Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruInterior Rumah dengan Unsur Kayu Ciptakan Kesan Hangat

Interior Rumah dengan Unsur Kayu Ciptakan Kesan Hangat

Interior rumah dengan unsur kayu untuk menciptakan tampilan dan kesan hangat di dalam rumah. Kayu merupakan material alam yang memiliki kemampuan menampilkan kehangatan pada setiap desain.

Sentuhan unsur kayu bisa menggunakan material sesungguhnya maupun yang menyerupai material kayu. Interior rumah dengan desain tersebut terbilang sukses, terlebih didalamnya ada berbagai unsur kayu.

Merangkum dari Arsitag, berikut ini beberapa interior rumah dengan desain sentuhan unsur kayu untuk menciptakan hunian yang memiliki kesan hangat.

Desain Interior Rumah dengan Unsur Kayu

Open Space Plan

Bagian lantai dasar untuk rumah dua lantai dengan desain open space plan tidak memiliki batasan antara satu ruangan satu dengan ruangan lainnya. Dari mulai foyer, ruang makan, dapur, dan ruang keluarga. Semuanya berada dalam satu area yang sangat luas dan terbuka.

Pada area tersebut menonjolkan sentuhan kayu melalui meja makan berbentuk persegi panjang, sehingga tak hanya bisa muat anggota keluarga inti saja.

Baca Juga : Desain Interior Rumah Monokrom Nyaman dan Tidak Monoton

Kemudian, area dapur yang lengkap dengan sejumlah kursi stool berbahan material logam yang lebih ringan dan terkesan modern. Keberadaan dapur ini bersandingan dengan meja makan.

Kesan Lapang dan Terang dengan Kaca Terbuka

Desain interior rumah dengan unsur kayu juga bisa memberikan kesan terang dan lapang seluruh area pada lantai satu. Ini merupakan kontribusi dari berbagai aspek.

Desain yang digunakan selain open space plan, pada area ini juga terlihat minim ornamen, sehingga mengarahnya lebih ke minimalis.

Item yang ada semuanya mempunyai fungsi tersendiri. Tidak hanya hadir sebagai dekorasi saja. Kesan terang dan lapang tersebut lebih terasa karena banyak terdapat bukaan langsung.

Bagian pintu dan jendela dari kaca dengan ukuran super besar tampak di setiap dinding bagian sisi. Bisa juga menambahkan beberapa cermin. Letakkan secara strategis agar cahaya matahari terpancar lebih merata guna penerangan alami.

Sentuhan unsur kayu yang menjadi aspek utama hunian alam modern ini hadir menggunakan pendekatan sedikit berbeda. Sejumlah furniture seperti halnya sofa yang menggunakan warna coklat gelap.

Baca Juga : Desain Tile untuk Interior Rumah yang Nyaman dan Tidak Membosankan

Warna coklat identik warna kayu. Begitu pula pilihan keramik untuk lantai yang memiliki bentuk serta warna menyerupai papan kayu.

Lantai Dua untuk Anggota Keluarga Inti

Interior rumah dengan unsur kayu pada bagian lantai satu memiliki kesan lebih terbuka, siap menyambut kedatangan siapa saja. Sedangkan, untuk desain pada lantai dua tampak lebih akrab jika memasukan unsur kayu.

Penempatan ruangan keluarga, area belajar, dan kamar tidur pada area lantai dua lebih ditujukan bagi anggota keluarga utama atau keluarga inti.

Sama seperti lantai satu, penggunaan unsur kayu terasa kental dengan menghadirkan aneka furniture berbahan kayu. Namun, tak ada salahnya masukan juga sentuhan berbeda untuk kursi berbahan anyaman rotan yang ada pada ruang keluarga. Terpenting masih mengusung tema natural.

Baca Juga : Dekorasi Interior Rumah dengan Tanaman Rambat yang Menyegarkan

Untuk sumber cahaya pada bagian lantai dua rumah dengan interior unsur kayu, pilih recessed lighting dengan penempatannya yang menyebar. Mengingat desain lantai dua lebih tertutup, berbeda dengan ruangan lantai bawah.

Paduan Material Alam dan Modern untuk Tangga Utama

Interior rumah dengan unsur kayu yang terkesan hangat ini lebih condong ke natural. Meski begitu, penggunaan material modern tetap ada. Seperti halnya pada bagian tangga utama penghubung lantai dasar dengan lantai dua.

Tangga berbahan kayu modern yang disokong material dari baja dan railing kabel berbahan baja. Kemudian untuk sentuhan akhir, setiap anak tangga terdapat sentuhan papan dari kayu jati.

Hasilnya, tak hanya memiliki tangga yang kuat, tapi juga sentuhan kesan natural yang hangat tetap terlihat. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img