Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita BisnisMenentukan Interest Facebook Ads, Begini Caranya yang Efektif!

Menentukan Interest Facebook Ads, Begini Caranya yang Efektif!

Menentukan interest Facebook ads sangat penting agar iklan yang kita pasang efektif menyasar target market. Namun tak sedikit pelaku bisnis yang bingung dalam menentukan atau memilihnya. Terlebih untuk pelaku bisnis pemula.

Facebook merupakan jenis social media dengan jumlah pengguna terbesar, termasuk di Indonesia.  Mengiklankan produk melalui layanan Facebook Ads cukup efektif. Bahkan tak sedikit produk yang mampu terdongkrak penjualannya dengan iklan ini.

Bagi pelaku bisnis yang sering menggunakan Facebook tentu sudah tidak asing lagi dengan Facebook Ads. Facebook Ads ini merupakan alat marketing untuk promosi produk yang menyasar para pengguna Facebook.

Namun dalam pemanfaatannya penting kita memperhatikan detail iklan kita. Terutama untuk menentukan minat dari iklan Facebook agar apa yang kita tampilkan tidak akan sia-sia.

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Mudah? Begini Caranya!

Cara Menentukan Interest Facebook Ads

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam memilih minat yang tepat saat memasang iklan di Facebook Ads. Dengan menerapkan cara ini beriklan akan jauh lebih mudah dan pastinya tepat sasaran.

Sebenarnya Facebook sendiri telah menyediakan beberapa fitur yang bisa kita manfaatkan. Nah, pada kesempatan kali ini akan kita ulas cara menentukan interest Facebook ads agar iklan menjadi lebih efektif.

Memanfaatkan Facebook Pixel

Facebook Pixel adalah suatu script code javascript yang terletak pada suatu halaman website.  Script ini untuk meredam data pengunjung website yang datang melalui Facebook baik secara organik atau melalui ads, termasuk Facebook Ads.

Data-data yang berhasil terkumpul tersebut nantinya akan terekam secara khusus menjadi data audiens. Seperti data umur, jenis kelamin, kebiasaan, hobi dan yang lainnya.

Untuk membuat Facebook Pixel, tata caranya cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Pertama-tama buka pengelola peristiwa
  • Anda klik pada kotak dialog untuk menghubungkan dengan sumber data
  • Setelah itu pilih web
  • Pilih Facebook Pixel dan kemudian klik Hubungkan
  • Setelah itu tambahkan nama pixel Anda
  • Selanjutnya masukkan URL situs web untuk memeriksa opsi penyiapan dengan mudah
  • Terakhir, klik Lanjutkan

Setelah Facebook Pixel berhasil Anda buat, sekarang Anda perlu menambahkannya ke situs web Anda. Inilah yang akan berguna dalam menentukan interest Facebook ads Anda.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menambahkan Facebook Pixel yang sudah kita buat pada situs web, yaitu sebagai berikut :

  • Menambahkan kode pixel ke situs web secara manual
  • Memanfaatkan integrasi partner
  • Menggunakan petunjuk email

Memanfaatkan Persona Research

Apa itu Persona Research? Jadi, Persona Research merupakan suatu cara untuk menentukan target audiens berdasarkan pemikiran seseorang dan saat ini sedang banyak orang yang menggunakannya.

Menggunakan Persona Research juga merupakan cara menentukan interest Facebook ads yang efektif. Hal ini karena target audiens Anda adalah orang yang memiliki minat pada bidang yang sama.

Sebagai contoh misalkan Anda memiliki bisnis menjual hijab. Maka target audiens Anda adalah wanita yang sering menggunakan hijab dan usianya bisa menyesuaikan dengan model hijab yang Anda jual.

Anda juga bisa menargetkan soal umur untuk semua kelompok usia jika memang model hijab yang Anda jual adalah hijab yang cocok untuk anak-anak hingga orang tua.

Persona Research ini sangat penting karena semakin Anda memahami setiap aspek dari target audiens Anda, maka akan semakin baik juga target yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Cara Cari Uang di Sosial Media, Begini Strateginya yang Mudah

Memanfaatkan Google Analytics

Cara lain untuk menentukan interest Facebook Ads yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan Google Analytics. Bagi Anda yang masih awam, Google Analytics merupakan tool yang sering digunakan pemilik website mengestimasi target pengunjung.

Jika Anda optimasi penjualan di website, dengan menginstall Google Analytics pada website maka Anda bisa memantau trafik web dengan mudah. Melalui Google Analytics tidak hanya soal trafik saja yang bisa Anda tahu.

Platform ini juga hadir menyediakan berbagai macam data performa suatu situs. Mulai dari sumber trafiknya dari mana, data demografi pengunjungnya, apa saja konten populer yang paling banyak orang lihat dan masih banyak lagi data lainnya.

Semua data tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan evaluasi konten dari situs website. Melalui Google Analytics ada beberapa informasi yang bisa Anda temukan yang meliputi:

  • Informasi pengunjung atau trafik secara real time
  • Demografi pengunjung
  • Perilaku pengunjung
  • Sumber traffic, dan
  • Kecepatan website yang bisa pengunjung akses.

Semua informasi tadi akan sangat penting untuk melihat interest pengunjung sehingga Anda bisa menjangkau market dengan iklan yang Anda targetkan jauh lebih baik pula. Itulah cara menentukan interest Facebook ads yang mudah dan efektif. (R11/HR Online)

- Advertisment -