis pidato singkat. Supaya tidak memerlukan waktu yang lama dalam menyampaikan gagasan di depan umum. Membuat setiap pembicara dapat menyampaikan opininya dan langsung kepada pokok pembahasan.