Ikan Cupang Termahal di Dunia, Dibanderol Hingga Puluhan Juta

Ikan Cupang Termahal di Dunia, Dibanderol Hingga Puluhan Juta
Ilustrasi Ikan Cupang Termahal di Dunia. Foto: Ist/Net

Ikan cupang termahal di dunia harganya cukup fantastis. Bahkan mencapai puluhan juta. Ikan cupang merupakan salah satu hewan yang banyak penggemarnya.

Jenis ikan ini paling populer di dunia. Pasalnya, kebanyakan orang kagum dengan bentuk dan warnanya. Untuk dapat menemukannya, banyak toko hewan peliharaan yang menjualnya. 

Deretan Ikan Cupang Termahal di Dunia

Belakangan ini, betta atau ikan cupang mempunyai nilai lebih bagi beberapa orang. Sehingga banyak yang memburunya. Bahkan tidak sedikit yang menjualnya dengan harga yang cukup tinggi. 

Baca juga: Jenis Ikan Hias Cantik dengan Corak dan Warna Unik

Melansir dari laman keepingfish, terkadang ikan cupang termahal di dunia sulit ditemukan di toko hewan peliharaan. Ikan-ikan tersebut merupakan bagian dari jaringan peternak di seluruh dunia. Mereka menciptakan ikan yang sangat indah dari segi bentuk dan warna melalui pembiakan selektif. 

Kemudian terdapat Show bettas atau ikan cupang yang standar untuk menunjukkan kompetisi. Biasanya akan ada acara tahunan seperti Kongres Betta Internasional, merupakan kompetisi dengan menampilkan cupang paling indah di dunia. 

Jika menjadi pemenang, maka ikan akan mendapatkan kredibilitas. Mengingat telah mendapat tinjauan dari juri khusus yang mengakses komposisi dan keindahan ikan cupang. Setelah mengikuti kontes, kadang ikan tersebut mempunyai harga yang lebih mahal. 

Ikan cupang juga terkenal sangat agresif, bahkan suka menyerang dan bertarung. Sehingga banyak yang menjadikannya sebagai ikan aduan. 

Namun, berbagai macam jenis ikan cupang saat ini mulai beralih menjadi ikan hias. Hal tersebut karena bentuk tubuh dan ekornya sangat indah. Berikut deretan ikan cupang termahal di dunia yang wajib Anda ketahui. 

Kachen Worachai

Ikan Cupang Termahal di Dunia
Kachen Worachai

Ikan ini mempunyai corak warna dominan biru, putih, dan merah. Bila melihatnya secara sekilas, hampir mirip dengan bendera nasional Thailand. 

Badan ikan mempunyai warna biru. Kemudian pada bagian perut membujur garis putih. Disisi lain pada bagian bawah sirip, terdapat warna merah yang sejajar.

Nama ikan cupang ini berasal dari pemiliknya, yakni, Kachen Worachai yang berdomisili di Thailand. 

Melalui sebuah lelang, Kachen Worachai  menjadi salah satu ikan cupang termahal di dunia. Bahkan harganya dibanderol hingga Rp 22 juta. Sungguh sangat fantastis bukan?

Cupang mungil cantik ini sempat menggemparkan para pecinta ikan. Pasalnya, harga ikan ini sangat tinggi. 

Half Moon

Half moon

Ekor yang panjang menyebar hingga 180 derajat, seperti setengah bulan. Mempunyai warna kemerahan, meskipun yang jantan relatif membosankan. 

Penamaan ikan ini berdasarkan dari bentuk ekor dan sirip, semua tersebar sepenuhnya. Keindahan ekornya sangat menakjubkan. Baik itu pada Half moon jantan atau betina. 

Untuk dapat mengetahui rotasi ekornya dengan cara membuatnya mengembang. Jika cupang mengembangkan seluruh ekornya, maka dapat menentukan besaran derajatnya. 

Baca juga: Ikan Hias Aquarium Untuk Usaha Ternak Rumahan yang Menjanjikan

Half moon saat berenang di dalam air sangat tenang. Ikan cupang yang masuk deretan termahal ini mulai terkenal di skala dunia setelah mengikuti kontes kejuaraan kecantikan di IBC. Kemudian mulai terkenal dan tersebar di beberapa bagian wilayah Eropa. 

Tidak ada habitat asli dari ikan ini. Karena salah satu ikan termahal di dunia ini berasal dari pengembangan dan persilangan. Jadi, tidak mempunyai indukan asli dengan fisik yang sama. 

Ciri-ciri ikan Half moon mempunyai berbagai macam warna tubuh. Mulai dari biru pekat, merah, dan ungu. Sementara untuk warna yang paling langka adalah kuning. Ikan cupang ini ciri utamanya bukan berdasarkan warna, akan tetapi ekornya. 

Sementara untuk matanya, mempunyai warna hitam yang sempurna, besar dan terlihat dominan di kepala. Hal seperti itu juga akan menjadi pengaruh besar terhadap harganya. 

Jenis cupang Half moon di Thailand mulai 500 ribu hingga 3 jutaan rupiah, bahkan ada yang terjual sampai Rp 8 juta. Sementara untuk pasaran Indonesia di toko ikan hias mencapai Rp 1 jutaan. 

Crowntail

Crowntail

Jenis ikan cupang Crowntail sangat langka. Ikan ini sangat unik dan membutuhkan perawatan halus karena sangat sensitif. 

Ekor Crowntail merupakan ekor terpanjang dalam keluarga ikan cupang. Dengan demikian ikan membutuhkan ruang yang relatif besar untuk membesarkannya. 

Tidak ada perbedaan antara ukuran ekor dan sirip. Keduanya mempunyai paku atau serit, yakni ekor menyerupai mahkota terbalik. 

Ikan ini muncul dalam beberapa varietas. Misalnya saja sinar ganda, tunggal, dan silang. Perlu Anda ketahui, jenis ikan ini sangat rentan terhadap penyakit yang menyerang siripnya. 

Untuk itu, perlu perawatan optimal pada kebersihan air. Crowntail menjadi salah satu ikan cupang termahal di dunia. Bahkan harganya bisa mencapai puluhan juta.

Plakat Betta

Ikan Cupang Termahal di Dunia
Plakat Betta

Pada umumnya, ikan cupang Plakat salah satu jenis betta termahal di dunia. Plakat akan muncul dalam berbagai warna. Kemudian untuk warna tergantung dari lingkungan tempat tinggalnya. 

Jenis ikan ini sangat aktif dan akan bergerak agresif bila di dekatnya ada musuh. Siripnya sangat pendek, bahkan relatif lebih dekat dengan tubuhnya. Jadi membuatnya tampak lebih besar dan kokoh.

Ikan Plakat akan bergerak agresif bila di dekatnya ada musuh. 

Keunikan dari plakat menjadi kunci dari harganya yang super mahal. Harganya bisa mencapai $ 1.500 atau Rp 20 jutaan lebih, tergantung pada keunikan warnanya. 

Plakat berasal dari bahasa Thailand, mempunyai arti tarung. Jadi, ikan ini merupakan jenis cupang aduan. Konon, tradisi adu cupang berasal dari Thailand awal mulanya. 

Fancy 

Fancy

Jenis ikan cupang termahal di dunia selanjutnya adalah Fancy. Ikan ini memiliki ukuran sirip yang tidak begitu besar seperti pada Half moon. Namun warnanya sangat cantik dan memukau. 

Ikan cupang Fancy populer karena kombinasi warna gradasi. Jadi seperti lukisan yang cantik. Sehingga harga ikan ini sangat mahal. 

Untuk itu, di kalangan pecinta ikan cupang, Fancy menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sebab, warnanya beragam dan cantik-cantik. 

Kemudian varian harga tergantung dari corak warna yang dia miliki. Semakin unik maka akan makin mahal pula. 

Giant

Giant

Sesuai dengan namanya, ikan cupang termahal di dunia selanjutnya adalah Giant mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar daripada jenis ikan lainnya. Untuk panjangnya dapat mencapai hingga 12 cm. 

Ikan cupang raksasa ini pengembangnya adalah breeder dari Thailand. Berkat ukuran tubuh yang besar, membuat pergerakannya lebih lincah daripada jenis cupang lain. 

Hingga sekarang, Giant sering dikawinkan dengan jenis cupang lain. Sehingga menghasilkan anakan dengan bentuk dan warna yang lebih bervariasi. 

Banyaknya breeder yang telah mengawin silangkan Giant, membuat jenisnya bertambah banyak. Misalnya saja cupang Giant Betta, Giant Crowntail, dan Giant Half moon. Harga ikan cupang Giant termahal dapat mencapai hingga Rp 5 jutaan per ekor. 

Ikan cupang Giant sebenarnya berasal dari Thailand. Cupang banyak ditemukan di danau atau sungai. Kemudian banyak yang mengambilnya untuk dikawin silangkan, karena lebih besar dari cupang pada umumnya. 

Ciri-ciri ikan ini dari segi warna tidak dapat menjadikannya patokan. Sebab sangat bervariasi dengan indukan dan pasangan dengan kawin silang sebelumnya. Namun, pada dasarnya mempunyai warna putih pada tubuh dengan ekor hitam atau biru. 

Sementara untuk bentuk tubuhnya kekar dan besar. Selain bentuk tulangnya yang terlihat jelas, bagian sirip bawah, body tengah, dan atas juga demikian. 

Mata ikan cupang Giant bulat sempurna dan lebih lebar. Sorot matanya sangat tajam dan agresif. Apabila melihatnya dari jarak yang lebih dekat. 

Ikan cupang Giant memerlukan porsi makan yang lebih besar daripada jenis lainnya. Makanannya berupa pelet, jentik nyamuk, kutu air, dan cacing sutra hidup. Untuk menunjang pertumbuhan, menjaga warna dan bentuknya, berikan vitamin ikan cupang secukupnya. 

Double Tail

Ikan Cupang Termahal di Dunia
Double Tail

Ikan cupang Double Tail hampir mirip dengan Half moon. Perbedaanya terletak pada ekor, Double Tail terbelah atau bercagak dua. Karakteristik tersebut yang membuat penamaannya menjadi double tail atau ekor ganda. 

Untuk warnanya cukup bervariasi, dengan gradasi yang berbeda. Lebih uniknya lagi, Double Tail mempunyai anal dan pangkal sirip punggung yang sama rata. Jenis ini termasuk ikan cupang termahal di dunia.

Harganya relatif mahal di pasaran, bahkan mencapai jutaan. Karena jenis ikan ini sangat langka dan unik. Selain itu, sulit mengembangkan atau membudidayakan jenis ikan ini. 

Slayer

Slayer

Salah satu ikan cupang termahal di dunia yang banyak penggemarnya adalah Slayer. Ikan ini merupakan kawin silang antara Serit dan Half moon. Sirip dan ekornya lebar, kemudian mempunyai warna yang mudah dikenali.

Cupang Slayer mempunyai warna yang yang beragam. Ada biru metalik, orange, merah, dan perpaduan ketiganya. Kemudian untuk ekor dan siripnya lebar seperti Halfmoon. Sedangkan bentuk tubuh ramping dan lebih panjang daripada cupang Serit. 

Apabila sedang berenang, cupang ini seperti memiliki sayap yang sedang aktif. Kemudian ekor dan sirip  tampak lebih besar dari tubuhnya. Tubuhnya yang ramping membuatnya sirip dan ekor terlihat menyatu. 

Baca juga: Ingin Ternak Ikan Hias Air Tawar? Kenali Jenis yang Terpopuler

Untuk ukuran matanya terlihat lebih besar. Ukurannya sebenarnya hampir sama dengan mata cupang yang lain. Hanya saja karena tubuhnya ramping, jadi mata terlihat lebih besar. 

Harga ikan ini tergantung dari ukuran, usia, mental, keindahan dan kelincahannya. Untuk ikan cupang yang telah memenangkan kontes kejuaraan atau terbilang termahal, dibanderol hingga Rp 5 jutaan. 

Perawatan tiap ikan cupang berbeda-beda. Untuk Slayer, sebaiknya memberinya makan 2 kali sehari. 

Kemudian bila makanan tidak habis dalam 5 menit maka ambil sisanya. Tujuannya supaya tidak mengotori air. Selain itu agar tidak memicu datangnya virus atau bakteri pada air. 

Ganti air aquarium secara rutin. Taburkan garam khusus aquarium untuk mendukung pertumbuhan sirip dan ekor. Selanjutnya tambahkan suplemen ikan untuk menunjang warna sirip yang bagus. 

Wild Betta Fish

Ikan Cupang Termahal di Dunia
Wild Betta Fish

Pada umumnya, ikan cupang Wild Betta Fish juga masuk deretan termahal dan bahkan lebih mahal daripada betta Splendens. Di antara ikan cupang liar yang paling populer adalah Betta Hendra dengan tubuh ramping biru dan ekor yang seperti guppy betina. 

Kemudian terdapat Albimarginata atau Whiteseam Fighter. Siripnya berada di marginasi putih. Untuk spesies yang lebih umum adalah Imbellis dengan warna yang indah. 

Ikan cupang akan menyajikan warna yang sangat kontras saat Anda pertama kali melihatnya. Namun, seiring berjalannya waktu warna tersebut bisa saja memudar.

Cupang pada umumnya akan berubah warna seiring berjalannya waktu, karena usia yang semakin tua. Akan tetapi terdapat faktor lain yang menjadi penyebab perubahan warna, seperti stres dan penyakit. 

Untuk dapat mempertahankan warna dan kecerahan pada ikan cupang termahal di dunia, maka perlu perawatan yang tepat. Begitu pula untuk ikan cupang hias pada aquarium rumah perlu perawatan terbaik. Jaga kebersihan air aquarium untuk merangsang pertumbuhan ekor juga siripnya, serta beri makan dan vitamin secukupnya. (R10/HR-Online)