Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruHukum Menjawab Salam Wajib, Mendatangkan 30 Kebaikan yang Haqiqi

Hukum Menjawab Salam Wajib, Mendatangkan 30 Kebaikan yang Haqiqi

Hukum menjawab salam masih belum banyak dari sebagian kita yang mengetahui dan menyadarinya. Bukan hanya itu saja, umumnya seseorang itu akan mudah mengamalkan atau mengerjakan setelah ia mengetahui mengenai keutamaanya.

Begitu juga dengan menjawab salam. Masih banyak yang enggan. Pasalnya, mereka juga belum mengetahui mengenai keutamaannya apa saja.

Padahal, jika kita mampu untuk mempelajari, tentunya akan ada banyak kebaikan atau pahala yang bisa kita dapatkan. Hanya dengan menjawab ataupun mengucapkan salam. Maa Syaa Allah. Allah benar-benar baik kepada hambanya. Memberikan berbagai macam cara guna menuju surga Firdaus-Nya.

Perlu menjadi pengetahuan untuk Anda bahwasanya setiap agama itu mempunyai salam yang berbeda-beda dan sudah pasti khas. Akan tetapi untuk kita umat muslim, salam yang menjadi ciri khas adalah “Assalamu’alaikum”.

Tetapi, itu bukan hanya sekedar salam biasa. Karena mengandung doa yang sangat memuliakan. Apakah Anda adalah seseorang yang mudah mengucapkan dan menjawab salam? Jawabannya ada dalam diri Anda sendiri.

baca juga: Perbedaan Syirik dan Musyrik, Dosa Besar yang Tidak Diampuni Allah

Ketahui Hukum Menjawab Salam dan Artinya

Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai hukum menjawab salam, perlu Anda pahami bahwasanya hukum menjawab salam itu wajib. Berbeda dengan mengucapkan salam. Mengucapkan salam justru memiliki hukum yang sunnah.

Salam yang kita ucapkan sebenarnya tidak hanya Assalamualaikum, melainkan masih ada terusannya yakni “Warahmatullahi Wabarakatuh”.

Arti dari ucapan salam tersebut “Semoga keselamatan juga rahmat dari Allah serta keberkahan terlimpah untukmu”.

Ternyata ketika kita mengucapkan salam dengan lebih lengkap, maka Allah akan lebih mencintai. Saat kita sudah mengetahui mengenai hukum menjawab salam, maka semua keutamaan akan kita dapatkan.

Mengenai hukum menjawab salam, dalam Al-Quran Surat An-Nissa ayat 86 menjelaskan:

Dalam tafsir Ibnu Katsir juga menerangkan bahwa ketika seorang muslim mengucapkan salam kepada kita, balaslah dengan salam tersebut dengan salam yang baik darinya atau balaslah dengan salam yang sama.

Hasan Al-Basri beserta ulama lainnya juga sepakat bahwa hukum menjawab salam adalah wajib bagi siapa saja yang memberinya salam. Jika tidak menjawabnya, maka berdosalah ia. Pasalnya, hal tersebut sangat berarti dan ia juga sudah melanggar perintah Allah SWT.

baca juga: Adab di Dalam Masjid, Hal Penting dalam Islam yang Harus Diperhatikan

Keutamaan Salam

Sebagaimana penjelasan pada bagian awal, bagi beberapa orang akan terdorong untuk memahami mengenai hukum menjawab salam setelah ia paham keutamaannya. Teruntuk Anda yang masih enggan untuk mengucapkan maupun menjawab salam, simak keutamaan salam berikut ini.

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan kepada umatnya menebarkan salam. Selain memiliki fungsi sebagai penghormatan juga doa keselamatan, salam menjadi tanda saling mengasihi.

Dalam hadits riwayat Abu Daud artinya: “Demi Tuhan yang jiwaku terdapat dalam kekuasaan-Nya. Kalian tak akan masuk surga sebelum beriman. Kalian juga tidak bisa dikatakan sebagai seorang beriman sebelum saling mengasihi. Perkara yang bisa kita lakukan akan saling mengasihi adalah sebarkanlah salam di antara kalian (Afsyussalam bainakum)”.

baca juga: Keistimewaan Bulan Dzulhijjah, Keuntungan Pahala yang Tak Terhitungkan

Cinta Antar Sesama Muslim

Untuk keutamaan yang satu ini, sebagaimana penjelasan dalam hadits Muslim yang menjelaskan bahwa seorang yang beriman tidak dikatakan beriman apabila ia belum saling mengasihi.

Nah, dengan kita mengucapkan salam yang di dalamnya terdapat penghormatan juga doa kebaikan, maka sudah berarti kita saling mencintai antar sesama. Bukan hanya saling mencintai dan mengasihi saja, akan tetapi juga memberikan doa yang terbaik.

Kita mendoakan orang yang kita beri penghormatan atau salam. Orang yang membalas salam kita juga mendoakan kita. Dalam perdagangan, berarti kita sama-sama mendapatkan keuntungan. Meskipun ini berwujud doa.

Mendapatkan 30 Kebaikan Jika Mengucapkan dengan Sempurna

Supaya kita bisa mendapatkan 30 kebaikan, mari kita bersama untuk ringan mengucapkan salam dengan sempurna. “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah wa barakatuh”. Jika kita mampu untuk mengamalkannya, maka In Syaa Allah, kebaikan yang akan kita dapatkan adalah sebanyak 30.

Berbeda juga dengan ketika kita mengucapkan “Assalamu ‘alaikum”, maka kebaikan yang akan kita dapatkan adalah 10 kebaikan.

Setelah kita mengetahui mengenai keutamaan beserta hukum menjawab salam, kita lebih banyak mendapatkan pahala dari Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -