Dongfeng Warrior M50, Si Gahar Mobil Humvee dari China

Dongfeng Warrior M50
Dongfeng Warrior M50. Foto : Net/Ist

Dongfeng Warrior M50 merupakan mobil yang terinspirasi dari High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle atau Humvee, sebuah kendaraan truk militer.

Humvee untuk versi Amerika Serikat adalah Hummer, yang dikembangkan oleh AM General. Sementara awal perkenalan kendaraan militer ini pada tahun 1984. Namun, Humvee juga ada versi sipil yang keluar pada tahun 1992 sampai 2006.

Baca Juga : MPV Hyundai Staria Kini Hadir dengan Gaya Futuristik

Selain itu, negara lain juga memiliki jenis kendaraan militer sipil yang menjadi versi sipil. Seperti Republik Ceko dengan mobil Tatra T812 8×8. Kemudian untuk Indonesia sendiri mempunyai Maung Pindad.

Spesifikasi Dongfeng Warrior M50

Meski pabrikan otomotif yang mengeluarkan mobil ini menolak untuk menyamakannya dengan Hummer H1, akan tetapi jika melihat secara sekilas tampilannya hampir sama.

Dongfeng mengklaim bahwa model dan desain dari mobil tersebut menggambarkan karakteristik dari negara asalnya yang tangguh serta kuat.

Sebelumnya pada tahun 90-an, memang Dongfeng pernah melakukan reverse-engineered atau rekayasa balik terhadap Humvee buat mobil truk militer China.

Baca Juga : Kia Sportage 2022 Hadir dengan Tampilan Lebih Futuristik

Bahkan mengutip dari Carscoops, perusahaan otomotif asal Negeri Tirai Bambu ini bekerja sama dengan AM General guna menyuplai suku cadang dari mobil Humvee untuk versi Dongfeng.

Desain

Kemudian pada tahun ini, Dongfeng mengumumkan mobil seri terbarunya Warrior M50. Hummer H1 made in China ini mengadopsi atau mengambil bentuk body-on-frame, yang ukuran ban all-terrain begitu besar.

Selain itu, terpasang juga drivetrain pada bagian belakang roda depan. Sehingga dengan desain seperti itu, menjadikan Warrior M50 ini memiliki mesin di tengah.

Sementara untuk kabinnya, terlihat dashboard yang memiliki ukuran lebar. Hal itu mirip dengan mobil Humvee. Sedangkan desain grille-nya terdapat logo Dongfeng.

Penambahan dari versi Dongfeng Warrior M50 ini adalah terdapat layar infotainment, dengan touchscreen ukuran 8 inci.

Desain pada bagian bagian lampu berbentuk membulat. Pada bagian instrument cluster ada trim berwarna perak. Kemudi terlihat lebih modern dengan bentuk lingkar 4 palang.

Baca Juga : Suzuki Celerio 2021 Siap Meluncur, Desain Serba Baru

Selain memiliki kemewahan adanya ventilasi AC otomatis, juga jok-nya menggunakan bahan kulit dan terdapat jendela dengan sistem elektrik.

Walaupun interior lebih modern ketimbang versi “kembarannya”, namun mobil militer sipil ini begitu nyaman saat mengendarainya.

Mesin

Sementara untuk bagian mesin dari Dongfeng Warrior M50 ini menggunakan turbodiesel Dongfeng-Cummings 4.0 liter, dengan kapasitas mesin 4000 cc.

Adapun tenaga yang dihasilkan bisa mencapai maksimal output 200 tenaga kuda serta torsi maksimum 600 Nm. Dan kecepatan tertinggi bisa mencapai 120 km/jam.

Kekuatan mesin Warrior M50 tersebut bisa menggerakkan keempat roda mobil lewat transmisi manual dengan enam percepatan. Sehingga dengan kekuatan tersebut mobil tentara sipil ini bisa menaklukkan berbagai medan.

Dongfeng Warrior M50 versi High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle asal China ini kabarnya dapat dipesan dengan banderol US$103.529, atau sekitar kurang lebih Rp 1,5 miliar. Harga tersebut memang jauh lebih mahal dari Humvee surplus. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto