Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Hand Sanitizer Selain untuk Membunuh Virus

Manfaat Hand Sanitizer Selain untuk Membunuh Virus

Manfaat hand sanitizer ternyata tak hanya efektif untuk membunuh virus. Cairan disinfektan ini juga ada banyak kegunaannya lainnya yang masih banyak orang belum tahu. Baik untuk menghilangkan noda hingga mencegah infeksi.

Sejak wabah pandemi Covid-19 merebak, banyak orang yang mencari dan membutuhkan hand sanitizer. Apalagi cairan kimia ini juga menjadi bagian penting dari protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona.

Setelah mengalami booming sejak awal pandemi virus Corona karena kegunaan hand sanitizer yang luar biasa. Bahkan saat ini harga jual hand sanitizer sudah sangat terjangkau.

Manfaat Hand Sanitizer untuk Kesehatan

Ternyata manfaatnya tidak hanya bisa untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona saja. Lebih dari itu masih banyak fungsi antiseptik ini yang bisa kita temukan dari hand sanitizer.

Bahkan, disinfektan ini juga bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan perawatan kulit loh! Mau tahu apa saja manfaat hand sanitizer selain untuk membunuh virus? Berikut informasi menariknya untuk Anda!

Baca Juga : Langkah Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Formula Versi WHO

Membunuh Bakteri

Selain dapat menjadi alternatif mencegah virus Covid-19, hand sanitizer juga dapat membunuh bakteri dengan kandungannya. Oleh sebab itu, sangat penting agar Anda selalu menyemprotkan hand sanitizer sebelum makan.

Dengan begitu bakteri yang menempel pada tangan bisa kita bunuh. Hal ini juga agar bakteri tidak masuk ke mulut bersama makanan yang akan Anda makan dan tidak mengganggu sistem pencernaan Anda.

Membantu Mengurangi Rasa Gatal

Jika Anda mengalami gatal-gatal karena debu, tungau atau gigitan serangga, Anda bisa atasi dengan menyemprotkan bagian yang gatal dengan hand sanitizer. Dengan demikian rasa gatal yang Anda rasakan akan berkurang.

Hal ini terjadi karena kandungan yang dapat Anda temukan dalam alkohol sebagai salah satu bahan penyusun hand sanitizer. Alkohol mengandung antiseptik yang dapat mencegah infeksi. Zat tersebut dapat membantu mengurangi inflamasi pada jaringan kulit.

Baca Juga : Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alami, Tidak Sulit dan Lebih Aman

Mencegah Inflamasi Pada Kulit

Manfaat hand sanitizer lainnya juga efektif untuk mengatasi masalah inflamasi atau peradangan dengan sangat mudah. Jika ada kondisi kulit yang memerah akibat inflamasi yang terjadi karena berbagai faktor, Anda bisa atasi dengan hand sanitizer.

Anda tinggal bersihkan dulu area kulit yang mengalami peradangan, kemudian semprotkan hand sanitizer. Lakukan secara rutin sampai kondisi kulit Anda sembuh dari radang.

Jangan lupa juga selalu jaga kebersihan tubuh Anda setiap saat agar kondisi inflamasinya tidak bertambah parah.

Membantu Mensterilkan Luka Ringan

Jika Anda baru saja terjatuh, terluka karena pisau atau benda tajam lain, Anda bisa mengambil manfaat hand sanitizer. Cairan ini berguna untuk mensterilkan luka tersebut dan mencegah dari infeksi.

Dengan kandungan alkoholnya sebanyak kurang lebih 60 hingga 70 persen, menjadikan hand sanitizer berfungsi juga sebagai obat luka.

Baca Juga : Produk Hand Sanitizer Lokal Recommended

Cara mensterilkan luka ringan dengan hand sanitizer sangat mudah. Cukup Anda tuangkan hand sanitizer pada kapas, atau langsung menyemprotkan pada bagian tangan atau kaki yang terluka. Kemudian tutup dengan kain kasa.

Membersihkan Alat Make Up

Alat make up yang sering kita gunakan dapat menyebabkan banyak bakteri tumbuh dan bersarang. Alat make up yang kotor juga bisa membuat kulit Anda mudah berjerawat.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda bersihkan alat make up secara rutin. Salah satunya dengan menggunakan manfaat hand sanitizer. Cairan disinfektan ini juga sangat ampuh membunuh kuman dan bakteri yang bersarang pada alat kosmetik.

Bisa untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu permasalahan kulit wajah yang sangat mengganggu penampilan, khususnya bagi wanita. Gangguan ini terjadi karena bakteri yang terdapat pada pori-pori kulit wajah.

Nah, cairan alkohol yang terdapat dalam hand sanitizer juga berguna untuk mengurangi inflamasi pada jerawat. Dengan menggunakan hand sanitizer akan membuat jerawat lebih mudah mengering dan lenyap.

Namun berhati-hati dalam aplikasinya, karena jika berlebihan malah bisa membuat luka. Cukup oleskan tipis-tipis saja atau dengan mencampurkan dengan sedikit air.

Itulah berbagai manfaat hand sanitizer yang bisa Anda temukan. Selain bisa membeli ke apotek atau toko obat, Anda juga bisa membuat hand sanitizer sendiri. Ada banyak tutorial yang sudah beredar di internet atau YouTube. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -