Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Minyak Gondopuro Atasi Nyeri Sendi, Rematik, Aromaterapi

Manfaat Minyak Gondopuro Atasi Nyeri Sendi, Rematik, Aromaterapi

Manfaat minyak gondopuro untuk kesehatan sudah sangat terkenal dalam pengobatan tradisional Nusantara. Selain baik untuk meredakan rematik dan nyeri sendi, minyak herbal ini juga berkhasiat mengatasi sejumlah gangguan penyakit.

Minyak gondopuro merupakan minyak herbal yang terbuat dari hasil penyulingan dari daun tumbuhan gondopuro. Gondopuro atau gandapura (Gaultheria leucocarpa), mengutip dari Wikipedia, merupakan jenis tanaman perdu yang banyak terdapat pada dataran tinggi.

Daun herbal ini sangat khas dengan warna violet dan biru tua. Masyarakat kita sudah sejak lama menggunakan manfaat minyak gondopuro atau daunnya dalam pengobatan tradisional. Termasuk sebagai minyak gosok untuk pemijatan.

Menelusuri sejarah pemanfaatan tanaman herbal ini, ternyata gandapura telah menjadi bahan obat oleh bangsa Indian Amerika sejak zaman kuno. Karena itulah tanaman ini menjadi obat herbal tertua di dunia.

Dalam perkembangannya, masyarakat Perancis kuno juga telah memanfaatkan daun gondopuro ini. Namun, bukan menjadikannya sebagai minyak gosok melainkan mengolahnya sebagai bahan pembuatan teh herbal yang berkhasiat.

Manfaat Minyak Gondopuro untuk Kesehatan

Baca Juga : Manfaat Minyak Tawon untuk Atasi Diare hingga Melegakan Nafas

Penelitian terhadap kandungan daun gondopuro sudah ada sejak tahun 1800-an. Setelah itu, banyak riset lainnya menemukan beragam kandungan yang berkhasiat dalam daun tanaman ini.

Kandungan minyak gondopuro antara lain aspirin dengan kadar yang cukup besar. Selain itu juga terdapat berbagai senyawa aktif yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Nah, berikut ini berbagai manfaat minyak gondopuro bagi kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Mengatasi Nyeri Sendi dan Otot

Minyak gondopuro mengandung methyl salicylate yang dapat menimbulkan sensasi rasa hangat serta membantu melancarkan peredaran darah. Oleh sebab itu, biasanya minyak gondopuro sering orang gunakan sebagai obat urut atau minyak gosok untuk pemijatan.

Sensasi rasa hangatnya juga dapat mengatasi nyeri sendi, nyeri otot dan sekaligus menghilangkan pegal-pegal.

Bagi Anda yang sering capek karena aktivitas yang padat, sebaiknya selalu menyediakan minyak gondopuro sebagai obat gosok untuk mengatasi berbagai masalah persendian yang Anda alami.

Baca Juga : Manfaat Minyak Lawang Sebagai Penangkal Virus

Mengatasi Rematik

Manfaat minyak gondopuro juga berkhasiat untuk mengatasi rematik. Sebagai minyak yang memiliki kandungan analgesik, minyak gondopuro dapat membantu mengatasi dan meringankan nyeri bagi penderita rematik.

Bagi Anda yang mengalami rematik memang akan sering merasa nyeri. Ketika nyeri tersebut muncul, Anda bisa segera mengoleskan minyak gondopuro.

Anda juga bisa dengan atau tanpa campuran minyak lainnya. Setelah itu tinggal gosokkan pada bagian tangan atau kaki yang terasa nyeri karena rematik.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Anda yang menderita kolesterol dan sering mengalami tekanan darah yang tidak stabil bisa menggunakan minyak gondopuro untuk mengatasinya. Herbal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena sifat vasorelaxation yang ada.

Vasorelaxation merupakan sifat yang biasanya terkandung pada eugenol. Eugenol sendiri merupakan senyawa berwarna kuning pucat yang menyertai bahan seperti minyak- minyakan lainnya, salah satunya minyak gondopuro ini.

Baca Juga : Herbal Sakit Kepala dan Mual yang Aman, Praktis, dan Efektif

Sebagai Aromaterapi untuk Relaksasi

Anda yang butuh aromaterapi untuk memberikan sensasi rasa tenang, dapat memanfaatkan minyak gondopuro ini. Caranya dengan menghirup aromanya yang kuat. Anda bisa lebih rileks setelah menghirup aroma dari minyak gondopuro ini.

Namun, beberapa orang mungkin kurang suka dengan aromanya yang menyengat sehingga tidak bisa melakukan cara ini untuk meringankan bebannya.

Cara Menggunakan Minyak Gondopuro

Untuk mendapatkan semua manfaat minyak gondopuro, Anda juga bisa menggunakan herbal ini dengan sejumlah cara berikut ini.

  • Tuangkan 3- 4 tetes minyak gondopuro pada suatu wadah
  • Kemudian Anda bisa campur dengan minyak esensial lain sebanyak 2 tetes saja (dengan takaran minyak lainnya adalah setengah dari minyak gondopuro)
  • Aduk sampai merata hingga minyaknya menyatu
  • Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang nyeri dan sakit.
  • Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, selain bisa mengoleskan minyak gondopuro pada area kepala dan leher, Anda juga bisa menghirup aromanya sebagai aromaterapi untuk relaksasi.

Meskipun merupakan minyak alami yang terbuat dari bahan herbal, namun tidak semua orang bisa dengan aman menggunakan minyak gondopuro. Mereka yang tidak bisa mengambil manfaat dari minyak gondopuro antara lain.

  1. Orang dengan tipe kulit yang sensitif karena dapat mengakibatkan terjadinya iritasi kulit
  2. Orang yang menderita reaksi alergi terhadap aspirin dan salisilat
  3. Tidak dianjurkan untuk anak-anak yang berumur kurang dari 6 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui .

Itulah berbagai manfaat minyak gondopuro untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkan minyak alami ini dari toko obat atau secara online untuk menjaga kesehatan dan meringankan berbagai jenis penyakit. (R11/HR-Online)