Kaca Mobil Baret, Jangan Panik Inilah 4 Cara untuk Mengatasinya

Kaca Mobil Baret
Ilustrasi Kaca Mobil Baret. Foto: Ist/Net

Kaca mobil baret tentu akan sangat mengganggu pengemudi dalam mengendarai kendaraan. Selain itu baretnya kaca pada mobil juga akan mengurangi nilai keindahan pada kendaraan. Goresan tersebut bisa saja muncul lantaran sering tergesek oleh karet wiper yang mulai getas.

Untuk itulah ketika kalian mendapati kondisi karet wiper yang sudah mengeras, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Selain karena wiper, bisa juga kaca mobil yang baret juga karena kesalahan penggunaan kain untuk mencuci kendaraan. Meskipun kesalahan penggunaan kain ini cukup jarang terjadi, namun segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Baca Juga : Memperbaiki Kaca Mobil Retak, Lakukan 4 Langkah Ini Secara Berurutan

Mengenai karet wiper yang sudah mulai mengeras, sebaiknya kalian lakukan pengecekan setiap 3 bulan sekali. Untuk menjaga agar kondisi karet wiper tidak mudah getas, hindari dari paparan sinar matahari secara langsung. Pasalnya karet yang setiap hari terkena air dan panas secara bergantian akan semakin mudah mengeras hingga bisa merusak kaca mobil.

Kaca Mobil Baret, Jangan Langsung Panik, Berikut Ini Cara Mengatasinya

Dalam sebuah kendaraan, kaca mobil adalah bagian yang harus kalian perhatikan agar selalu bersih dan terhindar dari goresan. Biasanya selain karena karet wiper yang getas, penyebabnya karena kelalaian pengendara, yaitu lupa menyalakan washer. Akibatnya saat kalian menyalakan wiper untuk membersihkan debu, sangat mungkin partikel-partikelnya menggores kaca.

Cara mengatasinya yang paling mudah tanpa ribet yaitu dengan membawa kendaraan ke pakar glass detailing. Namun kalian tentu harus menyiapkan budget yang tidak sedikit untuk mendapatkan kaca yang kembali seperti baru lagi. Nah, kalian yang memiliki dana terbatas, jangan khawatir karena ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi kaca mobil yang baret ini.

Menggunakan Kompon

Untuk menghilangkan bekas baret pada kaca mobil, kalian bisa menggunakan kompon yang terjual bebas di toko spare part. Kompon sendiri merupakan bahan kimia menyerupai krim warna putih dengan fungsi untuk mengikis permukaan benda. Cara menggunakannya pun sangat mudah, sebelum mengaplikasikan pada kaca sebaiknya bersihkan kaca mobil terlebih dulu.

Setelah kaca benar-benar bersih dari debu, barulah gunakan spons untuk mengolesi kompon. Oleskan kompon secara merata ke seluruh bagian kaca mobil yang terbaret lalu menggosoknya secara perlahan menggunakan lap microfiber. Setelah selesai menggosok, kaca mobil pun akan tampak seperti baru lagi.

Menggunakan Pasta Gigi

Apabila kalian tidak punya cukup waktu untuk membeli perlengkapan mobil, terdapat salah satu barang yang tersedia di rumah sebagai alternatif. Rupanya pasta gigi juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai penghilang baret kaca pada mobil. Hal ini karena dalam pasta gigi mengandung bahan pemutih seperti hidrogen peroksida atau carbamide peroxide.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup mengambil pasta gigi secukupnya untuk mengolesi pada bagian kaca yang baret. Selanjutnya oleskan dengan jari tangan atau kain yang lembut agar tidak menambah baretan pada kaca. Diamkan sesaat kira-kira 10 detik lalu gosokkan secara perlahan dengan kain tadi. Nah setelah itu goresan akan hilang dan kaca kembali bersih seperti sedia kala.

Cairan Amonia

Hampir sama seperti kompon, untuk mendapatkan cairan ini kalian harus mengunjungi toko bahan kimia atau apotek terdekat. Jika sudah mendapatkan cairan ini, ambil sekitar 15 ml cairan kemudian campur dengan setengah liter air. Aduk hingga keduanya tercampur rata, lalu celupkan kain lembut untuk menggosok ke area kaca mobil yang baret.

Menggosoknya pun tidak perlu dengan tenaga penuh, cukup perlahan saja agar tidak melukai kaca. Setelah itu diamkan sesaat agar cairan bisa menyerap ke dalam kaca lalu bersihkan dengan air bersih. Apabila baret ternyata masih belum hilang, ulangi lagi hingga kaca mobil benar-benar terbebas dari baret.

Baca Juga : Pelindung Kaca Mobil, Gunakan Tips Memilih yang Berkualitas Bagus

Namun karena cairan ini berbahan kimia, maka gunakan secukupnya saja. Bukan tanpa alasan, penggunaan yang berlebih justru bisa menjadikan kaca semakin baret. Satu lagi, ketika menggunakan cairan ini pastikan tidak mengenai bagian lain pada kendaraan.

Lakukan Perawatan Rutin

Agar kaca mobil tidak sampai mengalami baret, tentu kalian harus melakukan perawatan pada kendaraan. Langkah pertama kalian bisa melakukan perawatan dengan mengecek kondisi karet wiper apakah masih bagus atau mengalami kerusakan. Jika wiper terasa keras atau getas sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Namun, jika kalian belum memiliki cukup waktu membeli karet ini, gunakan kompon untuk mengolesi permukaan karet wiper. Cara ini cukup efektif untuk membantu mencegah karet keras setidaknya hingga 1 bulan pemakaian. Setelah itu, pastikan kalian segera membeli karet baru untuk menghindari kaca mobil baret. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto