Mengecilkan Ukuran PDF di HP Mudah, Berikut Pilihan Cara Praktisnya!

mengecilkan ukuran PDF di hp
Ilustrasi mengecilkan ukuran PDF di hp. Foto: Ist/Net

Mengecilkan ukuran PDF di HP dapat Anda lakukan secara online maupun offline dengan mudah. File dengan format PDF sering kita temui pada saat mengerjakan tugas sekolah atau beberapa tugas kantor.

Terkadang ukuran file PDF dinilai terlalu besar. Oleh karena itu, diperlukan adanya perangkat lunak atau aplikasi untuk lebih memadatkan ukurannya.

Baca Juga : Aplikasi Gabung PDF Offline Populer Lengkap dengan Cara Penggunaan

Salah satunya adalah dengan menggunakan kompres file PDF yang dapat Anda lakukan pada saat akan mengirimkan dokumen untuk keperluan tertentu.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, terdapat banyak situs yang menyediakan fitur untuk mempermudah dalam mengecilkan file PDF. Anda pun dapat melakukannya dengan mudah dengan menggunakan perangkat HP.

Cara Mengecilkan Ukuran PDF di HP Mudah dan Efektif

Apabila kita bandingkan dengan file Word, file dengan format PDF lebih rapi serta tidak akan berubah-ubah apabila kita buka pada perangkat lain. Bagi para pemula yang ingin dengan cepat dalam mengecilkan ukuran file dengan format PDF, kalian dapat melakukan hal ini secara efektif dan cepat.

Cara mengecilkan ukuran PDF dengan menggunakan perangkat HP saat ini sedang banyak dicari. Pasalnya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan format dokumen lebih rapi serta tidak mudah berubah saat Anda buka dengan menggunakan perangkat apapun.

Dengan kualitas yang bagus dapat membuat ukuran dari format dokumen tersebut menjadi lebih besar. Sedangkan terdapat beberapa keperluan yang seringkali mensyaratkan ukuran PDF yang kecil. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk dapat mengecilkan ukuran PDF di HP. Selain lebih praktis, cara ini juga dapat Anda lakukan kapan saja.

Berikut ini beberapa cara untuk mengecilkan ukuran file PDF dengan menggunakan perangkat HP antara lain:

Melalui PDF Compressor

Cara mengecilkan ukuran PDF di smartphone yang pertama adalah menggunakan situs PDF Compressor. Adapun langkah-langkahnya antara lain:

  • Buka lama pdfcompressor.com
  • Selanjutnya pilih menu untuk mengecilkan ukuran PDF, kemudian klik Unggah File
  • Setelah file berhasil Anda upload, maka tunggu sebentar untuk menunggu proses kompresi selesai.
  • Langkah terakhir, Anda dapat mengunduh file yang telah berhasil Anda kompresi dan menyimpannya pada perangkat HP Anda.

Mengecilkan Ukuran PDF di HP dengan iLovePDF

Cara mengecilkan ukuran PDF di smartphone selanjutnya adalah melalui situs https:/www.ilovepdf/compress-pdf di browser. Langkah berikutnya Anda dapat pilih File PDF yang terdapat di tengah layar untuk memilih dokumen atau file yang akan Anda kecilkan ukurannya.

Dalam situs iLovePDF terdapat tiga opsi untuk memperoleh hasil serta ukuran yang sesuai dengan keinginan. Pilihan tersebut antara lain kompresi ekstrim dengan kualitas rendah, yakni kompresi yang cukup disarankan dengan kualitas yang bagus. Serta kompresi rendah dengan kualitas tinggi.

Baca Juga : Ubah PDF ke Word Praktis dengan Perangkat HP, Simak Pilihan Caranya

Jika Anda telah menentukan salah satu opsi sesuai dengan yang ditentukan, kemudian klik “kompres PDF”. Selanjutnya setelah proses kompresi selesai, maka file PDF akan terunduh secara otomatis pada ponsel Anda.

Mengecilkan Ukuran PDF di HP Melalui SodaPDF

Berikut ini beberapa langkah mengecilkan ukuran PDF dengan menggunakan situs Soda PDF antara lain:

  • Langkah pertama buka situs web Soda PDF atau sodapdf.com
  • Kemudian pilih file yang akan Anda kompres dengan cara klik Choose File yang terdapat di tengah layar.
  • Anda dapat memilih file yang terdapat pada Google Drive atau Dropbox
  • Sama halnya pada situs iLovePDF, pada situs Soda PDF juga terdapat 3 opsi kualitas kompresi. Pilihan kualitas tersebut antara lain Low Quality, Good Quality, High Quality untuk kompresi paling minimal serta ukuran paling besar.
  • Selanjutnya pilih opsi sesuai dengan yang Anda inginkan, klik Kompres PDF.
  • Setelah proses kompresi selesai, file PDF dapat Anda unduh secara otomatis ke perangkat smartphone Anda.

Sebagai informasi, Soda PDF juga tersedia dalam aplikasi. oleh karena itu untuk memperkecil ukuran PDF di HP dapat Anda lakukan secara offline melalui aplikasi Soda PDF.

Masih banyak lagi cara untuk mengecilkan ukuran PDF di HP yang dapat Anda gunakan. Mulai dengan memanfaatkan aplikasi atau situs online yang dapat Anda pilih dengan kelebihan masing-masing. Sehingga Anda pun akan memperoleh file dengan format PDF sesuai dengan yang Anda inginkan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto