Manfaat NFC pada HP Oppo, Kirim File Sampai Pambayaran Digital

Manfaat NFC pada HP Oppo
Ilustrasi manfaat NFC pada HP Oppo. Foto : Net/Ist

Jarang yang tahu manfaat dari fitur NFC pada HP Oppo. Padahal, fitur Near-field Communication ini sangat berguna dan memudahkan pengguna dalam berbagai hal.

Seperti kita ketahui bahwa dalam era modern sekarang ini, smartphone bukan hanya sekedar alat telekomunikasi saja. Tapi harus dapat memenuhi tuntutan dari si penggunanya.

Baca Juga : HP Infinix Note 10 Pro NFC Segera Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasi 

Selain itu, tidak hanya berdesain eye-catching dengan warna yang menarik, namun juga smartphone sekarang ini dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman yang teknologinya makin berkembang.

Salah satu yang saat ini pengguna perlukan adalah kepraktisan ketika mentransfer data atau juga melakukan transaksi dengan cara digital.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan itu, Anda bisa memanfaatkan fitur NFC yang terdapat pada HP Oppo. Adapun smartphone Oppo yang sudah menggunakan fitur tersebut pertama kali yakni seri R tepatnya R17 Pro.

Selain HP Oppo R17 Pro, ponsel besutan vendor asal China lainnya yang terdapat fitur NFC tersebut adalah Reno6 yang baru saja keluar pada tahun 2021 ini.

Deretan Manfaat Fitur NFC pada HP Oppo

Near-field Communication atau NFC sendiri merupakan hasil dari teknologi nirkabel yang bisa memungkinkan gadget untuk share informasi cukup dengan mendekatkan smartphone satu dengan yang lain.

Jadi dengan adanya fitur NFC ini, maka Anda dapat mengirim atau mentransfer file, video, foto, kontak, dan aplikasi. Bahkan NFC ini bisa melakukan pembayaran tanpa harus bertemu langsung dengan orang lain.

Sementara untuk cara kerjanya sendiri tidaklah ribet. Dalam mengirimkan atau menerima data, fitur ini memakai induksi elektromagnetik. Yaitu lewat gelombang radio yang berkecepatan tinggi saat memegang smartphone berdekatan satu dengan yang lain.

Baca Juga : HP Vivo dengan Fitur NFC, Berikan Dukungan Aktivitas Pemindaian

Sedangkan cara mengaktifkan fitur NFC ini, langkah pertama masuk ke menu Settings> Connection & Sharing. Kemudian, aktifkan NFC.

Namun, sebelum melakukan transfer data lewat NFC ini, Anda wajib dengan otomatis mengaktifkan Android Beam.

Lantas apa saja manfaat dari fitur NFC yang terdapat pada HP Oppo? Berikut ulasannya.

Bagikan Kontak

Fitur yang satu ini bisa memungkinkan Anda dalam mengirim detail kontak ataupun nomor ponsel dari satu smartphone ke yang lainnya secara otomatis.

Sementara untuk melakukan transfer atau berbagi kontak, maka terlebih dulu buka Kontak yang akan Anda bagikan. Setelah itu, sentuh smartphone secara bersamaan, lalu pilih untuk mengirim. Hasilnya, kontak yang Anda kirim tersebut bakal tersimpan pada Daftar Kontak di ponsel lain.

Kirim Gambar atau Video

Manfaat lainnya dari fitur NFC pada HP Oppo adalah bisa mengirim foto dari smartphone Anda ke tujuan perangkat lainnya.

Sedangkan langkah untuk mengirim foto dari smartphone satu ke yang lainnya, tinggal membuka “Gambar” pada aplikasi gambar pilihan Anda. Kemudian, tempatkan bagian punggung smartphone tersebut bersamaan, setelah itu tekan tombol atau pilihan “Kirim atau Send” jika meminta.

Mengirim Dokumen

Jika Anda ingin mengirim file berupa PDF, buku online atau sejenisnya, bisa memakai Android Beam.

Langkahnya, temukan terlebih dulu dokumen yang ada pada ponsel Anda. Kemudian, buka menu “Settings”, pilih Share > Android Beam. Jangan lupa untuk mendekatkan smartphone, setelah itu tekan pilihan “Kirim atau Send”.

Membagikan Aplikasi

Manfaat lain dari fitur NFC pada HP Oppo adalah bisa mengirim atau berbagi aplikasi secara langsung dengan smartphone lainnya.

Baca Juga : Mengaktifkan Fitur NFC, Berikut Ini Cara Mudahnya!

Namun, saat Anda membuka aplikasi serta menyentuhkan HP secara bersamaan, maka Anda perlu mengarahkannya guna membuka Play Store. Sehingga masing-masing perangkat bisa mengunduh dan menginstalnya sendiri.

Apabila pada smartphone lain sudah mempunyai aplikasi yang telah terinstal, Anda bisa membukanya dengan cara mengirimkan aplikasi tersebut ke smartphone Anda.

Kirim Pembayaran Via Smartphone

Manfaat terakhir dari fitur NFC pada HP Oppo ini bisa dikatakan penting. Pasalnya, saat pandemi Covid-19 sekarang ini, Anda harus menghindari kontak dengan orang lain. Terlebih dalam hal pembayaran yang secara tunai atau cash.

Nah, dengan adanya fitur NFC tersebut, maka memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran. Namun terlebih dulu harus mengunduh serta menginstal aplikasi Google Pay.

Jika sudah memasang aplikasi tersebut, jangan lupa untuk memastikan detail pembayaran yang sudah tersimpan.

Setelah itu, pegang smartphone Anda di dekat alat pindai pembayaran, lalu tekan “Bayar” untuk membayarnya.

Namun setelah selesai penggunaan fitur NFC tersebut, maka Anda jangan lupa untuk mematikannya. Pasalnya, jika terus menyala maka akan menguras daya baterai. Selain itu juga untuk menghindari kemungkinan risiko keamanan.

Dengan berbagai manfaat fitur NFC yang terdapat pada HP Oppo tersebut, tentunya sangat membantu pengguna dalam melakukan berbagai hal. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto