Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruInstal CWM Recovery Android Semua Jenis Tanpa PC

Instal CWM Recovery Android Semua Jenis Tanpa PC

Instal CWM Recovery Android memiliki banyak fungsi seperti untuk Back Up ROM, Custom ROM, delete cache dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, CWM Recovery juga efektif untuk menambah RAM dan mengoptimalkan kinerja RAM. Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa banyak orang yang menginstall CWM Recovery ini.

Baca juga: Mengatasi Installation Aborted Status 7 Error, Berikut Langkah Praktisnya!

CWM (ClockWorkMod) memiliki beberapa menu khusus yang belum terdapat pada ponsel kalian. Meskipun setiap ponsel sudah berbekal menu CWM, namun menunya sendiri masih terbatas. Untuk itu kalian perlu melakukan instal CWM Recovery agar bisa menikmati menu yang lebih lengkap.

Instal CWM Recovery Android Semua Jenis Tanpa PC

Saat ponsel mengalami error seperti WiFi tidak terhubung, masalah pada versi ponsel, dan lainnya. Kebanyakan orang akan menyarankan untuk melakukan restart hingga flash ulang. Proses flash ulang ini bisa kalian lakukan dengan bantuan komputer/pc ataupun tanpa pc. Melalui komputer kalian bisa menggunakan odin, software SP flashtool dan lainnya. Melalui komputer ini kalian juga bisa menggunakan menu recovery.

Membahas tentang recovery, sebenarnya semua ponsel Android sudah memilikinya. Hanya saja, dari banyaknya pengguna Android ada beberapa yang mengaku kesulitan saat ingin masuk ke menu recovery. Bahkan ada beberapa juga yang mengaku bahwa ponsel mereka tidak terdapat menu recovery.

Baca juga: Aplikasi Google Lens Android, Cara Aktivasi dan Kehebatannya

Guna mengatasi permasalahan seperti itu, kalian bisa melakukan instal CWM Recovery sendiri pada Android. Tools CWM Recovery ini sangatlah penting, terlebih lagi ketika ponsel mengalami gangguan. Nah, kalian yang ingin menginstalnya, berikutini tutorial instal CWM tanpa PC.

Melalui Aplikasi Rashr Tools

– Cara pertama sebelum instal CWM Recovery, pastikan kalian sudah melakukan root pada ponsel Android

– Jika sudah, silahkan unduh aplikasi Rashr Tools melalui play store. Jangan lupa juga untuk menyiapkan recovery.img

– Selanjutnya, kalian akan menerima permintaan untuk akses root dan pilih saja ijinkan

– Setelah membuka aplikasi, pilihlah menu Recovery from storage

– Pada menu tersebut, cari file yang sudah kalian download tadi (recovery.img)

– Jika sudah memilih file tadi, secara otomatis penginstalan akan muncul

– Setelah instal pada android selesai. Klik Yes pada notifikasi reboot to recovery untuk memastikan proses instal CWM Recovery pada Android telah berhasil.

Melalui Aplikasi Flashify

– Sama seperti pada langkah sebelumnya, agar bisa menggunakan aplikasi Flashify kalian harus melakukan root pada ponsel terlebih dulu.

– Jika sudah, segera unduh aplikasi Flashify melalui Google Play Store

– Setelah proses selesai, buka aplikasinya dan pilih Recovery Image pada menu dashboardnya

– Cari dan unduh recovery yang sesuai dengan ponsel Android kalian. Akan terdapat 3 pilihan jenis recovery yaitu, Philz, TWRP, dan CWM. Pilih jenis recovery CWM.

– Apabila sudah mengunduhnya, pilih Flash Recovery dan klik Ya saat muncul peringatan. Selanjutnya klik pada pilihan Reboot Now. Dengan mengikuti cara instal CWM ini, kalian bisa masuk dalam menu recovery pada Android.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Vulkan di Android Nougat dan Oreo, Simak Ulasannya!

Melalui Aplikasi ROM Manager

– Dapatkan aplikasi ROM Manager melalui Google Play Store. Apabila kalian menginginkan full akses, membeli versi Pro bisa menjadi solusi.

-Setelah proses download berhasil, buka aplikasi ROM Manager dan masuk ke dalam menu Recovery Setup

– Dalam menu tersebut kalian akan menemui beberapa jenis recovery. Seperti TWRP ( Team Win Recovery Project) dan CWM (ClockWorkMod). Karena kita membahas mengenai CWM Recovery, maka pilih jenis recovery CWM.

– Selanjutnya kalian akan mendapati menu Confirm Phone Model / Konfirmasi Model Handphone. Akan terdapat berbagai custom recovery untuk beberapa jenis ponsel.

– Apabila kalian mendapati peringatan Unsupported Device, jangan melanjutkan langkah ini.

– Pasalnya CWM recovery yang tidak sesuai bisa menjadikan ponsel error.

– Terakhir, klik pada pilihan Reboot To Recovery. Langkah ini untuk memastikan apakah instal CWM Recovery pada ponsel Android berhasil atau tidak.

Langkah diatas merupakan cara yang efektif untuk instal CWM Recovery pada ponsel Android dengan mudah. Apabila kalian ragu dan takut dengan beberapa hal seperti hilangnya semua file. Sebelum melakukan proses instal, sebaiknya backup terlebih dahulu untuk semua file yang penting. Satu lagi yang harus kalian perhatikan ketika ingin menginstal CWM Recovery ini, yaitu memastikan bahwa ponsel telah kalian root sebelumnya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru