Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Skincare Bunga Calendula untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Skincare Bunga Calendula untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat skincare bunga calendula untuk kecantikan kulit wajah, baik mengatasi masalah jerawat hingga mencegah penuaan dini. Skincare berbahan bunga calendula dikenal memiliki beragam manfaat bagi kecantikan.

Mungkin kamu juga sering mendengar atau membaca mengenai kandungan bunga calendula yang terdapat dalam produk skincare. Memakai skincare yang mengandung bunga tersebut bisa membuat kulit wajah menjadi kencang, bebas jerawat, dan glowing.

Merangkum dari berbagai sumber, bunga calendula atau bunga marigold adalah bunga yang memiliki karakteristik kelopak dengan warna kuning-jingga cerah.

Sejak ratusan tahun bunga ini sudah digunakan sebagai ramuan obat tradisional Ayurveda dan China. Untuk kesehatan kulit, skincare yang mengandung calendula memiliki sejumlah manfaat berikut ini;

7 Manfaat Skincare Bunga Calendula untuk Wajah

Anti Inflamasi untuk Mengatasi Jerawat

Baca Juga : Manfaat Retinol untuk Jerawat dan Masalah Penuaan pada Kulit Wajah

Minyak dari bunga calendula mengandung anti-bakteri serta anti-inflammatory yang dapat membantu mengatasi peradangan jerawat, sekaligus mencegah munculnya jerawat baru.

Jadi, bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak dan berjerawat dapat memasukkan skincare berbahan bunga calendula ini.

Menenangkan Kulit Iritasi

Manfaat skincare bunga calendula yang berikutnya yaitu bisa menenangkan kulit iritasi. Ketika kulit wajah mengalami iritasi, coba kompres wajah dengan toner atau masker gel yang mengandung calendula.

Cara ini dapat menenangkan sekaligus meredakan masalah kulit yang mengalami iritasi. Jika kulitmu memiliki luka kecil, gunakan juga minyak calendula karena bisa mempercepat proses penyembuhan.

Sebagai Tabir Surya

Selain mengatasi masalah jerawat dan menenangkan kulit yang iritasi, manfaat skincare bunga calendula juga dapat kamu gunakan untuk melindungi kulit wajah dari paparan cahaya matahari atau sinar UV.

Baca Juga : Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Seperti dirilis Journal of Young Pharmacists bahwa minyak calendula mempunyai sifat SPF, sehingga cocok untuk campuran skincare atau krim wajah. Bahkan, minyak dari bunga calendula juga bermanfaat untuk mempertahankan pigmentasi kulit secara alami.

Melembabkan dan Menghidrasi Kulit

Skincare yang mengandung calendula bermanfaat baik untuk melembabkan dan menghidrasi kulit. Dengan begitu, semua jenis kulit bisa menggunakan toner calendula untuk dipakai sehari-hari.

Jika secara rutin memakainya, bahan alami dalam bunga calendula bisa membuat kulit menjadi lebih lembut. Bahkan, mampu mengatasi kulit bersisik dan kering.

Mengurangi Peradangan

Manfaat skincare bunga calendula juga baik untuk menjaga kulit yang rusak akibat radikal bebas berkat adanya senyawa antioksidan dan anti radang dalam calendula.

Baca Juga : Skincare untuk Mengatasi Milia, Bintik-bintik Putih Wajah yang Menganggu

Kandungan senyawa tersebut dapat membantu mengatasi masalah peradangan kulit, seperti gigitan serangga, dermatitis, bahkan ruam pada wajah.

Mencegah Penuaan Dini

Bunga calendula kaya akan antioksidan yang berupa flavonoid dan carotenoids. Kedua senyawa ini dapat melawan efek buruk dari radikal bebas penyebab penuaan dini.

Selain itu, ekstrak dari bunga calendula yang terkandung dalam skincare juga dipercaya mampu membuat kulit kenyal, kencang, dan bebas kusam.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat skincare bunga calendula yang terakhir bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Biasanya jerawat yang dipencet dengan paksa akan menyebabkan luka sayatan.

Masalah tersebut dapat kamu atasi dengan menggunakan skincare berbahan bunga calendula atau ekstrak calendula. Bahkan, khasiat dari bunga calendula ini sepadan dengan lidah buaya.

Selain untuk perawatan kecantikan wajah, kamu juga bisa mengaplikasikan ekstrak bunga calendula ini pada luka maupun bengkak lainnya.

Itulah 7 manfaat bunga calendula untuk kesehatan kulit wajah. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa memulainya dengan menggunakan produk skincare yang berbahan dasar bunga calendula. Atau bisa juga minyak bunga calendula murni dari bunga tersebut. (R3/HR-Online)