Hal Penting yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Adopsi Kucing Ras

Adopsi Kucing Ras
Hal Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Adopsi Kucing Ras. Foto: Ndu/HR

Berikut ini adalah beberapa persiapan wajib sebelum adopsi kucing ras. Tidak hanya makanan, ada berbagai kebutuhan lain yang perlu kamu siapkan sebelum membawa kucing ras ke rumah. Kamu mungkin perlu membeli beberapa barang untuk keperluan hewan peliharaan.

Baca Juga: Kucing Suka Menjilati Tangan dan Jarimu? Ketahui Ini Alasannya!

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai. Biasanya kucing peliharaan bisa menghilangkan stres bagi pemiliknya dan sangat menggemaskan. Ketika baru pertama kali membawa kucing ke rumah, ada beberapa keperluan yang harus disiapkan oleh pemilik.

Ini Persiapan Wajib Sebelum Adopsi Kucing Ras

Perlu diketahui bahwa anak kucing akan mudah stres jika sendirian di rumah dalam waktu lama. Untuk kamu yang punya jam kerja panjang di kantor atau sering bepergian, sebaiknya pilih kucing lebih tua, atau sepasang anak kucing dari tempat sama.

Makanan Kucing

Sudah pasti, makanan menjadi poin utama dalam persiapan wajib sebelum adopsi kucing ras. Setiap kucing memiliki preferensi makanan tersendiri, untuk memudahkan, kamu bisa menanyakannya kepada breeder. Nantinya breeder akan memberi tahu jenis makanan kucing yang sesuai sehingga tidak akan menimbulkan masalah.

Apabila kita asal pilih makanan, maka kucing bisa menimbulkan masalah kesehatan tertentu, salah satunya mencret berhari-hari. Salah memilih makanan juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan gizi. Makanan kucing yang berkualitas buruk cenderung tinggi karbohidrat dan rendah protein.

Tempat Makan dan Minum

Memisahkan tempat dan minum adalah persiapan wajib sebelum adopsi kucing ras. Makanan tidak boleh terkena air dan harus tetap kering. Begitu pun air minum harus tetap bersih, tidak boleh bercampur dengan makanan.

Makanan dan air yang bercampur akan menimbulkan bau tidak sedap dan membuat kucing mudah stres. Kondisi lingkungan yang kotor dan tercemar akan membawa penyakit. Agar makanan tidak dikerubungi semut, gunakan piring khusus kucing yang dapat melindungi makanan.

Tempat Tidur Kucing

Beberapa jenis kucing ada yang suka tidur di lantai, ada juga yang menyukai kasur empuk. Salah satu persiapan wajib sebelum adopsi kucing ras adalah mengetahui kebiasaannya. Jika kucing bisa tidur dengan nyaman, maka ia tidak akan mudah stres dan daya tahan tubuhnya kuat.

Baca Juga: Kucing Suka Menjilati Tangan dan Jarimu? Ketahui Ini Alasannya!

Apabila hanya satu ekor, cukup sediakan sudut ruangan sebagai tempat tidur yang nyaman untuk kucing ras yang kamu adopsi. Di minggu-minggu awal, kucing mudah tersesat ketika dia ingin bersembunyi sehingga kamu perlu membantunya menemukan tempat tidur. Ada baiknya disediakan pohon untuknya, agar ia tidak mudah bosan dan bisa bermain panjat memanjat.

Kucing juga butuh papan untuk menggaruk. Ini merupakan kebiasaan normal, karena ia perlu mengasah kukunya. Sediakan scratching post yang dibungkus dengan material berbahan agak keras agar si kucing tidak mencakar di perabotan rumah.

Litter Box dan Pasir Box

Mengadopsi kucing ras berarti kita harus menyediakan pasir. Biasanya kucing membuang air besar dan kecil di pasir. Kamu bisa membeli pasir untuk kucing di toko kebutuhan hewan peliharaan atau pet shop.

Harga pasir berkisar antara Rp 25 ribu hingga Rp 60 ribu per 6 liter. Karakteristik pasir mirip dengan butiran kapur, berwarna putih, ada juga yang berupa kristal warna-warni. Bahkan sekarang ada varian pasir anti bakteri, sehingga rumah kita terhindar dari bau kotoran kucing.

Tempatkan pasir-pasir ini dalam litter box. Tidak ada kriteria khusus dalam memilih litter box, yang penting kamu rutin membersihkannya. Untuk berjaga-jaga sebaiknya beli dua buah litter box supaya ada cadangan ketika yang lain sedang dibersihkan.

Luangkan Waktu Berinteraksi

Dengan mengadopsi kucing ras, maka kamu harus meluangkan waktu untuk berinteraksi dengannya. Tidak seperti hewan peliharaan lainnya, kucing ingin diperhatikan, ditemani, dan dirawat. Pastikan kamu bersedia meluangkan waktu untuk bermain dengan dia.

Jika kamu tinggal dengan keluarga, tentukan siapa yang akan bertanggung jawab pada kucing. Mulai dari memberi makan, membersihkan pasir, hingga membawanya ke dokter. Mengadopsi kucing akan butuh waktu dan tenaga. Kamu juga bisa meminta bantuan anggota keluarga lain saat sedang berhalangan memberi makan kucing.

Selain kebutuhan mendasar meliputi makanan, tempat tidur, kotak pasir dan alat bermain, kucing ras yang kamu adopsi juga butuh interaksi dengan pemiliknya. Dengan melakukan interaksi rutin seperti mengobrol, mengusap, dan bermain, baik dan pemilik akan merasa senang. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu