Manfaat Matahari Bagi Kehidupan Makhluk Hidup Sehari-hari di Bumi

Manfaat Matahari Bagi Kehidupan
Ilustrasi Manfaat Matahari Bagi Kehidupan. Foto: Ist/Net

Manfaat Matahari bagi kehidupan tentulah sangat besar. Sumber energi ini paling dibutuhkan. Tidak hanya sebagai sumber penerang yang menyinari belahan bumi dan dunia namun juga memiliki manfaat besar lainnya baik untuk manusia, tumbuhan, hewan dan makhluk hidup lainnya. 

Baca juga: Lidah Api Terbesar Matahari Bisa Terjadi Lagi Abad Ini, Mengerikan!

Matahari sendiri dapat memancarkan sebagian besar radiasi dengan nama elektromagnetik. Yakni dimana manusia hanya dapat melihat sedikit dari energi matahari. Hal ini disebut dengan cahaya tampak. 

Ini Manfaat Matahari Bagi Kehidupan Makhluk

Matahari sebagai bintang dari bola gas utama raksasa yang berdiameter 1,4 juta km. Memancarkan sumber utama yang besar saat cerah pada permukaan bumi sekitar 1000 Watt energi matahari setiap meter persegi. 

Sementara kurang dari 30 persen energi dipantulkan kembali ke angkasa. Untuk 47 persen dikonversi menjadi panas, dan 23 persen untuk seluruh sirkulasi kerja diatas permukaan bumi.

Sebagian kecil 0,25 persen berada pada angin, gelombang dan arus. Sebagian kecil 0,025 persen telah disimpan melalui proses fotosintesis untuk tumbuhan.

Manfaat Matahari bagi kehidupan juga untuk proses pembentukan batu bara dan minyak bumi. Sehingga secara ekstensif dan eksploratif untuk bahan bakar, pembuat plastik, bahan sintetis dan formika. 

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Matahari bagi manusia sehari-hari. Terutama pada setiap aktivitas manusia dalam berbagai hal. 

Memberikan Penerangan

Manfaat pertama hadir dari energi matahari yang membantu manusia dalam cahaya dan penerangan. Dunia akan gelap gulita tanpa adanya matahari.

Hal ini membuat seluruh manusia tidak akan mampu melihat apapun di lingkungan sekitar. Sehingga Matahari memiliki peranan penting bagi makhluk hidup. 

Berbeda dengan lampu, cahaya yang berasal dari matahari bisa manusia dapat secara gratis. Sedangkan lampu dari sumber energi listrik yang tidak gratis. 

Menjemur Pakaian dan lainnya

Tanpa adanya energi matahari maka manusia tidak akan mungkin mengeringkan cucian dengan cepat. Tanpa sinar matahari pakaian bisa menjadi apek dan basah. Manfaat Matahari bagi kehidupan juga dapat mengeringkan ikan,padi, dan masih banyak lagi. 

Selain itu manfaat Matahari untuk mengeringkan ikan asin juga dapat dimanfaatkan pembuatan garam dan proses pengawetan makanan. Dengan sinar matahari yang terik maka segala apapun yang dijemur maka akan kering. 

Menghasilkan Energi Listrik

Manfaat selanjutnya adalah untuk menghasilkan listrik. Energi listrik nantinya dapat digunakan sebagai cahaya saat gelap atau malam hari. Selain itu juga untuk menyalakan perangkat elektronik. 

Baca juga: Planet Baru Mengorbit HD 152843 Serupa dengan Massa Matahari

Penggunaan energi listrik tersebut berasal dari bantuan matahari atau sel surya. Hal ini sudah pasti ramah lingkungan. Energi matahari merupakan jenis energi yang terbarukan yang sungguh tidak terbatas. 

Manusia mulai memakai manfaat Matahari bagi kehidupan untuk pembangkit listrik tenaga matahari sehingga lebih optimal. Sumber dari Matahari tersebut tidak akan habis daripada tenaga nuklir maupun batu bara bagi kehidupan lingkungan sekitar. 

Begitu juga jika Anda memiliki pemanas air menggunakan sinar matahari, solar panel yang tidak besar dan Anda taruh diatas rumah.

Kemudian Anda menggunakan solar panel tersebut untuk mendapatkan energi listrik dari matahari maka Anda bisa lebih irit biaya listrik PLNnya. Mobil listrik telah menggunakan manfaat Matahari  dan dikembangkan sejak lama.

Panel Tata Surya

Energi sinar matahari dapat Anda gunakan sebagai sumber listrik tenaga surya. Caranya adalah meletakkan pelat-pelat logam.

Kemudian, pelat tersebut akan menyerap panasnya matahari. Lalu dengan bantuan teknologi maka panas matahari tersebut akan diubah menjadi listrik. 

Manfaat Matahari bagi Kehidupan Tumbuhan

Tak hanya untuk manusia saja, sinar matahari hadir bermanfaat untuk tumbuhan. Berikut manfaatnya: 

Proses Fotosintesis

Sinar matahari secara langsung mungkin manfaatnya tak begitu terlihat untuk manusia, namun sangat membantu tumbuhan. Hal ini adalah membantu tumbuhan dalam proses fotosintesis. 

Tanpa Matahari, maka tumbuhan yang ada di bumi akan mati. Hal ini sangat erat kaitannya dengan manusia.

Jika tidak ada tumbuhan di bumi maka manusia akan mudah musnah. karena tidak ada suplai oksigen yang dihasilkan dari tumbuhan. 

Hal ini berlaku hukum ketergantungan antara berlangsungnya kehidupan manusia dengan makhluk lainnya. Tumbuhan yang mendapatkan sinar matahari yang cukup maka akan tumbuh dengan rindang dan membuat lingkungan lebih segar dan sehat. 

Manfaat Matahari bagi kehidupan tersebut maka secara otomatis dapat mengurangi dampak global warming yang akan terjadi dimasa mendatang. 

Pengeringan Tanah dan kehidupan Tanaman Baru

Matahari juga bermanfaat untuk proses perkembangbiakan tumbuhan saat kita menanam. Proses pengeringan tanah juga membutuhkan cahaya, karena tak mungkin bisa mengering sendiri. 

Tanaman yang biji bunganya sudah kering maka akan jatuh ke tanah sehingga dapat tumbuh subur pada tanah yang kering tersebut.

Seperti halnya biji bunga matahari yang tumbuh di tempat yang lembab namun cepat layu jika dibandingkan pada tanah yang kering. 

Sumber matahari tidak akan pernah habis. Dapat Anda manfaatkan untuk rumah kaca bagi pertanian. Manfaat Matahari bagi kehidupan ini berfungsi untuk membantu proses pembentukan glukosa pada tumbuhan.

Jika gula tersebut tersedia maka ia akan membentuk senyawa organik lainnya yang nantinya diubah menjadi lemak dan protein yang sangat bermanfaat. 

Penghasil Nutrisi 

Matahari bermanfaat sebagai nutrisi terbaik untuk tumbuhan. Menurut penelitian, tumbuhan dengan penerangan yang cukup maka akan tumbuh maksimal, berbeda dengan cahaya buatan.

Baca juga: Matahari Terbit dari Utara, Fenomena Gerak Semu Matahari

Pertumbuhan akan semakin subur sehingga menjaga temperatur udara serta penghasil nutrisi. Kebersihan lingkungan akan terjaga dan membawa pengaruh baik bagi kesehatan manusia. 

Manfaat Cahaya Matahari Untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Matahari bagi kehidupan tentu sangat banyak. Bahkan sangat baik untuk kesehatan manusia. Begitu besarnya manfaat tersebut sehingga kehadiran matahari sangat kita butuhkan. Untuk kesehatan manusia manfaatnya sebagai berikut.

Sumber Vitamin D

Sebagaimana hidup sehat yang sering dianjurkan adalah berjemur dibawah terik matahari di pagi hari. Hal ini cahaya matahari pagi memiliki vitamin D, dan bermanfaat sebagai nutrisi terbaik untuk tubuh manusia. 

Kulit manusia memiliki sejenis kolesterol yang berfungsi membangun vitamin D. Apabila senyawa tersebut terpapar oleh UV-B matahari maka akan berubah menjadi vitamin D dan baik untuk tubuh. 

Vitamin D yang terkandung dari sinar matahari tersebut dapat bersirkulasi lebih lama dari vitamin D yang ada pada suplemen tersebut. Namun untuk jumlah vitamin D yang bisa diasup tubuh tergantung dari musim, usia, tabir surya dan pakaian. 

Meningkatkan Kualitas Tidur

Dari paparan matahari tersebut maka dapat membantu kita mengatur jam internal sehingga memastikan tubuh memproduksi melatonin secara cukup saat malam hari. 

Nah saat matahari mengenai retina manusia maka produksi serotonin tersebut juga akan di mulai. Dalam sebuah penelitian kecil menurut headline mengungkapkan mengenai manfaat Matahari bagi kehidupan. Semakin banyak cahaya alami yang subyek terima maka akan lebih baik kualitas tidurnya. 

Menguatkan Tulang Manusia

Dari sinar matahari yang cukup dan mendapatkan vitamin D maka membantu tulang manusia selalu terjaga. Vitamin D tersebut mampu mengatur kalsium serta menjaga kadar fosfor dalam darah manusia. 

