Gejala Kampas Ganda Aus pada Skutik yang Paling Mudah Dideteksi

Gejala Kampas Ganda Aus
Ilustrasi Gejala Kampas Ganda Aus. Foto: Ist/Net

Gejala kampas ganda aus bisa terlihat dari menurunnya performa mesin kendaraan. Kampas ganda sendiri merupakan salah satu bagian yang ada dalam motor bebek dan CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic. Pada motor matic, fungsi kampas kopling ganda ini untuk menahan dan menekan mangkok kopling.

Apabila kampas ganda pada motor mulai menipis atau aus, maka akan mempengaruhi tidak maksimalnya tenaga mesin. Nah pada kendaraan roda dua, ketika kampas ganda mulai aus sebenarnya gejalanya bisa kalian deteksi sejak awal. Biasanya gejala umum yang muncul yaitu munculnya suara atau getaran yang tidak normal pada kendaraan.

Gejala Kampas Ganda Aus yang Paling Mudah Kalian Deteksi

Kampas ganda pada motor matic berfungsi untuk membantu laju kendaraan bisa berjalan dengan sempurna. Secara detail, fungsi komponen ini sebagai penyalur juga sebagai pemutus putaran mesin CVT dari depan ke belakang. 

Pada saat kalian memutar gas motor, maka akan terdapat penambahan RPM yang mana akan memperbesar kinerja kampas. Ketika kecepatan motor semakin bertambah maka kampas dan rumah kopling akan bekerja untuk menggerakkan motor. 

Mangkok kopling beserta kampas ganda pada kendaraan akan renggang sebelum memutar gas. Namun ketika kalian mulai menarik gas, maka kampas akan menjadi rapat akibat tekanan sliding sheave.

Karena fungsinya yang penting dalam sebuah kendaraan, maka sangat penting bagi kalian untuk melakukan perawatan pada komponen ini. Karena seiring penggunaannya, kampas ganda ini akan mengalami aus dengan munculnya beberapa gejala pada kendaraan. 

Apa saja tanda yang muncul ketika kampas ganda mulai aus? Berikut penjelasan lengkapnya.

Penurunan Performa

Gejala pertama yang muncul ketika kampas ganda aus yaitu tarikan akan terasa berat seolah membawa beban. Hal ini akibat menurunya performa mesin pada kendaraan itu sendiri. Secara teknis, pada kondisi kampas ganda yang masih normal biasanya dalam waktu 10 detik bisa mencapai kecepatan hingga 120 km/jam. 

Namun ketika kampas ganda mulai mengalami gejala aus, maka untuk mencapai kecepatan yang sama membutuhkan waktu yang lebih lama. Ketika kondisi ini terjadi maka segera ganti kampas ganda agar performa kendaraan kembali seperti semula.

Kopling Terselip

Gejala kampas ganda mulai aus juga bisa kalian rasakan dari kopling motor yang mulai selip. Hal ini bukanlah sesuatu yang aneh mengingat kampas yang semakin menipis sehingga mengakibatkan kopling terselip dengan mudah. 

Terlebih lagi ketika menarik gas hingga mencapai kecepatan tinggi atau berjalan pada medan yang curam. Pada beberapa kondisi, permasalahan seperti ini juga bisa akibat dari oli mesin yang seharusnya mendapat penggantian. 

Namun kebanyakan kopling yang terselip ini mengindikasikan bahwa kampas ganda mulai aus atau menipis seiring penggunaannya. Untuk itu saat mengalami masalah seperti ini, pastikan mengeceknya dengan teliti. Apakah karena kampas ganda yang aus atau karena oli mesin yang tidak layak pakai.

Loss pada Kick Starter

Bagi sebagian besar pengguna motor, ketika akan memanasi kendaraan pasti lebih memilih memanfaatkan kick starter daripada elektrik starter. Cara ini juga efektif untuk menjaga kelistrikan kendaraan khususnya pada bagian aki. 

Akan tetapi ketika kalian menginjak kick starter dan merasakan loss, bisa jadi itu merupakan gejala ganda kampas aus. Terlebih ketika kondisi ini terjadi berkali-kali setiap kalian akan memanasi motor.

Jangan ragu membawa kendaraan kesayangan menuju bengkel untuk segera mendapat perawatan. Dengan begitu komponen yang bermasalah bisa segera teratasi.

RPM Tinggi

Gejala kampas ganda yang mulai menipis atau aus biasanya mengakibatkan tingginya putaran mesin. Perlu kalian ketahui, putaran mesin yang sangat tinggi tidak terjadi begitu saja. Sehingga ketika permasalah ini terjadi pada motor kalian, maka penyebabnya karena lemahnya akselerasi serta licinnya kampas kopling.

Sebagai contoh, ketika berada pada laju 50 km/jam umumnya memerlukan putaran berkisar 5000 rpm. Sebaliknya ketika kampas kopling mulai aus, putaran mesin memerlukan waktu cukup lama misalnya 7000 rpm. 

Oleh sebab itu ketika kalian merasakan putaran mesin semakin tinggi, bisa jadi itu merupakan gejala kampas ganda mulai aus. Tentu saja untuk mengatasi kondisi ini dengan melakukan penggantian kampas kopling atau kampas ganda yang baru.