HP Tercebur Air? Begini Pertolongan Pertama Menyelamatkannya

HP Tercebur Air
Ilustrasi HP Tercebur Air. Foto : Net/Ist

Tidak sedikit yang panik ketika HP tercebur air. Selain panik tentu ada rasa khawatir akan masalah setelah smartphone yang tercebur air tersebut. Sebab, salah satu kelemahan dari barang elektronik adalah air.

Seperti kita ketahui, bahwa perangkat elektronik seperti handphone jika terkena atau tercebur air akan menjadi masalah yang serius. Terkecuali, smartphone tersebut sudah dibekali atau memiliki fitur anti atau tahan air.

Masalah serius ketika HP tercebur air adalah bisa membuat perangkat tersebut matot alias mati total. Itu jika ketika tercebur tidak segera diangkat atau menyelamatkan pertolongan pertama, seperti langsung mematikan ponsel tersebut.

Baca Juga : Cara Cek HP Waterproof dengan Mudah Tanpa Memasukkan dalam Air

Akan tetapi, karena rasa panik maka biasanya tidak segera mengangkat dan lekas mematikan ponsel tersebut.

Pertolongan Pertama Ketika HP Tercebur Air

Bagi Anda yang mengalami kejadian smartphone kena atau tercebur air, berikut pertolongan pertama untuk menyelamatkan perangkat kesayangan Anda.

Lekas Matikan HP

Adapun yang perlu Anda lakukan ketika mengalami hal tersebut yang pertama adalah jangan panik.

Segera angkat smartphone dari air. Hal itu agar air tidak banyak yang masuk ke ponsel Anda. Sebab, jika terlalu lama smartphone ada dalam air, maka besar kemungkinan akan kerusakan yang ditimbulkan.

Setelah mengangkat HP yang tercebur air, langkah selanjutnya adalah jangan membuka aplikasi atau menekan tombol lainnya, namun lekas mematikan smartphone tersebut.

Kemudian, jika ponsel sudah off, maka langkah selanjutnya membuka casing atau tutup ponsel. Lalu, putuskan arus daya listrik dari ponsel tersebut dengan mencabut baterai.

Langkah mematikan dan mencabut baterai adalah agar HP tidak mengalami konsleting, yang nantinya bisa menambah parah kerusakan.

Akan tetapi, jika Anda kesulitan mencabut baterai dari ponsel yang jenis tanam atau non removable, maka tidak perlu mencabutnya. Anda hanya perlu mematikan HP itu saja.

Memang untuk smartphone jenis sekarang ini kebanyakan menggunakan baterai tanam, dengan mengusung desain Unibody.

Sehingga, tidak hanya baterainya saja yang tidak bisa Anda cabut, melainkan juga sangat sulit membuka casingnya, tidak seperti tipe handphone zaman dulu.

Salah satu keuntungan dari Unibody ini adalah dapat meminimalisir air masuk ke dalam perangkat tersebut. Hal itu karena rapetnya casing yang menutup seluruh smartphone.

Keringkan Smartphone

Kemudian untuk langkah selanjut ketika HP tercebur air adalah mengeringkan seluruh bagian dalam dari perangkat tersebut.

Akan tetapi, untuk mengeringkannya Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Jangan sampai salah cara, yang nantinya malah mengakibatkan komponen pada ponsel tersebut menjadi rusak.

Baca Juga : HP Vivo Water Resistant Lebih Tahan Air, Simak Daftar Pilihannya!

Sementara untuk mengeluarkan air sementara adalah dengan cara mengibas-kibas perangkat itu. Tapi ketika melakukan itu, sebaiknya dengan perlahan-lahan. Jangan sampai ketika kibas-kibas, HP malah terlempar dari tangan Anda.

Sedangkan untuk langkah awal mengeringkan HP yang tercebur air adalah dengan menggunakan handuk kering, bersih dan lembut.

Pastikan saat mengeringkan menggunakan handuk, jangan lupa mengelap bagian-bagian sempit atau sela-sela ponsel seperti jack headphone, port pengisian daya dan sebagainya.

Baca Juga : HP Anti Air Pas untuk Musim Hujan, Harga Tidak Bikin Kantong Bobol

Setelah menggunakan handuk, air yang ada di luar dan dalam ponsel lumayan kering, maka selanjutnya bisa memakai silica gel. Barang yang satu ini biasanya terdapat pada kotak sepatu, barang elektronik yang baru atau lainnya.

Benda yang satu ini terbilang aman untuk mengeringkan HP yang tercebur air. Sebab, sifat dari gel silika ini bisa menyerap lembab dan air.

Kemudian, masukkan silica gel tersebut ke dalam wadah yang bisa muat untuk ponsel. Lalu, rendam HP ke dalam silica gel dan tutup serta tunggu dalam waktu 24 jam sampai 48 jam.

Jangan Pakai Hair Dryer untuk Mengeringkan

Sampai saat ini tidak sedikit yang mengeringkan bagian dalam ponsel kena air dengan memakai hair dryer.

Memang salah satu fungsi dari peralatan elektronik yang satu ini adalah bisa mengeringkan rambut yang basah dengan cepat.

Akan tetapi, sebaiknya Anda hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan HP yang tercebur air. Sebab, memang akan kering, namun dampaknya bisa merusakan komponen dalam smartphone.

Selain itu, air ada dalam ponsel tersebut nantinya akan menguap, dan malah membuat banyak titik air di layar.

Sedangkan untuk komponen dalam HP, dengan suhu panas yang tinggi dari hair dryer tersebut bisa berpotensi mengalami kerusakan.

Jadi, cara yang paling aman untuk mengeringkan HP tercebur air yaitu dengan menggunakan paper towel atau handuk kertas, handuk biasa yang kering dan bersih, dan juga silica gel. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto