Daihatsu Thor Edisi Seat Lift Untuk Penyandang Disabilitas dan Lansia

Daihatsu Thor Edisi Seat Lift Untuk Penyandang Disabilitas dan Lansia
Ilustrasi Daihatsu Thor Edisi Seat Lift. Foto: Ist/Net

Daihatsu Thor edisi Seat Lift kini telah meluncur lebih dulu di Jepang. Daihatsu Motor Co., Ltd. (DMC) kini meluncurkan kendaraan edisi Seat Lift. Kendaraan berpenumpang compact yang memulai penjualannya secara nasional pada 7 Juni 2021 di Jepang.

Daihatsu Thor sudah rilis sejak rilis pada November 2016 lalu. Mobil tersebut menjadi salah satu model kontributor mobil compact Daihatsu.

Kehadiran Daihatsu Thor Edisi Seat Lift

Mobil yang kini dijual di Jepang umumnya memiliki ukuran mungil. Tentunya juga membekalinya dengan mesin berkapasitas kecil. Hal itu agar lebih irit bahan bakar dan memudahkan parkir pada area yang sempit.

Daihatsu merupakan salah satu vendor yang kerap menghadirkan mobil dengan konsep tersebut. Daihatsu memiliki beberapa model, salah satunya Thor.

Kendaraan ini memiliki nama cukup mirip dengan karakter dari film garapan Marvel. Mobil tersebut sudah dipasarkan sejak 2016, kini memperoleh sambutan cukup meriah dari warga Jepang.

Daihatsu Thor edisi Seat Lift hadir dengan penambahan line up welfare vehicles. Pilihan mobil bersahabat bagi penumpang yang memiliki kebutuhan khusus. Mulai dari penyandang disabilitas sampai dengan lansia. Hal itu agar dapat memudahkan akses masuk dan keluar dari kendaraannya.

Baca Juga: Daihatsu Rocky Varian Baru dengan Mesin 1.2L Resmi Meluncur

Desain

Daihatsu Thor edisi ini telah memperoleh perubahan desain. Perubahannya Tampak pada sisi eksterior dan interior. Lalu juga hadir dengan peningkatan fungsi keselamatan dan keamanannya bagi para penggunanya.

Mesin

Mengenai bagian mesin, Daihatsu Thor edisi Seat Lift menggunakan kubikasi 1.0 liter turbo. Selain itu, juga sudah menggunakan transmisi CVT.

Daihatsu Thor memang membekalinya dengan mesin tiga silinder berkapasitas 996cc. Namun dengan adanya penambahan turbocharger. Sehingga dapat menghasilkan tenaganya sebesar 97 daya kuda.

Fitur

Terdapat berbagai fitur modern yang hadir di Daihatsu Thor Jepang. Seperti halnya dengan fitur Advanced Smart Assist (ASA). Bahkan fitur tersebut lebih canggih dari ASA milik Daihatsu Rocky di Indonesia. Seperti ASA Thor memiliki fitur Adaptive Cruise Control (ACC).

Pada edisi Seat Lift ini, Daihatsu menghadirkan fitur kursi penumpang depan yang dapat berotasi menuju arah keluar dan turun ke bawah. Untuk menjalankan fitur ini dengan Wireless Remote Control. Hal itu untuk mengurangi beban penumpang.

Selain itu, juga akan membantu penumpang berkebutuhan khusus pada saat akan masuk dan keluar kendaraan. Sehingga tidak akan kerepotan dan tak perlu membopong ke dalam seperti kursi biasa. 

Sebagai informasi, Thor pada tahun lalu memperoleh pembaruan yang besar. Terlebih dalam hal fitur keselamatan pada Daihatsu Thor edisi Seat Lift.

Mobil dengan kapasitas lima orang ini menyematkan peranti pencegah kecelakaan. Ada sensor yang dapat mengetahui apabila pengemudi tidak fokus akibat letih.

Baca Juga: Daihatsu Ayla Matic Terbaru 2021 Tawarkan Beragam Fitur Menarik

Kabin

Daihatsu Thor Seat Lift sebenarnya menggunakan basis dari Thor G. Di Jepang, Thor termasuk MPV ringkas yang tampak nyaman untuk keluarga. Meskipun namanya mobil MPV, namun mobil ini hanya dapat menampung 5 orang. Hal itu karena mengandalkan dua baris pada bangkunya.

Daihatsu Thor memiliki dimensi ukuran bodi yang kecil. Meskipun mobil ini tampak mungil, namun memiliki keunggulan cukup banyak. Seperti halnya penggunaan pintu geser untuk penumpang belakangnya.

Hadirnya Daihatsu Thor edisi ini dengan kabin interior luas. Pada posisi bangku penumpang cocok penggunaannya untuk berbagai situasi. Sehingga mobil ini memperoleh sambutan positif dari masyarakat setempat.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Daihatsu di Jepang, Thor edisi Seat Lift ini memiliki pangsa pasar tertinggi. Memperoleh apresiasi luas dari pelanggan di Jepang dalam permintaan welfare vehicles.

Daihatsu terus berkomitmen dalam menghadirkan produk dan pelayanan terbaiknya. Dengan berbagai kemudahan juga kenyamanannya, harapannya mampu memenuhi kebutuhan pelanggan melalui kendaraan kompak.

Harga

Mobil Daihatsu Thor edisi ini ditawarkan dengan harga mulai dari 1,5 juta Yen. Harga tersebut setara dengan Rp 200 jutaan. Kemungkinan Daihatsu Thor edisi ini juga akan hadir di Indonesia.

Terlihat beberapa kali sedang melakukan uji jalan di Tanah Air. Sehingga untuk produksi Thor di Indonesia, kemungkinan juga dapat dilakukan.

Apabila benar Daihatsu Thor akan hadir pada pasar otomotif Tanah Air, edisi ini akan menjadi mobil dengan segmen baru MPV ringkas.

Daihatsu Thor edisi Seat Lift kini telah meluncur di Jepang. Mobil ini dapat membantu penumpang yang memiliki kebutuhan khusus. Mulai penyandang disabilitas hingga lansia. (R10/HR Online)

Editor: Jujang