Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruKecelakaan Terjadi, Kotak Hitam Pesawat Menjadi Kunci

Kecelakaan Terjadi, Kotak Hitam Pesawat Menjadi Kunci

Kotak hitam pesawat menjadi kunci untuk mengetahui sebab sebuah kecelakaan terjadi. Komponen penting pada pesawat ini selalu menjadi target pencarian tim penyelamat selain para penumpang serta kru.

Saat sebuah kecelakaan transportasi udara terjadi, perhatian semua orang langsung tertuju pada bagian dari pesawat. Komponen penting yang dapat memberitahu Anda sebab dari terjadinya peristiwa tersebut.

Baca juga: Cara Kerja Mesin Pesawat Terbang, Ternyata Begini!

Seperti apa yang baru saja terjadi di Filiphina, saat kotak hitam dari sebuah pesawat akhirnya ditemukan. Hal ini menjadi sebuah kabar gembira bagi semua orang terutama bagi keluarga korban.

Tak pernah ada yang menginginkan sebuah kecelakaan terjadi, akan tetapi hal tersebut tak bisa Anda hindari. Saat terjadi, mencari tahu penyebab dan mencegah terulang kembali adalah hal yang dapat dilakukan selanjutnya.

Kecelakaan pada transportasi udara cukup banyak terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Terjadi pada rute dalam negeri dan ada pula penerbangan ke negara lain.

Jumlah korban dalam sebuah kecelakaan pesawat yang terjadi tidaklah sedikit. Belum lagi kerugian material dari maskapai tersebut.

Hal tersebut tentu saja sangat mengkhawatirkan, karena bukan di Indonesia saja sebuah kecelakaan pesawat terjadi. Banyak negara lain di dunia mengalami hal yang sama juga.

Karena kondisi pesawat yang telah tua, cuaca atau pun human error bisa menjadi penyebab sebuah kecelakaan. Semua dapat diketahui dengan bantuan dari sebuah kotak hitam yang menjadi kunci.

Anda pasti sering mendengar bagaimana upaya tim penyelamat untuk mengevakuasi serta menemukan komponen tersebut. Guna mengetahui apa yang sebernarnya terjadi selama penerbangan sebelum terjadinya kecelakaan.

Apa Itu Kotak Hitam Pesawat?

Kotak hitam atau black box sesungguhnya merupakan sebuah hard drive dalam sebuah pesawat. Hard drive ini memiliki kemampuan atau fungsi untuk merekam seagal sesuatu dalam penerbangan.

Hard drive ini akan selalu ada dalam setiap pesawat, minimal terdapat dua onboard. Komponen ini mampu merekam semua hal selama terbang dari satu tempat ke tempat berikutnya.

Meskipun bernama kotak hitam atau black box, akan tetapi sesungguhnya berwarna oranye. Nama tak selalu menggambarkan warna sesungguhnya dari komponen penting dalam penerbangan ini.

Tak banyak yang mengetahui jika sesungguhnya kotak hitam pesawat terdiri dari dua jenis berbeda. Keduanya memiliki fungsi atau manfaatnya masing-masing yang dapat memperlihatkan semua perjalanan tersebut.

FDR dan CVR adalah dua jenis hard drive yang berada di dalam atau merupakan isi dari balck box tersebut. Keduanya berisikan data penting yang akan menggambarkan apa yang terjadi berdasarkan percakapan pilot.

Bukan itu saja kotak hitam juga berisi data yang terdiri dari beragam suara termasuk mesin pesawat. Namun, terdapat batasan rekaman terutama pada CVR yang akan menghapus secara otomatis.

CVR akan secara otomatis menghaspus semua rekaman audio dari penerbangan dua jam terakhir. Hal inilah yang menjadi informasi penting saat sesuatu terjadi pada sebuah pesawat.

Melalui FDR dan CVR, pihak berwenang suatu negara juga tim dari perusahaan pembuatnya dapat lebih mudah mengetahui apa yang terjadi. Sehingga nantinya dapat mencegah hal yang sama terjadi jika berkaitan dengan kondisi pesawat.

Kotak hitam menjadi hal wajib untuk semua jenis pesawat terutama yang bersifat sarana umum atau komersil. Karena tak pernah ada yang tahu kapan dan bagaimana sebuah kecelakaan terjadi.

Komponen Penting Pesawat untuk Ungkap Penyebab Kecelakaan

Dalam sebuah kotak hitam pesawat sesungguhnya terdapat dua jenis hard drive dengan tugas atau fungsi berbeda. Terdiri dari FDR atau flight data recorder dan CVR atau cockpit voice recorder.

Kedua komponen tersebut sangat penting unutk dapat mengetahui apa yang sesungguhnya terjadi. Saat tak memungkinkan untuk meminta keterangan atau pun berbicara dengan awak pesawat.

Kotak hitam ini sangat penting untuk mengungkap sebuah kecelakaan, akan tetapi jika jatuh di laut lepas, sulit untuk menemukannya. Meskipun sebenarnya terdapat suar pencari lokasi bawah air.

Suar ini berfungsi untuk dapat mengirim sinyal sata terjadi kontak dengan air hingga baterai habis. Waktu habis baterai pada suar ini umumnya sekitar satu bulan, akan tetapi lebih cepat Anda temukan akan jauh lebih baik.

Baca juga: Pesawat Rahasia AS Kembali ke Bumi, Ini Misi Hingga Kontroversinya

Namun, terdapat batasan atau radius sinyal dari kotak hitam pesawat ini. Saat berada sekitar dua kilometer, maka cukup mudah menemukannya.

Jika ternyata radiusnya cukup luas atau lebar, maka memasang sebuah beacon yang kuat akan sangat membantu. Dengan demikian nantinya tim penyelamat tak terlalu sulit unutik menemukannya meskipun di dalam air.


Seperti yang terjadi pada pesawat Sriwijaya Air SJ – 182 yang jatuh di laut lepas. Akhirnya kotak hitam tersebut dapat tim penyelamat temukan.

Atau yang baru terjadi yaitu pada pesawat di Filiphina yang pesawat jatuh di daratan, sehingga tak terlalu sulit. Akan berbeda jika pencarian berada di laut dalam.

Melalui data dari FDR atau pun CVR, pihak berwenang dalam penyelidikan sebuah kecelakaan pesawat dapat lebih mudah mengungkapkannya. Karena bisa diketahui penyebab dari kejadian tersebut.

Meskipun tak semua orang mengetahui jika dalam sebuah kotak hitam pesawat terdapat dua jenis komponen. Keduanya akan memberikan informasi yang petugas perlukan untuk penyelidikan.

Pada FDR bukan hanya merekam informasi terkait penrbangan yang berlangsung saja. Terdapat arah, kecepatan serta ketinggian pesawat juga kompas dan hal teknis lainnya.

Umumnya kotak hitam berada pada bagian yang paling tahan saat terjadi kecelakaan. Ekor merupakan bagian yang paling tahan saat hal tersebut terjadi.

Peranan Kotak Hitam Pesawat


Saat terjadi sebuah kecelakaan atau pun kondisi serius dan tak mungkin berbicara dengan pilot. Maka kotak hitam dapat membantu memperlihatkan atau merekonstruksi apa yang sebenarnya terjadi.

Tak heran jika kemudian tim penyelamat dari sebuah kecelakaan, bukan hanya mencari para korban saja. Mereka juga mencari kotak hitam yang berwarna oranye dan biasanya langsung dimasukkan dalam kotak dengan air di dalamnya.

Kotak hitam yang berisi rekaman percakapan pada kabin pesawat antara pilot, copilot dengan menara pengawas. Bukan itu saja terdapat pula data penting terkait kondisi yang terjadi saat itu.

Fungsi serta peranan dari black box ini sangat penting dalam berbagai penyelidikan sebuah kecelakaan transportasi udara. Itulah alasan kenapa sangat penting untuk menemukan sebelum baterainya habis.

Setelah kedua komponen penting tersebut berhasil petugas temukan, maka akan memasuki proses analisa. Proses ini dapat memakan waktu hingga berbulan-bulan unutk dapat mengetahui secara pasti apa yang terjadi.

Di Indonesia pihak yang berwenang dalam penyelidikan kecelakaan pada transportasi umum adalah KNKT. Tim dari pembuat kotak hitam pesawat serta KNKT yang nantinya kaan melakukan proses analisa tersebut.

Karena merupakan kunci dan penting untuk mengetahui penyebabnya, maka kamera video menjadi alat penting saat menganalisa. Hal tersebut menjadi cara yang biasa terjadi selama proses penyelidikan isi dari kotak hitam.