Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruMemperbaiki Rambut Rusak dengan Mudah, Gunakan Bahan Alami Ini!

Memperbaiki Rambut Rusak dengan Mudah, Gunakan Bahan Alami Ini!

Memperbaiki rambut rusak bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang bermanfaat pula untuk mengatasi rambut rusak selain baik untuk kesehatan tubuh.

Bagi wanita, penyebab kerusakan rambut biasanya akibat terlalu sering memakai catokan, hair dryer, melakukan smoothing, sering cuci rambut, menggunakan pewarna. Atau bahkan karena paparan sinar matahari.

Kalau aktivitas tersebut terlalu sering dilakukan akan menyebabkan munculnya masalah pada rambut, seperti kering, kusam, bercabang, rontok, patah, mengembang, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki rambut rusak yang mudah dan aman? Sebetulnya untuk melakukan perawatan rambut kamu bisa ke salon.

Namun, jika kamu malas, terlebih masih dalam masa pandemi yang harus membatasi keluar rumah. Tidak ada salahnya kamu mencoba melakukan sendiri perawatan rambut menggunakan bahan alami.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara memperbaiki kerusakan rusak menggunakan bahan-bahan alami yang biasa ada di rumah.

Baca Juga : Perawatan Rambut Rontok dan Menyuburkannya Secara Alami

Cara Memperbaiki Rambut Rusak dengan 4 Bahan Alami

Minyak Kelapa

Memperbaiki rambut yang rusak dengan memanfaatkan minyak kelapa. Sudah sejak dulu minyak kelapa dikenal mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk perawatan rambut.

Stylist dari Chicago’s Maxine Salon, Amy Abramite mengatakan, minyak kelapa gampang diserap rambut hingga ke bagian dalam.

Karena, asam lemak yang terdapat pada minyak kelapa mengandung vitamin E. Ini bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Selain itu, filter UV dalam minyak kelapa juga bisa membantu menghentikan adanya kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari. Bahkan, sifat pelembabnya juga mampu melindungi rambut yang kering.

Baca Juga : Menghilangkan Ketombe Rambut Secara Alami, Ampuh dan Aman

Cara mengaplikasikan minyak kelapa untuk memperbaiki rambut rusak tergantung kebutuhan. Agar rambut kuat, gunakan 10 menit sebelum keramas.

Kemudian, apabila kamu ingin menghilangkan kusut dan melembabkannya, aplikasikan minyak kelapa ini sebagai pengganti kondisioner. Mulai dari rambut bagian tengah sampai ke bagian ujung.

Minyak Zaitun dan Pisang

Cara memperbaiki rambut rusak dengan menggunakan bahan alami berikutnya yaitu berupa minyak zaitun dan buah pisang.

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun bisa menjadikan rambut lebih halus berkilau. Sedangkan, buah pisang dapat menghidrasi sekaligus melembabkan rambut yang rusak, kusam, kering.

Untuk mengaplikasikannya, campurkan kedua bahan alami ini dengan masing-masing takaran 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 buah pisang.

Kemudian, hancurkan bahan tersebut hingga menjadi pasta dan oleskan pada bagian rambut rusak. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga : Rambut Beruban Lebih Cepat, Kenali Beberapa Faktor Pemicunya!

Buah Alpukat

Buah alpukat juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki rambut rusak. Ahli pewarna rambut asal Pierre Michel Salon dari New York City, Stephen Sanna mengatakan, buah alpukat bisa membantu rambut menjadi berkilau kembali.

Stephen menganjurkan agar menggunakan ramuan berbahan alpukat satu minggu sekali untuk memperbaiki rambut rusak. Sedangkan, untuk menjaga agar rambut tetap sehat bisa menggunakannya sebulan sekali.

Cara membuat ramuan untuk perawatan rambut menggunakan bahan alami berupa buah alpukat ini juga sangat mudah. Pertama, 1 buah alpukat yang sudah matang campurkan dengan 1 butir telur, lalu hancurkan hingga menjadi pasta.

Setelah itu, pasta berbahan buah alpukat ini oleskan pada bagian rambut yang sebelumnya sudah basahi. Kemudian, biarkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Itulah cara-cara memperbaiki rambut yang rusak dengan menggunakan empat bahan alami yang mudah kamu temukan. Tertarik untuk mencobanya saat berada di rumah saja? (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah