Game Cloud Facebook Resmi Meluncur Untuk Pengguna Apple

Game Cloud Facebook
Game Cloud Facebook : IST/NET

Game Cloud Facebook merupakan layanan game yang berbasis komputasi awan yang dikhususkan untuk para pengguna perangkat Apple yakni iPhone atau iPad melalui Safari. 

Rilisnya game ini bertujuan untuk mengakali kebijakan yang ketat Apple bagi pengembang dari pihak ketiga. Dengan layanan tersebut memungkinkan pengguna bermain game melalui peramban. Namun istimewanya pengguna tanpa harus mengunduh game di perangkat Apple. 

Sistem dan Akses Game Cloud Facebook Terbaru

Game ini dapat ditambahkan secara langsung ke home screen layaknya aplikasi asli. Layanan tersebut memungkinkan Anda memainkan beberapa game web seperti Solitaire sampai dengan game grafis tinggi seperti game balap. 

Vice President of Gaming Facebook yakni Vivek Sharma mengatakan bahwa ia telah sampai pada tahap kesimpulan yang hampir sama dengan yang lain yakni aplikasi browser menjadi satu-satunya pilihan untuk streaming game cloud di iOS saat ini. 

Baca Juga: Aplikasi Game Your Fit Buatan Anak Bangsa Kini Lolos sebagai Finalis

Sedangkan keputusan facebook menghadirkan cloud ini mirip dengan yang tindakan microsoft dan juga Amazon. Keduanya merilis Progressive Web Apps atau PWA demi menyediakan layanan cloud pada perangkat Apple. 

Game Cloud Facebook ini disediakan Facebook dan bisa Anda akses melalui situs fb.gg/play di peramban Safari. Para pengguna juga dapat menyimpan halaman tersebut ke home screen agar lebih mudah saat ingin bermain. 

Sementara saat ini game tersebut hanya dapatgamer mainkan di Amerika Serikat. Selain itu, juga sebagian wilayah Meksiko dan Kanada.

Game yang sudah tersedia melalui Facebook seperti Lego : Heroes Unboxed, Assassin’s Creed Rebellion dan Risk : Global Domination. 

Baca Juga: Epic Games Gratiskan Game PC

Facebook mengharuskan setiap game streaming tersedia ke dalam bentuk aplikasi App Store. Selain itu, kebijakan ini mengizinkan aplikasi peramban dapat di pakai demi menjangkau pengguna luar juga. 

Video Game Cloud Facebook ini dengan basis HTML5 serta menggunakan sistem pembayaran khusus jejaring sosial atau Facebook Pay untuk menerima pembelian. Secara perlahan cloud akan di bawa ke lebih banyak wilayah. 

Vivek Sharma kembali menegaskan bahwa kebijakan ketat Apple hanya mengijinkan game ini di App Store tidak memungkinkan bahkan disebut sebagai penghalang jalannya perkembangan game. 

Penghalang ini yang terjadi pemain dicegah untuk menemukan game baru, mengakses game serta memainkan game lintas perangkat yang berkualitas tinggi secara instan pada aplikasi iOS tersebut. 

Baca Juga: Konsol Game Populer Yang Ada Hingga Sekarang

Keputusan Apple

Akhirnya Apple mengubah aturan untuk mengizinkan game tersebut dengan syarat. Syarat tersebut harus meninjau satu per satu game dalam bentuk aplikasi ke App Store. 

Meskipun kenyataannya Facebook akhirnya menemukan sebuah solusi demi menyediakan Game Cloud Facebook ini di iOS, namun mereka masih harus mencari solusi yang harus mereka temukan yang ada di browser Safari Apple. 

Karena aplikasi tersebut, suara game telah non aktif secara default. Game tersebut tidak dapat mengirimkan pemberitahuan atau notifikasi layaknya aplikasi biasanya. 

Sebagai pengingat, dominasi Apple terkait metode pembayaran pada perangkat iOS adalah salah satu permasalahan yang di protes oleh Facebook dan juga perusahaan game lain seperti Epic. 

Pada tahun 2020 lalu Facebook memang mengajukan keluhan dengan tegas. Terutama saat Apple memblokir upayanya untuk menghadirkan game ke bentuk aplikasi mandiri untuk iOS. Bahkan Menyebutnya menjadi alternatif. 

Namun tak lama kemudian Apple mengubah peraturannya tersebut untuk memungkinkan Game Cloud Facebook tersebut terdaftarkan sebagai aplikasi yang individual. Terutama ke App Store untuk kemudian dikaji. 

Memang kebijakan ini adalah kebijakan yang sering menjadi keluhan Penerbit lain dan juga Microsoft. Karena tidak menjawab keinginan mereka dalam merilis saluran resmi pada gaming perangkat iOS. 

Facebook memang tak mau ketinggalan. Sebagai perusahaan media sosial terbesar dunia ini akhirnya membuat layanan cloud gaming menyatu dengan layanan facebook gaming. Hal ini bukan sebagai layanan terpisah selayaknya perusahaan lain. 

Memang sebelumnya dari pihak Facebook sengaja memilih game ringan untuk disalurkan melalui streaming untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih mulus lagi untuk para pengguna.

Harapannya Game Cloud Facebook ini nanti secara perlahan dan pasti dapat terbawa ke berbagai wilayah sehingga dapat memenuhi keinginan pengguna untuk merasakan bermain tanpa hambatan.  (R10/HR-Online)

Editor: Dadang