Apabila anak-anak kekurangan vitamin tersebut maka akan beresiko rakhitis. Begitu juga dengan orang dewasa. Kekurangan vitamin D akan berhubungan dengan osteomalasia atau dalam artian pelunakan tulang. Bahkan juga mengakibatkan osteoporosis. 

Menjaga Kesehatan Mental

Selain hal diatas, manfaat matahari bagi kehidupan manusia adalah mampu mendukung pelepasan serotonin dan endorphin.

Keduanya berhubungan dengan suasana agar lebih bahagia. Hormon ini berguna untuk mengurangi depresi serta memberikan ketenangan tubuh. Manfaat bagi hidup manusia tersebut berasal dari sinar yang masuk ke mata. 

Paparan energi matahari dapat menurunkan kadar serotonin yang menyebabkan stres ataupun depresi berat. Oleh karena itu sangat baik mendapatkan sinar selama 10 hingga 15 menit per harinya. 

Temperatur Udara Sehat

Adanya energi matahari maka semua makhluk hidup tidak akan mendapatkan kehangatan. Hal ini berfungsi dalam menstabilkan temperatur suhu.

Sehingga sangat baik untuk kesehatan manusia. Kestabilan temperatur suhu mampu mempertahankan keberlangsungan kehidupan manusia. 

Terhindar Dari penyakit

Dengan adanya manfaat Matahari bagi kehidupan, maka manusia dapat mencegah penyakit kanker yakni kanker usus besar, kanker pankreas dan masih banyak lagi. 

Selain itu Matahari juga dapat menyembuhkan masalah kulit pada manusia. Anda hanya perlu mendapatkan manfaat dengan berjemur dan terkena paparan matahari pada bagian lengan, tangan serta wajah. Hal ini selama 5 hingga 15 menit sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Manfaat Sinar Matahari Bagi Hewan

Sedangkan kegunaan matahari bagi hewan adalah menghangatkan tubuhnya agar dapat bertahan hidup. Sebagian binatang memanfaatkan sinar matahari untuk membantu memperlancar proses pencernaan makanan pada hewan tersebut. 

Selain itu juga menjaga temperatur tubuh agar tetap hangat serta stabil. hal ini membantunya beradaptasi dengan lingkungan.

Terutama beberapa binatang reptil yakni kura-kura, buaya, ular dan masih banyak lagi berjemur di bawah sinar matahari. 

Manfaat Matahari bagi kehidupan lainnya yakni membuat tulang hewan semakin kuat dan membantu proses pengeringan bulu. Tak sampai itu saja, manfaat sinar matahari mampu membantu hewan untuk penerangan ketika mencari mangsa. 

Bahkan sebaliknya, hewan terhindar dari predator. Hal ini karena bisa melihat serta mengetahui para pemangsa. Tidak hanya manusia saja, hewan juga membutuhkan istirahat, sehingga dengan sinar matahari tersebut dapat mengatur siklus tidur layaknya makhluk lainnya. 

Manfaat Matahari Untuk Alam

Selain hal diatas, manfaat matahari sangat baik untuk alam. Terutama menjadi pusatnya galaksi Bima Sakti. Seluruh benda langit atau luar angkasa berupa planet, komet, satelit, asteroid dan lainnya yang melakukan rotasi mengelilingi matahari. 

Hal tersebut karena adanya gaya gravitasi matahari yang besar. Selain itu juga sebagai sumber energi yang tak terbatas bagi alam berupa sinar.

Karena rotasi bumi juga menyebabkan siang dan malam. Bagian yang terkena sinar matahari adalah wilayah saat siang hari. 

Selain itu manfaat Matahari bagi kehidupan juga membantu terjadinya siklus Air, Hujan dan Angin. Hal ini karena adanya matahari. Mulai dari penguapan yang berasal dari matahari. Hingga terjadi hujan yang dapat makhluk hidup manfaatkan di muka bumi ini. 

Baca juga: Bahaya Badai Suar Matahari Saat Mencapai Bumi, Ini Ancamannya

Bahkan berperan dalam pergantian musim. Pergantian musim hujan, salju, panas dan masih banyak lagi. Hal ini merupakan adanya pancaran energi matahari. 

Panas tersebut terpancar di beberapa daerah yang mengakibatkan perbedaan suhu daerah yang terkena sinar atau tidak. Sehingga membuat terjadinya rangkaian beberapa musim di berbagai belahan bumi. 

Oksigen untuk orgasme juga sangat baik dan berawal dari matahari. Makhluk bernafas sehingga menjadi kelangsungan mereka di bumi. Itulah manfaat Matahari bagi kehidupan di Bumi. (R10/HR-Online)