Manfaat Mengonsumsi Apel dengan Kulitnya, Jangan Dibuang!

Mengonsumsi Apel
Manfaat mengonsumsi apel dengan kulitnya. Foto: Net/Ist.

Manfaat mengonsumsi apel dengan kulitnya ternyata bisa membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Apel yang menjadi salah satu jenis buah-buahan yang banyak disukai orang.

Tak hanya warna hijau atau merahnya yang menarik, namun buah apel juga memiliki rasa manis dengan tekstur daging buahnya yang renyah. Itu semua menjadi sebuah daya tarik tersendiri dari buah apel.

Banyak orang yang mengonsumsi buah apel dengan terlebih dahulu mengupas bagian kulitnya. Hal ini untuk mengantisipasi zat lilin pada bagian lapisan kulit buah apel.

Padahal, jika makan buah apel berikut kulitnya justru itu lebih banyak manfaatnya. Apa saja manfaatnya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

4 Manfaat Mengonsumsi Apel dengan Kulitnya

Sumber Serat Alami

Baca Juga : Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan dan Berkhasiat Cegah Penyakit Jantung, Kanker Hingga Diabetes

Jika kamu tidak pernah makani buah apel dengan kulitnya, mulai saat ini hentikan kebiasaan tersebut. Karena, dengan mengupas bagian kulitnya maka jumlah serat sebesar 5,4 akan menyusut menjadi 2,8 gram. Ini hampir setengahnya dari total kandungan serat pada buah apel.

Padahal, serat merupakan nutrisi penting untuk menjaga pencernaan agar tetap lancar. Selain itu, nutrisi ini termasuk sebagai karbohidrat kompleks yang juga dapat membantu mengurangi risiko irritable bowel syndrome, diabetes, sembelit, hingga penyakit kanker usus besar.

Memberi Lebih Banyak Nutrisi

Manfaat mengonsumsi apel dengan kulitnya juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin. Kulit pada apel berukuran besar mengandung 10 miligram vitamin C, 4,9 mikrogram vitamin K, 239 miligram kalium dan 120 IU vitamin A, 116 kkal energi, serta 5.4 gram serat.

Meski mengupas kulit buah apel tidak akan menghilangkan nutrisinya, namun jumlah yang bakal kamu dapatkan tentunya menjadi berkurang.

Tapi jika kamu mengonsumsi buah apel lengkap berikut kulitnya, maka tubuh kamu akan mendapatkan 332 persen lebih banyak kandungan vitamin K.

Baca Juga : Buah untuk Asam Lambung yang Efektif, dari Pisang hingga Apel

Begitu pula kandungan vitamin C menjadi lebih banyak 115 persen, 20 persen lebih banyak kandungan kalsium, serta 142 persen lebih banyak kandungan vitamin A.

Mengurangi Risiko Kanker

Tak hanya itu, manfaat mengonsumsi apel dengan kulitnya juga bisa membantu mengurangi risiko terkena berbagai jenis penyakit kanker.

Penemuan tersebut berdasarkan hasil sebuah penelitian tentang pengaruh ekstrak dari kulit buah terhadap pertumbuhan sejumlah jenis penyakit kanker.

Dalam penelitian tersebut, para ahli menemukan ekstrak dari kulit buah apel gala mempunyai potensi paling besar untuk mencegah kanker.

Bagian kulit pada buah apel mengandung maspin, yaitu sejenis protein. Protein tersebut mampu bekerja untuk menghambat terbentuknya pembuluh darah sekitar tumor, dan mencegah penyebaran sel kanker.

Walaupun hal tersebut masih dalam penelitian dan masih perlu mengkajinya lebih lanjut, namun efek melawan sel kanker yang terdapat pada ekstrak kulit buah apel ini tergolong kuat.

Baca Juga : Mengeluarkan Racun dalam Tubuh, Cukup Konsumsi Buah-buahan Ini

Menjaga Kesehatan Sendi

Untuk menjaga kesehatan sendi, kamu juga bisa melakukannya dengan mudah. Karena, manfaat mengonsumsi apel dengan kulitnya dapat kamu andalkan untuk menghindari masalah tersebut.

Kulit apel bisa mengurangi gejala sekaligus rasa nyeri yang kronis jika kamu menderita gangguan sendi. Menurut hasil sebuah penelitian, rutin makan bubuk kulit buah apel selama 2 hingga 12 minggu dapat meningkatkan gerak persendian.

Sebagai penyebabnya lantaran kulit buah apel kaya akan antioksidan. Zat antioksidan ini terkandung pada bagian kulit buah apel. Bahkan jumlahnya lebih banyak daripada dagingnya.

Oleh sebab itulah kamu sebaiknya makan buah apel tanpa harus membuang kulitnya. Karena, senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah ini berperan langsung melindungi sel tubuh dari peradangan atau inflamasi, dan radikal bebas.

Namun, perlu kamu ketahui pula bahwa sebelum makan buah apel kamu harus mencucinya terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan kalau buah apel benar-benar sudah bersih dan siap kamu konsumsi. (R3/HR-Online)

Editor : Eva