Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Saling Memaafkan Menjadikan Hidup Lebih Tenang

Keutamaan Saling Memaafkan Menjadikan Hidup Lebih Tenang

Keutamaan saling memaafkan memang menjadi suatu hal yang sangat perlu untuk diketahui bagi setiap manusia. Terkhusus lagi untuk para umat Islam.

Supaya setiap individu itu memiliki sifat yang mudah untuk memaafkan tanpa harus menanamkan sebuah penyakit hati dendam kepada saudaranya sendiri.

Dalam hidup, seorang manusia itu tidak akan luput dari berbuat kesalahan. Terkadang kita juga sering berbuat salah kepada orang lain, begitu pula sebaliknya.

Maka, maaf merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan seseorang demi menebus kesalahan. Akan tetapi, perlu kamu ketahui juga bahwa memaafkan itu bukan merupakan hal yang mudah.

Kebanyakan orang justru lebih mudah untuk mengatakan maaf daripada memaafkan. Di samping itu pula, maaf sendiri merupakan hal yang sangat mulia. Karena memang Baginda Rasul Muhammad SAW sudah mengajarkannya.

baca juga: Cara Membersihkan Najis Dalam Islam yang Menjadi Penghalang Ibadah

Beberapa Keutamaan Saling Memaafkan yang Menguntungkan

Tidak ada salahnya, jika kita mengetahui mengenai dalil Al-Quran yang mengharuskan kita untuk memiliki sifat memaafkan sebelum lanjut ke keutamaan saling memaafkan berdasarkan agama Islam.

Dalam Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 10 dijelaskan:

Namun melupakan kesalahan orang lain sekaligus melupakannya itu bukanlah hal yang mudah. Sebagaimana manusia terasa sangat susah untuk melupakan seseorang yang sudah menyakiti hati kita dengan begitu saja.

Meskipun begitu, namun Islam tidaklah membenarkannya. Untuk itu, penting sekali kita menanamkan sikap yang mulia ini sejak dini. Selain itu, juga perlu untuk mengetahui keutamaannya, seperti penjelasan berikut ini.

baca juga: Pengertian Iffah dan Contohnya Usaha Pengamalan juga Keutamaannya

Allah Mencintai Orang yang Memaafkan

Allah akan mencintai hambanya yang ikhlas untuk saling memaafkan. Masih banyak orang yang tidak ingin mendapatkan keutamaan saling memaafkan tersebut. Padahal, dampak baik yang akan didapatkan adalah Allah akan memberikan cinta dan kasih sayang-Nya kepada orang tersebut.

Siapa yang tidak mau mendapatkan cinta dari Allah? Semua umat Islam pastinya menginginkan hal yang demikian. Lantas apa yang membuatmu masih enggan untuk memberikan maaf? Jawabannya berada dalam dirimu pribadi.

Dengan mendapatkan cinta dari Allah dan kita juga mampu untuk mengamalkan semua yang sudah menjadi perintah-Nya, In Syaa Allah, semua permohonan dan doa-doa yang kita ucapkan akan Allah kabulkan. Allahumma Aamiin.

baca juga: Doa Agar Tidak Mimpi Buruk, Berikut Ini Lafadznya Lengkap dengan Arti

Mendapatkan Maghfirah

Selain menjadi hamba yang Allah cinta, keutamaan saling memaafkan adalah mendapatkan ampunan atau maghfirah. Ketika kita seorang muslim mampu untuk memberikan maaf kepada orang lain, sudah pasti Allah SWT akan memberikan ampunan yang jauh lebih besar.

Tidak hanya cukup itu saja, Allah juga akan bermurah hati kepada para hambanya tersebut. Maa Syaa Allah, setiap amal kebaikan yang manusia lakukan memiliki timbal balik yang tersendiri.

Batin dan Jiwa Menjadi Lebih Tenang

Orang yang memendam rasa dendam dalam waktu yang lama, maka akan merasakan kegelisahan. Hal yang demikian itu sudah pasti akan terjadi. Maka, salah satu keutamaan saling memaafkan adalah menjadikan kondisi dalam hati menjadi lebih tenang.

Bukan merasakan kegelisahan yang terus-menerus. Untuk itu, marilah kita saling memaafkan sesama saudara muslim. Supaya dalam kehidupan kita menjadi lebih tenang dalam menjalankan segala hal amal kebaikan.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi Allah juga akan meninggikan derajat umat manusia yang mampu dengan ikhlas untuk memberikan maaf kepada siapa saja yang pernah menyakiti hatinya.

Meski di hadapan manusia kita hanya biasa saja, akan tetapi derajat kita di hadapan Allah itu tinggi. Hal tersebut juga hanya Allah Ta’ala yang mengetahuinya.

Mengharapkan Ridho dari Allah SWT

Seorang muslim yang dapat memaafkan kesalahan orang lain dengan ikhlas, sudah pasti mengharapkan ridho dari Allah semata. Mereka sadar bahwa menyimpan rasa dendam merupakan sebuah kesalahan yang menyebabkan dosa.

Hal yang demikian ini juga terdapat dalam Al-Quran surat Asy-Syura ayat 37:

Setelah membaca atau mengetahui mengenai keutamaan saling memaafkan tersebut, semoga tidak ada dendam di antara kita. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -