Gas Motor Nyangkut, Berikut Ini Penyebab Sekaligus Cara Mengatasinya

Gas Motor Nyangkut
Ilustrasi Gas Motor Nyangkut. Foto : kurio.id

Gas motor nyangkut merupakan salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada kendaraan bermotor. Artinya, gas ngancing pada posisi tarikan full meskipun tangan tidak menarik gas tersebut.

Kondisi seperti ini tentu sangat berbahaya terlebih jika kalian tidak mampu mengendalikan kendaraan. Permasalahan semacam ini biasanya sering terjadi pada motor yang jarang berkunjung ke bengkel untuk melakukan perawatan rutin.

Bagi sebagian orang sering menganggap perawatan rutin tidak begitu penting. Namun kebiasaan tersebut bisa menjadikan kotoran semakin menumpuk.

Baca Juga : Cara Memasang Tali Gas Motor, Lakukan dengan Langkah Berurutan

Salah satunya tali gas yang kotor karena kabel sering terkena air dan debu dalam jangka waktu yang lama. Kondisi seperti itu lama-lama bisa mengakibatkan kabel menjadi berkarat atau korosi hingga menimbulkan kerusakan pada motor.

Akibatnya, gas motor menjadi nyangkut yang bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan. Untuk itu, buang jauh kebiasaan malas untuk merawat kendaraan kalian.

Penyebab Gas Motor Nyangkut dan Cara Mengatasinya

Sepeda motor seolah menjadi kebutuhan pokok masyarakat dalam menjalankan berbagai aktivitas. Bahkan untuk pergi ke tempat dengan jarak dekat saja tak jarang kita memilih menggunakan sepeda motor daripada harus berjalan kaki.

Akan tetapi, yang namanya sebuah benda termasuk kendaraan pasti akan mengalami kerusakan seiring penggunaannya. Permasalahannya pun beragam, salah satunya ketika akan menggunakan motor tiba-tiba gas menjadi lengket alias nyangkut.

Kondisi ini sangat membahayakan bagi penggunanya maupun bagi pengendara lain. Pasalnya untuk mengendalikan gas yang nyangkut ini sangat sulit, terlebih bagi mereka yang panikan.

Lalu kira-kira apa saja yang menjadi penyebab gas motor nyangkut? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Kondisi Skep Karburator yang Kotor

Kotornya bagian skep karburator bisa memicu baretnya permukaan skep yang mana akhirnya skep menjadi sulit naik dan turun. Ketika kondisi itu terjadi, maka gas motor akan terasa nyangkut meskipun posisi sudah kembali seperti awal.

Baret pada skep karburator ini bisa kalian atasi dengan membongkar skep kemudian amplas menggunakan amplas yang halus. Pastikan seluruh bagian skep sudah bersih lalu berikan pelumas sebelum memasangkan kembali.

Apabila filter udara ternyata sudah sangat kotor, jangan lupa untuk menggantinya.

Aus pada Tali Gas

Ketika tali gas mulai aus, otomatis handle gas juga terasa berat hingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Kondisi seperti ini juga bisa menyebabkan gas motor menjadi nyangkut karena tarikan gas akan terasa seret.

Baca Juga : Penyebab Motor Brebet Ketika Digas yang Sering Diabaikan

Hal itu muncul karena adanya gesekan antara seling dengan kabel gas motor. Apabila kondisinya sampai berkarat, maka hal terburuk yang mungkin terjadi yaitu putusnya tali gas.

Untuk mengatasinya, maka kalian harus mengganti tali gas dengan yang baru. Tak hanya untuk mencegah kemungkinan putusnya tali gas.

Namun penggantian ini akan menjadikan handle lebih ringan. Dengan begitu berkendara akan semakin nyaman dan terhindar dari permasalahan gas motor yang nyangkut.

Kerusakan pada Handle

Kondisi handle gas pada motor yang rusak juga bisa menjadi pemicu gas menjadi nyangkut. Biasanya kondisi ini terjadi karena terdapat kotoran di dalamnya. Tak jarang kotoran tersebut hingga menjadi karat yang akhirnya menyebabkan sulitnya menggerakkan handle gas.

Cara mengatasinya cukup mudah, kalian harus melihat kondisi handle dengan membongkarnya terlebih dulu. Jika masih memungkinkan untuk kalian gunakan kembali, maka cukup bersihkan saja. Namun jika kondisinya sudah parah, segera lakukan penggantian handle gas dengan yang baru.

Hal yang Perlu Kalian Lakukan

Bagi pengguna sepeda motor yang mengalami kejadian serupa, jangan terburu-buru untuk melompat dari kendaraan. Agar lebih aman sebaiknya segera cabut kontak karena itu merupakan satu-satunya cara untuk mematikan mesin.

Setelah itu kemungkinan motor akan tetap berjalan namun kalian bisa menghentikannya dengan menginjak rem secara perlahan. Hal ini juga berlaku bagi pengguna kendaraan matic, setelah mematikan mesin sebaiknya segera menepi agar tidak mengganggu pengendara lain.

Karena untuk mengatasi gas motor nyangkut ini tidak semua orang bisa melakukannya, maka jangan memaksakan diri untuk membongkarnya. Jika ragu, lebih baik bawa saja kendaraan menuju bengkel terdekat untuk mendapat perawatan. Dengan begitu penyebab gas nyangkut pada sepeda motor bisa terdeteksi dan bisa segera mendapat berbaikan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto