Honda Supra Bapak Resmi Meluncur Seharga Rp 31 Jutaan

Honda Supra Bapak Resmi Meluncur Seharga Rp 31 Jutaan
Ilustrasi Honda Supra Bapak. Foto: Ist/Net

Honda Supra Bapak yang telah resmi meluncur. Motor bebek baru dari Honda ini dalam versi lebih elegan dan modern. Meskipun harga yang ditawarkan tampak berbeda dari motor Supra sebelumnya. Kini harganya yang ditawarkan terbilang cukup mahal.

Motor bebek masih banyak peminatnya oleh beberapa bikers di beberapa negara. Terlebih  motor bebek dikenal memiliki mesin irit dan juga tangguh. Penggunaan motor bebek ini untuk  keperluan sehari-hari.

Kehadiran Honda Supra Bapak

Honda Supra sebagai salah satu motor bebek legendaris yang ada di tanah air ini. Bahkan motor bebek ini memperoleh julukan ‘Supra Bapak’. Pabrikan dari Honda resmi menghadirkan produk motor bebek terbarunya.

Baca Juga : Honda GB350S Gaya Scrambler Siap Meluncur Seharga Rp 77 Juta 

Kini hadir untuk pasar roda dua untuk negara Eropa dan Amerika. Kehadiran motor bebek tersebut yakni All New Honda Biz 2021. Motor ini kabarnya memperoleh sejumlah pembaruan dari segi desain dan juga fiturnya. All New Honda Biz merupakan motor keluarga yang tujuannya untuk penggunaan perkotaan.

Desain

Motor bebek Honda Supra Bapak satu ini ternyata tidak hanya ada di Tanah Air saja. Namun motor bebek ini juga memiliki peminatnya di negara lain, seperti Brasil. Honda Brasil yang meluncurkan motor bebek barunya dengan nama Honda Biz 2021.

Apabila memperhatikan keseluruhan tampilan dari motor bebek ini. Desain motor bebek baru ini tampak lebih modern dan elegan. Pilihan kombinasi warna motor bebek ini yang lebih menarik dan menghadirkan kesan mewah.

Secara tampilan, desain bagian depan motor ini memiliki kemiripan dengan Honda lainnya. Sekilas tampak serupa dengan Honda Spacy yang ada di Indonesia. Namun, bagian sayap Honda Supra Bapak lebih panjang sampai ke bagian bawah. Selain itu juga tampak menutupi bagian mesin.

Mesin

Honda Biz terbaru ini juga menggunakan mesin serupa dengan Supra X 125 FI. Lalu, Honda menghadirkan motor bebek ini dengan mesin 125 cc. Teknologi motor bebek ini dengan injeksi bahan bakar elektronik PGM-Fi khas Honda.

Mesin motor Honda Supra ini menghasilkan tenaga maksimum 9,2 HP pada 7.500 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimum mencapai 10,2 pada 3.500 rpm.

Baca Juga : Honda Super Cub 125 2022, Sudah Standar Euro 5 Seharga Rp 70 Juta 

Secara performa, tentunya berbeda dengan Honda Biz yang hadir sebelumnya. Sebelumnya menggunakan mesin 110 cc atau tepatnya 109,1 cc. Keluaran tenaganya  8,3 dk pada 7.250 rpm dan torsinya 8,7 Nm pada 5.500 rpm.

Meskipun memiliki versi mesin yang berbeda, desain dari keduanya tampak serupa. Namun ada hal unik, pada sektor pengereman roda depannya. Motor bebek ini tersedia rem cakram dan rem tipe tromol.

Spesifikasi

Bentuk fascia depan Honda Supra Bapak tampak senada dengan Honda Vision 110. Memiliki headlamp pada bagian batok kepala atasnya. Selain itu terdapat lampu sein plus DRL untuk area kanan dan kiri dada depan.

Baca Juga : Honda Monkey 70’s Ride Edition Kini Meluncur Sekitar Rp 79 Jutaan

Namun semua unit pencahayaan pada motor bebek ini masih menggunakan bohlam halogen biasa. Bagian unit lampunya belum menggunakan jenis LED. Namun yang menjadi kelebihan Honda Biz 2021 dibanding Supra X 125 tampak pada bagian area kokpit.

Fitur

Motor bebek ini juga memiliki beberapa fiturnya. Fitur panel instrumen motor bebek Honda Supra Bapak terbaru ini hadir dengan gaya full LCD digital. Tentunya yang dikombinasikan dengan tampilan analog 3D. Speedometer yang dihadirkan memang akan membuat iri motor bebek di tanah air.  

Bagian bagasi motor bebek ini tampak lebih luas dan lega. Fitur motor bebek Honda Brasil ini juga memiliki USB socket charger. Tentunya yang penggunaannya untuk pengisian daya handphone.

Letaknya berada pada bagian dalam bagasi dibawah joknya. Kaki-kaki motor bebek ini memakai pelek bergaya sporty yang lebih kokoh. Kemudian, untuk pengereman motor bebek ini membekalinya rem cakram depan dan rem tromol belakangnya.

Fitur CBS khas Honda pada sektor pengereman motor Honda Supra Bapak ini. Meskipun modelnya tampak biasa dan cenderung sederhana. Namun juga memiliki beberapa fitur yang istimewa.

Motor Honda ini kini didistribusikan untuk pasar roda dua negara Brasil. Harga motor bebek terbaru dari Honda ini ditawarkan  11.120 BRL.

Apabila mengkonversikannya ke rupiah, angka tersebut yang mencapai Rp 31 jutaan.  Tentunya lebih mahal daripada Honda Supra X 125 FI versi CW. Harganya yang hanya sekitar Rp 19.535.000 OTR Jakarta.

Kini Honda Supra Bapak yang telah meluncur di Brazil.  Motor ini kabarnya memperoleh sejumlah pembaruan dari segi desain dan fiturnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto