Desain Ruang Makan ala Japandi, Bikin Nyaman dan Betah di Rumah

Ruang Makan
Desain ruang makan ala Japandi bisa bikin nyaman dan makin betah saat berada di rumah. Foto: Net/Ist.

Desain ruang makan ala Japandi bisa bikin nyaman dan makin betah saat berada di rumah. Ruang makan mempunyai fungsi utama sebagai tempat menyantap makan dan minum, setelah sebelumnya disiapkan di dapur.

Selain itu, ruang makan pun terkadang menjadi tempat beristirahat sepulang kerja, ngobrol bareng pasangan. Atau jadi tempat berkumpul bersama keluarga saat akhir pekan.

Kalau situasi di rumah Anda seperti itu, berarti ruang makan tak hanya sekadar fungsional, tapi harus nyaman ditempati. Untuk itu, interior ruangan tersebut tentunya berpengaruh.

Adapun rekomendasi untuk desain interior yang saat ini sedang banyak digemari adalah Japandi atau Japanese-Scandinavian. Termasuk untuk desain interior ruang makan.

Dengan memadukan filosofi kehidupan antara wabi-sabi (Jepang) dengan lagom (Skandinavia). Sehingga Japandi mengutamakan ruangan berdesain modern, natural, estetik yang sederhana, dan fungsional.

Mengutip dari suara.com, berikut ini beberapa inspirasi desain ruang makan ala Japandi yang indah dan menyenangkan. Bisa membuat Anda sekeluarga betah berlama-lama di rumah.

Baca Juga : Ukuran Ideal Ruang Makan, Perlu Keseluruhan Desain Ruangannya

Rekomendasi Desain Ruang Makan ala Japandi

Terasa Luas dan Cahaya Alami Melimpah

Japandi merupakan desain interior dengan menciptakan ruangan yang luas, bersih, dan terang. Untuk bisa mencapai tujuan ini dilakukan beberapa cara, seperti dominan menggunakan warna putih, menambahkan material kayu agar tampilan terlihat lebih alami.

Kemudian, menggunakan furnitur tepat guna, tidak berlebihan, serta memanfaatkan sumber cahaya yang alami saat siang hari. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir penggunaan lampu.

Karena cahaya matahari lebih nyaman dan bisa membuat ruang makan terasa lebih hangat ketika Anda beraktivitas.

Keseimbangan Elemen Natural dan Warna Pastel

Inspirasi desain ruang makan ala Japandi yang selanjutnya yaitu menyeimbangkan elemen natural dan warna pastel. Gunakan material kayu untuk lantai, rak dapur, meja makan, kabinet, dan rangka kursi makan.

Baca Juga : Interior Ruang Makan dan Dapur yang Beragam Memberi Zona Nyaman

Semua itu akan menciptakan suasana dalam ruang makan menjadi lebih hangat dan alami. terlebih hadirnya tanaman indoor.

Kayu memiliki karakteristik yang kat dan hangat. Karena itulah kemudian diseimbangkan melalui sentuhan warna natural, yaitu hijau pastel pada taplak meja, karpet, kabinet dapur, serta lampu gantung. Sehingga memberikan aksen menarik dalam ruang makan.

Berdekatan dengan Dapur dan Gunakan Furniture Multifungsi

Rumah yang memiliki ukuran kompak biasanya letak ruang makan tak jauh dengan dapur atau berada dalam area yang sama. Hal ini membuat akses menjadi lebih praktis ketika membawa makanan maupun minuman dari dapur ke ruang makan.

Dengan begitu maka Anda berkesempatan untuk membuat furniture yang multifungsi. Sehingga bagian depan ruang dapur menyatu dengan kursi makan.

Begitu pula pada bagian samping, terdapat rak penyimpanan yang terbuka. Ini bisa Anda gunakan untuk menyimpan barang-barang yang ukurannya kecil.

Inspirasi desain Japandi mengedepankan fungsionalitas dengan mengusahakan furniture secukupnya. Oleh karena itu, furnitur yang memiliki dua fungsi atau lebih menjadi ciri khas dari Japandi.

Baca Juga : Penataan Ruang Makan Perkara Important yang Harus Anda Perhatikan

Bergaya Japandi Urban dengan Warna Pastel serta Finishing Matte

Pada dasarnya inspirasi Japandi adalah dua kombinasi bahasa dengan desain serta gaya interior. Sehingga Japandi menawarkan fleksibilitas serta sejumlah konsep turunan.

Konsep turunan itu salah satunya Japandi urban yang memiliki karakteristik utamanya  penggunaan warna pastel yang hadir dalam finishing matte. Ini menghasilkan nuansa trendi dengan mempertegas bagian elemen interior ruang makan.

Material Khas Japandi Industrial

Konsep dari Japandi lainnya yaitu Japandi industrial. Konsep gaya industrial ini identik dengan material bangunanya yang terekspos.

Kabinet pantry warna putih serta set meja dan kursi makan hadir dalam kombinasi hitam. Sedangkan, material kayunya merupakan elemen dengan desain normal khas Japandi.

Sebagai finishing, material bangunan beton terekspos memberikan tampilan lebih maskulin. Ini akan terlihat kontras dengan konsep furnitur yang ada dalam ruang makan.

Inspirasi desain ruang makan ala Japandi yang satu ini menawarkan fleksibilitas serta tampilan interior yang minimalis namun modern. Konsep ini tidak hanya diaplikasikan untuk ruangan makan, tapi bisa juga untuk semua desain interior dalam rumah Anda. (R3/HR-Online)

Editor : Eva