Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Minyak Lawang Sebagai Penangkal Virus

Manfaat Minyak Lawang Sebagai Penangkal Virus

Manfaat minyak lawang ternyata tak kalah melimpahnya dari jenis herbal lainnya. Seperti untuk mengatasi nyeri sendi hingga mencegah terjadinya peradangan. Bahkan herbal ini juga berkhasiat menangkal bakteri dan virus penyebab penyakit.

Bunga lawang, mengutip dari Wikipedia, juga populer dengan sebutan bunga pekak. Ini merupakan tanaman rempah dari Tiongkok dan Vietnam yang cukup popular dalam dunia pengobatan tradisional di Asia.

Bentuk bunga lawang terlihat seperti bintang dan berwarna coklat. Proses ekstrak dari bagian bunganya inilah yang menghasilkan minyak lawang.

Kandungan atsiri yang tinggi dalam tanaman ini yang membuat banyak orang memanfaatkannya sebagai minyak herbal. Minyak lawang mengandung berbagai jenis senyawa aktif yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan itu antara lain senyawa eugenol, safrol, asam shikimik, dan senyawa minyak atsiri lainnya.

Manfaat Minyak Lawang untuk Kesehatan

Minyak lawang memiliki ciri khas berupa aroma yang segar dan cita rasanya yang agak pedas namun berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut ini manfaat minyak lawang untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kutus-kutus untuk Segala Penyakit

Mencegah Terjadinya Radang

Minyak lawang merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat dan memiliki kandungan anti inflamasi juga di dalamnya. Oleh karena itu, minyak lawang memiliki manfaat yang sangat besar dalam mencegah terjadinya peradangan.

Kandungan di dalam minyak lawang dapat menghambat terjadinya aktivasi beberapa senyawa pro inflamasi dalam sistem kekebalan. Juga dapat mencegah terjadinya rematik, aterosklerosis, bronchitis dan berbagai penyakit lainnya yang berkaitan dengan radang.

Sebagai Penangkal Virus

Minyak lawang yang terbuat dari bagian bunga dan kayu pohon lawang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat minyak lawang dari ekstrak bunga lawang yang mengandung asam shikimic ini dapat menjadi ekstrak yang sangat baik dalam menangkal virus.

Bahkan, senyawa yang terkandung pada bunga lawang merupakan bahan aktif berperan sangat penting dan digunakan pada sejumlah obat flu.

Minyak esensial bunga lawang juga dapat digunakan mengatasi berbagai macam jenis flu lainnya selain influenza, seperti herpes simpleks tipe 1 dan penyakit karena virus lainnya.

Baca Juga : Manfaat Minyak Biawak untuk Penyembuhan dan Perawatan Kulit

Zat Anti Jamur

Minyak bunga lawang memiliki kandungan anti jamur yang dapat mengendalikan berbagai jenis jamur tertentu agar berhenti untuk tumbuh. Jamur seperti Candida Albicans bisa dihentikan pertumbuhannya dengan zat anti jamur pada minyak lawang ini.

Jamur seperti itu merupakan jamur yang menjadi penyebab infeksi paling umum dan dapat menyebabkan penyakit kandidiasis yang tak terkontrol. Jika anda terinfeksi jamur seperti Candida Albicans yang menyebabkan penyakit kandidiasis.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan minyak herbal ini pada area yang terinfeksi. Oleskan secara rutin sampai gejala yang Anda alami sembuh dan hilang.

Zat anti jamur pada minyak lawang bahkan terungkap dari hasil penelitian. Terdapat empat senyawa antimikroba dalam herbal ini yang dapat menangani 70 strain bakteri.

Membantu Mengatasi Gangguan Tidur

Gangguan tidur bisa terjadi akibat banyak hal. Salah satunya rasa ketidak tenangan yang ada, tekanan, stress, dan sebagainya. Manfaat minyak lawang juga karena mengandung berbagai zat yang bersifat menenangkan.

Baca Juga : Efek Samping Minyak Zaitun bagi Tubuh yang Belum Banyak Diketahui

Sehingga bisa untuk mengatasi gangguan tidur. Kita bisa menjadikan minyak lawang sebagai herbal aromaterapi yang Anda campurkan dengan air hangat, kemudian hirup sebelum tidur.

Anda juga dapat mengoleskan minyak lawang sebelum tidur pada beberapa bagian tubuh seperti kepala, leher dan punggung sambil dengan memijat. Ini akan membuat Anda akan lebih rileks dan lebih mudah tidur setelahnya.

Mengatasi Masalah Rematik dan Nyeri Sendi

Manfaat minyak lawang juga dari kandungan eugenol yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, termasuk rematik, sakit punggung dan nyeri sendi.

Cara menggunakannya Anda bisa mencampurkan minyak lawang dengan minyak urut lainnya. Setelah itu, gunakan untuk mengurut atau memijat area yang sakit karena rematik atau nyeri sendi.

Zat Penolak Serangga

Bahan-bahan yang terdapat dalam minyak lawang memiliki khasiat yang sangat besar sebagai penolak serangga alami, dan efektif melawan beberapa spesies serangga.

Anda harus tahu dan memahami bahwa serangga tidak menyukai anethole yang merupakan senyawa utama dari minyak atsiri yang terkandung dalam minyak lawang.

Kandungan minyak atsiri dalam minyak lawang inilah yang berfungsi membuat serangga enggan dekat-dekat dengan orang yang menggunakan minyak lawang di tubuhnya. Baik dioleskan atau dijadikan aromaterapi pengusir serangga.

Itulah berbagai manfaat minyak lawang yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa menggunakan minyak bunga lawang sebagai bahan terapi guna mengatasi salah satu masalah yang ada. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh! (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -