Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruDesain Rumah Craftsman Memiliki Ciri Khas dan Interior Unik

Desain Rumah Craftsman Memiliki Ciri Khas dan Interior Unik

Desain rumah craftsman memiliki sejarah di Amerika. Desain rumah yang menjadi salah satu desain paling populer di negara Amerika. Rumah bergaya craftsman memiliki karakter unik yang memikat, dengan detail arsitekturnya yang tampak artistik.

Keunikan dari desain yang satu ini terbilang mencolok. Hal itu sudah dapat terlihat mulai dari tampak luar rumahnya sampai desain interiornya.

Inilah Beberapa Hal Mengenai Desain Rumah Craftsman

Interior rumah dengan gaya craftsman tentunya memiliki ciri khas. Seperti adanya perapian yang menjadi bagian yang tampak menonjol dari rumah. Unsur lainnya tampak dari desain interior Amerika ini, penggunaan material kayu yang maksimal. Berikut ini beberapa hal mengenai desain craftsman.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis 3 Kamar, Inspirasi Tata Ruang yang Praktis

Menggunakan Material Kayu

Salah satu khas yang terlihat cukup menonjol pada gaya craftsman yakni pemakaian material kayunya. Untuk keseluruhan bagian rumah tersebut. Hal ini berkaitan dengan bahan bangunan tersebut yang mudah didapatkan.

Desain Jalan Masuk yang Dihiasi oleh Pilar

Ciri khas dari rumah gaya craftsman dengan adanya pilar penyangga canopy. Hal itu sebagai penanda jalan masuk menuju bagian ruang utama rumah. Pada pilar tersebut biasanya muncul aksen bebatuan. Untuk menambah kesan sederhana dan juga tetap cantik. Dengan desain yang tepat, penggunaan pilar kecil juga dapat dilakukan sebagai pilihan lainnya.

Bentuk Teras yang Lebar

Seperti halnya desain rumah dan desain interior rumah Amerika umumnya. Desain craftsman juga menghadirkan teras yang berukuran luas. Ciri khas teras desain rumah craftsman dengan adanya balok besar. Hal itu yang menjadi penyangga canopy rumah dan adanya tiang yang berukuran besar.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6×12 Sesuaikan Keinginan Anda

Kehadiran Tempat Duduk pada Sudut Ruangan

Rumah bergaya craftsman memperoleh desainnya, untuk mengakomodir jumlah anggota keluarga yang banyak. Tampak pada bagian interior rumah bergaya craftsman. Dengan menempatkan sebuah tempat duduk pada sudut ruangannya.

Penggunaan tempat duduk tersebut sebagai tempat bersantai usai bekerja. Tempat duduk ini juga biasanya akan menempel pada bagian dinding dan jendelanya.

Sentuhan Tangan Menjadi Ciri Khas Rumah Ini

Rumah bergaya craftsman yang artinya rumah pengrajin. Selain itu yang dikenal profesinya membuat berbagai macam barang secara manual atau handmade. Dengan menghadirkan sentuhan pribadi pada setiap titik ruang bergaya craftsman Tentu akan membuat tiap sudut rumah terdapat ciri khas tersendiri.

Baca Juga: Desain Rumah Jepang yang Dinamis dan Serba Minimalis

Memiliki Basement/Ruang Wine

Hal menarik lainnya dari desain rumah craftsman dengan adanya ruang basement atau bawah tanah. Ruangan tersebut berfungsi untuk bermain billiard. Namun yang melengkapinya dengan rak tempat menyimpan botol wine.

Tidak Memiliki Batas Ruangan

Pada area dalam, rumah bergaya craftsman tidak mempunyai banyak penyekat ruangan. Dengan demikian, seluruh ruang yang ada dalam rumah bisa diakses mudah oleh para penghuninya. Hal ini yang ada kaitannya dengan sejarah desain craftsman. Desain rumah tersebut untuk menjadikan rumah yang lebih bersahabat.

Selain itu juga mengakomodir kebutuhan kalangan pekerja di Amerika pada masanya. Rumah bergaya craftsman pun tidak memiliki partisi ruangan si pemilik rumah. Terlebih dengan ruang asisten rumah. Hal itu karena masa yang lalu, kalangan para pekerja keras di Amerika tidak mempunyai asisten rumah tangga.

Memiliki Perapian

Ciri khas desain rumah bergaya craftsman dengan adanya perapian pada ruang tengahnya. Untuk iklim tropis seperti halnya di Indonesia perapian tentunya tidak diperlukan. Namun tetap dapat menghadirkan perapian sebagai dekorasi. Untuk mempercantik ruangannya tanpa perlu menyalakan apinya.

Nyaman Untuk Ditempati

Rumah yang bergaya craftsman termasuk rumah yang sangat bersahabat. Hal itu karena sudut-sudut belakang rumah yang awalnya tampak sempit, kecil dan dekat dapur. Dapat membuatnya lebih terbuka dan nyaman. Sehingga seluruh anggota keluarga dapat berkumpul kapan saja, saat siang dan juga malam.

Sesuai dengan Iklim Tropis Indonesia 

Mengingat mengenai struktur dan pondasi bangunan rumah bergaya craftsman. Pembuatannya dengan menggunakan material alami seperti halnya batu dan kayu. Maka penggunaan desain ini juga cocok untuk bangunan atau hunian di Indonesia. Untuk negara beriklim tropis yang panas, lembab, hujan, dan juga berangin.

Desain rumah craftsman yang memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Penggunaan desain rumah ini juga cocok untuk hunian di Indonesia. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img